[Clay] almost 20 Months

17 Mei 2017

Gak kerasa ya, 4 bulan lagi clay mau 2 tahunnnnn.. Keknya udah lama juga gua gak pernah update tentang si Clay. hehehe. 😀 Terakhir kali waktu Clay 14 Bulan

Perkembangan selama 6 bulan ini pesattttt banget. Dari awalnya baru mau jalan beberapa langkah, sekarang udah ngebut maksimal, Udah gak kehitung deh berapa kali jatoh gara-gara doi kepengennya lari. ahahaha..

Tentang Makan

Sudah bisa makan nasi! Yeayyyy.. Walau doi tetep lebih prefer nasi yang masih gempel2 gitu, bukan yang buyar. Gua lupa sejak dari kapannya. *gini nih kalo gak pernah di update*. hahaha.. Intinya sekarang mau berpergian gua gak terlalu kawatir clay harus makan apa dan dimana. Sebisa mungkin gua tetep bawa Nasi-nya dari rumah, kalau sayur atau lauknya bisa bebas.

wp-1494928432103.

Makin ke sini, clay tuh mostly termasuk anak yang doyan makan.. Entah pengaruh dari vitamin yang gua kasih. *Gua kasih Scott emulsion sama Stimuno*. Atau pengaruh Mbak-nya Clay yang telaten dalam kasih dia makan. Hehehe. Kalau stimuno sendiri, gua memang lebih prefer untuk jaga imun tubuhnya dia.. dan memang keliatan juga sih, dalam 6 bulan ini, batpil yah paling juga cuma 1-2 kali dan itupun gak perlu obat2an bisa sembuh.

Penambahan Berat badan clay termasuk pesat banget kayanya, walau gua belum nimbang. Semenjak pendarahan kan memang gua bisa dihitung dalam gendong Clay, walau dia kepengen minta gendong, biasanya gua alihin supaya dia jalan sendiri. Dan sekalinya pas gua gendong, yah ampun nih anak sekel marekel. Boro-boro gendong pake jalan ya. Diem aja, gak sampe 3 menit, gua langsung turunin nih anak. Bukan gua doank yang ngerasain, tapi Jp juga ngerasain Gempal banget badannya Clay. Bonyokpun kadang suka ngomong ke clay, si kebo.. hahahaha..

Tentang Sleep Training

Beruntung Clay itu gak pernah nyusahin dari usia 2 apa 3 bulan gitu, tidur dari jam 7 sampe jam 6 pagi. Cuma memang gua membiasakan diri membentuk kebiasaan, kalo sudah waktunya tidur 7 malem gua masuk ke kamar, ganti baju, ganti pampers, gendong sambil nyanyi lagu, dan matiin lampu. Kalau siang, gua biasanya tidurin dia dikasur yang ada diruang tamu. Saat itu gak straight langsung sampe pagi yaa. masih kebangun 3-4 kali, tapi gua bersyukur ketika dikasih susu, dia langsung tidur lagi, bukan yang bangun seger gitu. Semakin lama durasinya semakin berkurang. mulai bangun 3 kali, kemudian 2 kali dan terakhir 1 kali sekitar bulan lalu. Dan lagi-lagi semenjak pendarahan, ketika seminggu gua gak tidur sama Clay, Clay tidur straight selama 11-12 jam sampe pagi dan gak pernah bangun lagiiii.. yeayyyy!!!! Mamak senang, gak bangun tengah malem lagi. Ini mungkin termasuk pendarahan yang membawa nikmat kali ye. hahahaha..

Kalau dibilang resepnya apa.. gua gak tau. hahaha. itu otomatis tanpa gua perlu training-training segala. Tinggal gua belum membiasakan Clay tidur sendiri ya. Karena saat ini belum ada kamar yang proper untuk diajarin misah. Diapartemen-pun kamar dia, belum ada AC-nya. Jadi entah kapan lah. hihihihi. gua pun juga gak terlalu kepengen buru-buru anak misah kamar. biarkan kita kruntelan bertiga dulu. lol.

wp-1494928494288.

Tentang Drama King

Drama banget kalo udah ketemu sama Nathan. Hahaha. 22-nya saling nyariin, Khususnya Nathan, suka nanyain Dede kemen dimana? kok gak dateng kerumah nathan? Hihihihi.. tapi kalo ketemu udah kek kucing sama tikus. Semua barang dirumah nyokap harus serba 2. kalo kaga berebutan. Yang paling drama emang anak gua. Berhubung dia tau dia dibela banget kan ye kalo lagi berebutan maenan, jadinya dia seenak-enaknya abuse si nathan. hahahahaa.. Kesenggol dikit ngadu, Kecolek dikit ngadu, maenannya dipegang ngadu. Ish. gua sampe puyeng kalo lagi jemput clay disana. hahahaa.. 1 jam itu entah berapa drama yang si clay maenin. hahahaha.. Yang paling kasian yah nathan diocehin mulu sama emak gua karena dikira mengganggu si Clay. Padahal anak gua sendiri yang menyerahkan diri untuk disenggol.

Tentang Bercanda & Ngeyel

Gua ngeliat Clay termasuk anak yang iseng dan suka bercanda. Khususnya sama gua yaa. Suka banget narik idung gua, trus pura-pura lempar kasih kucing. lol. *kita berdua emang random*. Trus kalo gua suruh buang sesuatu, udah sampe didepan tempat sampah, eh dia balik lagi donk suruh gua buang sendiri. lol. *kepret juga nih*. hahahaha.. Pokoknya iseng banget deh anaknya. sampe gemes gua sama dia. Ngeyel masih banget… Kaya diajarin warna, atau benda.. sebenernya udah tau.. tapi sengaja disalah-salahin. Hahaha.. Kalau disuruh tidur, mata merem, trus gua juga pura-pura tidur kan yaa. dia diem tuh, ada 5-10 menit. Gua kira dia udah tidur, pas gua balik badan.. eh dia ngomong “baaaaaaaaa”. hahahahaa.. ngeyel ini juga berlaku saat doa tidur.. diajarin berulang-ulang, habis doa trus AMIN ini malah A.. Bbaaa.. ckckckckc.. 

wp-1494928524593.

Tentang social skill & Motorik halus

Sifat socialnya mirip-mirip kek gua.. Gak bisa langsung berbaur, pasti diem sambil ngamatin malah cenderung gak suka kalo ditempat yang baru. Tapi kalau sudah kenal yaa bisa akrab. Motorik halusnya juga udah bagus, bisa masuk-masuk kaya Block yang bentuk shapes gitu kedalam tempatnya langsung dengan benar. Jadi dia gak maksa-maksa lagi kalo bukan tempatnya. Bahkan dia bisa puter dulu, sesuai dengan arah bolongannya. Pegang pulpenpun juga bukan yang digenggam semua.. tapi bisa pegang dibagian ujungnya aja, kaya kita nulis. hihihi.. Sekarang lagi belajar pindah2in karet pake sendok, tapi seringnya dia gemes sama karet yang gak kesendok, jadi langsung dipindahin pake tangan.

IMG_20170329_191028

Tentang berbicara..

Sebenernya gw masih belom tahap kawatir.. tapi melihat banyak temen2 gw yang udah punya anak sepantaran clay dan sudah bisa ngomong.. jadi agak worry. Kalo distimulasi menurut gw, udah banget. Gw suka detail jelasin apa yg dia pegang plus kasih detail warnanya. Gak jarang juga gw minta clay untuk ngikutin kata-kata gw tapi dia emoh. Kalo di bilang ngerti, clay 100% ngerti apa yg gw ngomong. Kalau disuruh tunjuk ulang benda tersebut juga bisa. Krn dari itu gw gak terlalu gimana soal ngomong ini.. cm tetep kalo keinget harus bisa ngomong ya tentu aja balik lagi jadi kawatir. Bokap gw sih yang paling sering ingetin si clay kok belom bisa ngomong.. tapi gw cm ngejawab nanti kok bisa waktunya. Trus kalo udah dirumah, gw jadi kepikiran. Ada yang punya saran? 

Segitu dulu perkembangan si Clay yang gua inget. hahahaa.. *mak macam apa eneh*onion-emoticons-set-6-159

Makin Pinter, Makin sehat, makin taat yaa nakkkk. 😀

Advertisements

19 thoughts on “[Clay] almost 20 Months

  1. Aduh g ngakak bc yg mau tidur si clay malah “baaaa” wkwkkwwkkwwk
    Btw kalo soal bisa ngomong ato engga, koko g sndiri jg dl br bisa ngomong di usia 4 taun pi, kalo skrg ud jgn ditanya, apalagi klo lg kena tilang polisi ato ktmu client, jago bener ngomongnya
    Smngt pii jgn kawatir, katanya sih sering2 ajak nyanyi jg biar bantu utk ngomongnya

    1. hihihi. iya iseng banget doi. iya nathan juga hampir 3 tahun baru bisa bener2 lancar. cuma ketar ketir juga. ehehehe.. Udah nyanyi2 juga. hahahaha. sampe sumbang nih suara. lol.

    1. Thank you mami Jayden. hehehe. 🙂 iya nih gua selama ini berusaha untuk menepis kawatir dengan bilang ntar juga bisa. hehehe.

  2. Ok jadi Scot sama stimuno yaa poiii…abis ini langsung beli buat ryu…hahhaa ryu makannya agak susah, maka nya badannya segitu gitu aja tapi tinggiii abiss..
    ihh clay pinterr bangeet udah bisa bobo bablas sampe pagiiii ^^ udah siap jadi Koko yaa Clay…hehe

    1. Iya nat, gua kasih clay 2 itu. lumayan bantu boost BB dan gak gampang sakit. hehehe. iya bisa juga sih lari ketinggi. gua juga liat Ryu juga tinggi.

  3. Jevan juga ngerti disuruh ini itu, kalau diajarin jg ngerti tapi ya itu nyaut sesukanya aja kalau diajarin suka cuek trs kita ditinggal aja gitu.. Tapi kalau ad apa2 dia pasti lgsg teriak “ituuuuuu” misal lantai basah gara2 dia main air minum hahhaa.. Semoga Clay cpt ngomongnya ci, tar lama2 bs ko..

  4. Ya Ampun Clay, lucu banget isengnya nurun dari mamahnya pasti ! :)).
    btw soal ngomong keponakanku juga baru setelah 2 tahun bisa lancar ngomong dan bawel jadi ga usah khawatir bgt mba epi.

    1. hihihihihihi. nampaknya sih begitu mbak dian. hahahaa. 😀 iya, semoga nanti bisa cepet ngomong dan lancar yaaa. terima kasih mbak dian.

  5. Wahahahaha gue ngakak pas pura2 tidur trus tau2 clay bilang baaaaa😂😂😂😂 btw no need to worry poy alpin jg belom lancar ngomong kok ikutin anaknya aja lah yg penting kita udh bantu stimulasi hahahaha pdhl gue jg suka kepikiran sampe hr gini blm banyak ngomongnya😂😂 sehat2 trusss ya koko clay😘

  6. sehat selalu ya Clay… dulu Faith juga seumur Clay belum bisa ngomong, masi byk babbling dan sempat worry… tapi begitu 2.5 th langsung bawell … hehehe

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s