Balada ART (asisten rumah tangga)

07 oktober 2016

Baru genap 2 hari gw punya ART, udah ada dramanya. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Gw pikir awalnya.. gw gak bakalan bisa ngalemin balada-balada ginian.. yah secara emang rencana gak bakalan pake ART *lirik nyokap* dan gak mampu juga buat bayarnya. Lol.

Tapi ternyata gua harus ngerasain hal ini karena terpaksa. Iyah, karena nyokap mau ke sg 24 okt ini sampe 20 des. Gak ada pilihan lain selain masukin daycare atau punya Art atau clay dijagain bokap.. dengan posisi bokap sembaring jagain nathan. *Yang ini paling terakhir bgt deh*

Setelah nyari-nyari daycare.. ada 1 yang sreg kebetulan deket rumah nyokap. Tapi yang gak sreg adalah biaya masuknya.. πŸ˜‚πŸ˜‚ which is ada uang tahunan sebesar 3.000.000 dan uang bulanan 2.500.000 *buka dompet sambil ngeliatin selipan barangkali ada uang yang tertinggal* kalo kek gini mending sekalian nyari art atau BS kan ya.

Tapi jaman sekarang nyari Art yang “ok” itu bagai mencari air danau ditengah padang pasir. *Halah*. “Ok” disini aja gw masih pake tanda kutip loh. Karena gw tau gak ada yang ideal untuk seorang art. Pasti ada aja deh pola ulahnya. *You name it*.

Jadi awalnya gw udah ada 3 kandidat art. Yang pertama temen mbak cuci gosok mertua, rencana kerja senin-jumat aja pulang jam 6 sore. kesan pertama kali ketemu adalah clay nangis ngeliat dia. *Maaf yah* apa karena saat itu mbak datang berkerudung panjang, jadi mungkin terlihat agak seram. Jangankan mau dibujuk rayu. Radius 2 meter aja si clay udah kabur. Dan yang gak sreg lagi.. doi ngaku ke gw.. dia udah pernah jaga anak usia 3 tahun. Padahal bilang sama mertua dia jaga orang tua yang lanjut usia. Dan bohongnya lagi.. dia bilang belom tau gajinya berapa.. karena dia bilang.. mertua gw suruh ngomong gw, karena gw yang gaji dia. *Tepok jidat*, dan sekali lagi gw minta maaf bukan bermaksud mengkotak-kotakan ukuran tubuh yaaa.. art ini gemuk pendek *lebih pendek dari gw* gw liat dia cuma duduk doank didepan pintu.. sambil ngomong clement.. kucing.. sini.. nih kucing. No action. Tapi yah emang anaknya langsung histeris kabur sambil merangkak dan nangis. Hahahhaa.. jadi udah banyak yang bilang art gemuk rata-rata males. Mba cuci gosok langsung nangkep kalo gw kurang suka.. jadi dia ngomong ke gw.. kalo emang kurang suka.. ya udah gak usah diterima. Nanti saya yang kabarin ke dia. Oke noted. Hari itu juga gw bilang ke mba, gw gak mau. *Saat itu art udah ribut mau pulang terus, karena gak ketemu mertua gw (lagi ke gereja). Akhirnya emang gw biarin pulang*. Oh iya. Puncak dari ketidaksukaan gw adalah.. dia malah gak nanya kerjaan dia harus ngapain aja.. atau tanya rutinitas clay.. yang dia tanya.. dia dapet makan berapa kali sehari. Trus kalo dia pulang dari jam 5 lewat dia harus dapet makan malem.. dan kalo pagi harus sarapan. Trus harua diselingin snack *Gubrakkk* . Yah jelas deh yah bentuk badannya kek gitu. *peace*

Art ke 2, sepupunya mba cuci gosok, tinggal di brebes jadi tinggal didalem rumah mertua. Udah nego gaji ujung-ujungnya gak di bolehin sama anaknya. Capcai deh. Hahaha..

Art ke 3, yah si mba cuci gosok sendiri. Karena gw liat kerjanya rajin, gak pake babibu, gak perhitungan nyuci baju gw, jp dan clay *iyah gw skrg tinggal di pondok mertua yang mengharuskan gw harus menjaga supaya tetep indah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚* trus clay langsung nemplok tanpa nangis sedikitpun. Tapi apa daya.. gak bisa. Karena gak dikasih sama suaminya. Huhuhu..

Nah.. art yang sekarang ini juga dari mba cuci gosok. *Ini gw bingung.. jangan2 si mba penyalur art lagi. Wkwkwkw* pertama kalo ngeliat.. emang agak berumur sedikit gemuk tapi tetep energic. Banyak ngomong tapi menjelaskan pekerjaan dia yang terdahulu. Keliatan memang pengalaman krn dia cerita momong anak dari lahir sampe 3 tahun. *Ya kita anggep aja bener ye*, trus yang jadi point plus lagi, clay juga mau digendong dia.. walau alih2 nyari kucing. Intinya gak drama deh. Okelah. Sipp. Gw juga bilang dia akan berpindah-pindah dari rumah mertua ke rumah nyokap gw karena kondisinya mengharuskan begitu. Dan dia fine2 aja. Jadi diputuskan dia langsung masuk kebesokan harinya.. (hari kamis, 6 okt)

Karena ada nyokap.. jadi gw gak jelasin secara detail.. biarin aja deh nyokap yang handel. Yang gw liat hari pertama nampak baik-baik aja.. yah walau gw kurang suka karena dia suapinin clay makan siang dan makan sore di depan rumah. Terus most of time clay selalu digendong pake cukin. Padahal yah harusnya sekarang2 ini clay harus di stimulasi buat bisa belajar jalan. Gw mencoba ngomong saat gw emang ngeliat clay lagi makan di depan rumah. Tapi dia diem. Seraya “udah deh lu terima beres aja, yang penting anak lu makan”. Tapi bokap langsung ingetin gw.. harus ngomong lagi.. karena takut si mba buang makanan clay *biar cepet2 suapinin dan pulang kerumah*. Yah who knows kan? Dan yang bikin gw ilfeel. Dia buka kulkas dengan PDnya membawa 2 kotak kue ultah gw yang masih sisa hari selasa. Dia sih bilang disuruh bawa pulang sama ibu (nyokap gw) yah tapi kan idealnya permisi dulu donk sama yg punya rumah, minta dikeluarin kue yang dijanjiin. Ini baru hari pertama loh. Keadaan saat itu didapur gak ada org. Semua diruang tamu. Dia ke gap waktu masukin kotak kue ke kantong plastik *dan gw jamin dia gak balikin lagi kotaknya* hahaha..

Hari ini, 7 okt setelah gw ngobrol di group tadi siang.. gw emang diberitahu temeb-temen kalo gw harus teges karena emang gw majikannya. Dan harus ikut rules gua kan. Oke sip. Gw udah kumpulin kekuatan. Eh gw liat sore udah makan di bangku. Tapi dalam keadaan clay udah mandi baru dikasih makan. Padahal nyokap udah bilang kasih makan dulu baru mandi. Ya emang si clay udah jadwalnya makan dulu baru mandi. Kalo udah mandi nih anak taunya jalan jalan naik sepeda didepan. Jadi pas dikasih makan di bangku ngamuk2 lah. Tapi yah akhirnya tetep abis sih makanannya.

Nah pas mau pulang ini.. gw liat nyokap mukanya rada bete. Gw tanya kenapa.. eh dia bilang. Β Itu pembantu gimana sih.. skrg mau utang popmie 2 biji (nyokap usaha warung) Katanya dirumah gak ada makanan. For info ya. Mba ini selain gaji bulanan, dia dapet uang makan sehari 15.000 yah mungkin gak gede. Tapi emang perjanjiannya 15.000 itu buat makan siang. Jadi dia sarapan dirumah, siang beli nasi sayur, sore dia makan dirumah. Tapi pada kenyataannya kaga. Doi numpang makan dirumah nyokap. Padahal dia udah dapet uang makan 60.000 dari pamer buat 4 hari ke depan. Jadi tadi siang nyokap bilang cuma ada brokoli. Eh dia bilang gpp. Akhirnya yah nyokap masak buat dia. Set daahh.. *garuk2 pala* dia sih ngomongnya warteg gak buka. Mahal. Gak enak. Blablabla. Yah bukan masalah gak boleh makan juga sih di tempat nyokap. Cm balik lagi.. gak kewajiban loh kita bikin makanan buat dia.. karena perjanjiannya dia makan diluar. Dan dia udah oke. Dia sendiri bilang. Β Saya gak rakus sama makanan. Lah.. sama duit donk. Wkwkwkwkw.

Jadilah hari itu dari awal sampe sore udah banyak kejadian yang kurang enak. Mulai dari dia kepengen mainan clay dan nathan.. dia kasih kode2 gitu kalo cucunya gak ada maenan 1 pun. Cuma nyokap masih jawabin. Nanti tanya aja mamanya masing2 boleh apa kaga. Terus dia diem. Kedua, bokap beli bakso tahu singkawang *yuknow lah isinya apa*, dia ngomong.. saya juga makan b*b* loh, doyan saya. Tapi bokap gak gubris. Ketiga, dia tanya nyokap ada rice cooker bekas ga? Kalo ada dia mau. Nyokap cuma jawabin yah baru kemaren di loakin. Keempat dia nanyain dirumah gw ada barang2 apa yang bisa dikasih ke dia. Yang rusak juga gpp. -___-” dan ketika ipar gw pulang.. pas gw lagi cerita2 gini kan.. dia nimpalin.. tadi pagi mba juga berani buka buka lemari dapur cuma mau liat isinya apa. Padahal gw lagi masak didapur. Dalem hati ngomong gak sopan banget baru kerja 2 hari.

Jadi gw stress donk. Gw ngerasa kek salah banget nerima nih mba dan kepengen langsung cut. Sebelum barang2 dirumah nyokap raib. Awalnya gw masih pro dia karena di hari pertama dia inisiatif bantu nyokap gosok pas clay tidur siang. Dia bilang dia bosen diem aja. Ya uda.. jadinya dia gosok. Tadi pagipun dia masih bantu gosok dan cuci piring.

Ealah. Β Tapi kalo mulut sama tangan celamitan gini males juga kan ya. Langsung aja saat itu jg gw telepon mamer gimana eksekusinya. Tapi masih belom diputusin sih. Tetibaan galaw gini. Yah emang sih si clay gak diapa2in.. cuma teteplah kok jadi gak nyaman yah kalo dia begitu. Apalagi berani ngutang setelah sehari sebelumnya udah dikasih uang makan untuk 4 hari ( sampe hari selasa tgl 11) oh iya mba ini kerja senin-jumat. Gw udah infoin pamer juga.. kasih uang makan yah pas harinya aja. Jangan kasih seminggu sekaligus. Lah sekarang utang popmie. Besok2 mau utang apa? Pasti uang deh. *Seujon*

Suka duka nerima pembantu yang bisa speak up adalah kek gini.. dia banyak ngomong trus ngomong ke nyokap.. ada yang nawarin saya jaga anak gaji 2 juta.. tapi karena udah disini.. saya berusaha setia. Cih. Trus ngomong2 lagi.. ditempat saya dulu. Saya dapet uang makan 20 ribu sehari. Sekarang 15 ribu dapet apa. Kesel gak dengernya??? Yah kalo emang dari awal gak mau bilang lah. Jangan cerita ke nyokap gw kek gitu. Nyokap sampe makesure loh gw ngegaji dia berapa duit. Sampe kok ngomongnya gitu. Gw bilang aja.. kalo gitu mah udah sifat bakalan susah. Mendingan gak usah dilanjut. Nah tapinya minggu depan nyokap bantuin bazaar ditempat adiknya di serpong. Jadi mau gak mau.. masih pake jasanya dia.. huhuhu..

Yang begitulah keluh kesah gw.. ini baru 2 hari yaaa.. udah sepanjang ini.. gimana kalo sebulan bisa berapa chapter nih? Hahahaha..

Ada Saran dan masukan buat gw?.. πŸ˜€

Salam,

Mami clay yang galaw.

Advertisements

20 thoughts on “Balada ART (asisten rumah tangga)

  1. Horeeeee…. akhirnya nemublog ini lagi setelah blogroll g kereset otomatis dan kehilangan semua link blog langganan.
    Maap Ep, gabisa kasih saran karena ga pegalaman pake ART. Ihik….

  2. Ahay balada art πŸ˜“ kl sy dulu balda suster, sus bilang sy dulu dikasi gelang emas sama majikan itu pas liat si cathy newborn dpt gelang emas, sy dulu dikasi merk baju tidur yg sama kayak ibu itu pas liat sy beli baju tidur baru kancing bukaan dpn, byk banget ocehan nya. Tutup kuping saja deh, yg bikin memuncak adalah ga mau gendong cathy kl lg nangis, ya nama nya newborn kan kudu byk digendong palagi kl lg nangis. Sama tu minta kopi susu roti buat sarapan, trus makan siang ga mau di masakin art dia mau masak sendiri, lah kl dia masak yg jaga si cathy gmana? Sy kan kdg mau istirahat tidur or mompa asi. Mau minta jam sholat. Kl mau sholat ya jgn urus newborn. Aihhh gemes ah abis deh kolom komen kl di ceritain semua πŸ˜…. Solusi buat sy wkt itu adalah langsung PECAT and telp yayasan cari yg baru. Nah sama yg baru pake aturan baru kd emg kudu TEGES!! Kl bisa di tulis aj jadwal anak kita ngapa2in dr mulai melek sampe tidur. Semoga membantu saran nya. Termasuk kita yg atur jam makan dia, and termasuk aturan ga bole ngutang apalagi br kerja hahaha. Mama nya juga kudu TEGES pi!!! Ga peduli siapa jd majikan yg nge gaji dia harus hormati semua keluarga inti kita. Kejadian di aku soalnya jd kurang ajar sama mertua krn dianggap mertua sy ga gaji dia. Pdhal sy kan tinggal nya sama mertua. Haishhh art and suster never ending story. Tp kl HOKI ketemu yg baek ma baek lhoooo. Syg juga sama anak kita dianggap kayak anak sendiri.

    1. Iya nih ci. Rasanya kepengen banget langsung cut aje. Cuma harus di diskusiin sama mertua. Hahaha.. iya harus teges nih. Aku tipe org yang kurang teges. Yg penting kebutuhan anak semua oke dan gak main tangan sama anak. Eh tapi pas tau celamitan gini, ikutan emosi. Langsung gak respect.

  3. Kalo gua sih langsung stop deh pi. Cari lagi yg lain. Masih ada nyokap lu aja dia begitu, kalo nanti pas ga ada gimana?
    Masa lu kudu stok opname dulu rumah nyokap lu barang2nya apa aja.. hahahaha.

    Kayanya udah keliatan bakat kleptonya ama bakat minta2nya.
    Dikasih sekali pasti ntar2nya makin ngelunjak.

    Apalagi kalo mbak pulang hari gitu kan susah ya kalo kita mau cek. Masa tiap kali dia mau pulang kita geledah dulu badannya.

    Soal dia ama anak ga kenapa2 kalo menurut gua sih lebih baik dicegah dulu. Karena org kaya mereka walaupun tadinya baik ama anak tapi kalo udah merasa agak kesel ama kita (atau org rumah lain) pasti ada kena ke anak. Lu tau ceritanya nola kan yg anaknya dikasih makanan basi karena kesel dimarahin ama suaminya nola. Salah satu contohnya begitu lah. Amit2 sih ya.

    Dulu g pake suster jg klo ke anak sebenernya ga kenapa2. Cuma orangnya jorok banget dan tukang nyolong makanan juga. Gua mikir pasti ntar bisa ngefek ke anak gua juga makanya gua ga pake lagi.

    1. Iya nih na. gua juga bawaannya mau cut, cuma seminggu ini butuh banget, Gua takutnya juga gitu. kita marah2 kedia, kasih tau ini itu, eh dia kesel, anak kita yang diapa2in. duh. worry banget gua.

  4. Balada ART ini kayaknya emang bikin super stres banget deh, Pi. Gue ga pernah cerita soal ART di blog karena buat nyeritainnya aja udah males, bikin pusing, dan sakit hati. Hahaha. Banyakan dramanya, tapi ya gimana butuh juga. Akhirnya kadang-kadang ditelen aja tuh sakit hati. Ih, gue malah curcol, deh. Hahaha.

    Kalau gue, dari awal gue paitin, gue bilang kalau ada yang saya nggak suka, saya kritik, ya. Trus saya maunya orangnya konsisten, ga banyak macam, karena saya penuhi kewajiban saya, jadi kamu juga. Trus kalau ada yang ga beres, gue langsung bilang aja pait-pait, misal saya ga suka kamu gitu, saya kan udah kasih uang makan, ya itu yang kamu pake. Bla bla bla. Intinya mereka tuh kalau kita baik, mereka bakal melunjak, sih. Jadi harus tegas, Pi. Semoga beres ya urusan ART-nya *yang mana bakalan rempong ya*.

    1. Iya nih, mungkin gua-nya juga gak konsisten diawal, gak strict gitu ke mbaknya. karena dia keknya maunya sendiri aja gitu ngurusnya, gak mau dikasih masukan apapun. Noted2 kalo ada yang aneh2 lagi, gua langsung tegur aja deh.

  5. owhh cerita lengkapnya begini? kalo gw dah gw stop dari hari ke dua Poy.. Gw ga kuat sama drama bgni.. apalagi gw juga jago ngomong doang..wkwkw.. Suka ga enakan.. πŸ˜€

    1. iya py. begini cerita lengkapnya.. wkwkwkwkw.. sama pengennya juga stop. tapi seminggu ini butuh banget. makanya dicoba ditahan2in sampe jumat. hehehe.

  6. Gw juga belajar dr yg udah2 ci, emang kudu tegas sm mereka2..
    Karena kalau kita baik dikit ampunnn mereka ngelunjak gak tanggung2..
    Jaman skrg nyari ART yg baik itu udh kaya nyari jarum ditumpukan jerami ya, LOL

  7. Wahhh.. Semangatt pii! Tapi ya begitulah orng yg less educated.. Yg mrk pikirin cuman apa yg mrk bs dapet, bukan apa yg mrk bisa beri.. Btw, Nyokap lama amir jeung di sg.. Jadi kangen sg. Haahhaa

    1. iya jadi gemes sendiri gua jadinya. hehehe.. πŸ˜€ Bantuin ii gua pindahan rumah, rumah yang lama di renovasi. jadi nyokap bertugas bantuin anter cucunya sekolah. ehehehehe..

      1. emberrr.. iya. makanya lagi buru2 nyari yang baru. gak nyari lewat agent. tapi nyari dari mbak cuci gosok, minta cariin temennya gitu. hehee

  8. Buset mak, baru 2 hr aja drama nya ud level parah gt?? Ud paling bener lu cut sih mak..

    Se rese resenya embak gw, dia awal2 manis banget πŸ˜‚πŸ˜‚ ud diatas bbrp bulan baru banyak tingkah, ya minjem duid lah.. klo u di adu ttg gaji, dia ngadu ttg hari libur.. di tempat pertama libur jg kok.. *masa disini kyk ga diksh libur?* err.. nyebelin abis..

    Tapi dia ga sampe celamitan minta2 barang gt sih, itu gak sopan banget jg buka2 kulkas orang. Parah abis! Trus u juga gak seujon kok mak, baru 2 hari utang popmie.. ud 1 bulan? Aduh.. ga tw mw ngutang ap aja.. dan pastinya bisa” gak dibayar itu.. utang = minta.

    Mba dulu gw dirumah nyokap, sblm dapat skrg ini yg langgeng n baik, ud sering ganti2.. Dr yg suka ga masuk banyak alasan suka sakit, suka ini suka itu, dr yang suka ngutang tuh.. Baru juga gajian dia ngutang, potong gaji bulan depan.. eh ud bulan depan gaji ud dipotong ga brp lama lagi dia ngutang lagi… ya ud looping aj terus.. smpe akhirnya dia ga ksh kabar lg me berenti dengan menyisakan utang yang tak diganti.. phewh…

    Yah nyari embak sm kek cr jodoh x ya.. cocok2an.. πŸ˜‚πŸ˜‚

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s