[Clay] 6 Months..

20 Maret 2016

Maap kalo late post. Yang penting ada updatenya kan yah. hehehehe. ๐Ÿ˜€

Dibulan ini, Clay imun Polio, HIB, DPT, Hepatitis B, PCV dan Rotavirus. Untuk PCV dan Rotavirus (Vaksin tambahan) akan diberikan di umur 7 bulan karena gak berbarengan dengan Vaksin utama. Kalau untuk Polio sendiri, Clay ikut PIN (Pekan Imunisasi Nasional) yang waktu itu lagi digembar gemborin melalui iklan layanan masyarakat *halah* -bener gak sih ini- hehehe. Emang sih Gratis. Cuma kok yah agak susah buat Polio ini. ahahaha.. gua sampe pergi ke 3 puskemas yang berbeda.

Tgl 9 Maret, pas lagi libur, gua rencananya mau imun Polio,ย dan PIN ituย diadakan serentak tgl 8-15 Maret 2016, gua pergi kebetulan di hari libur, tapi gak ada tanda2 atau keterangan hari libur itu tutup. *sigh*. Jadilah gua pulang dengan hati agak dongkol. Salah sendiri juga sih. hahaha.. abisan kata bapak gua seharusnya hari libur buka. Clay sendiri udah didaftarin bokap di Posko PIN di Pos RW Sunter. Eh tapi masa buka cuma sehari (ditanggal 8-nya doank).. abis itu kaga ada lagi. ahahahaha.. Pergi lagi ditanggal 10 Maret. Pergi ke Puskemas yang pertama kali dibilang tutup, Eh katanya gua gak termasuk warga sana. Gua harus pergi ke Puskemas RW gua. Maklum lah yah, baru kali ini gua nyentuh Puskemas, selama ini yah gua mikirnya puskesmas dimana aja sama. Apalagi ini kasusnya PIN. Okelah kakak, mari kita pergi ke Puskesmas yang sesuai RW gua. Eh ternyata ada 2. Gubrak. Jadi Puskesmas A khusus RW 1-12, Puskesmas B khusus RW 12 – berapa gitu (lupa)

Ternyata Puskesmas yang kita datengin kedua adalah Puskesmas B, yang mana gua gak termasuk warga sana juga.ย onion-emoticons-set-2-20ย Duh. udah panas, terik, bebawaan si clay ikutย keringetan juga. Rasanya pengen muaraaaahhh.. hahahahaha..

Ya wis lah. akhirnya kita pergi ke Puskemas A. Fiuh, akhirnya bener! ahahahahaha.. Gak usah pake daftar2 segala. langsung masuk antri keruangan dan ditanyain dari RW mana, didata nama anak, nama bapak. Trus ditetes Vaksin Polio, trus pulang.

Aish. gitu doank. gak sampe 5 menit. lol. Yah ternyata, walau gratis, tetep aja musti ada data, siapa2 aja anak yang menerima Vaksin Polio di Puskesmas tersebut. Okelah.

Nah, karena kita udah ketemu puskemas yang tepat deket rumah nyokap, jadi gua pikir apa imun DPT, HIB dan HEP B disini aja. Setelah gua tanya, semua vaksinnya emang tersedia. Yah okelah mari nanti kita balik pas Clay lewat 6 bulan. Nah ditanggal 22 gua beneran balik lagi buat Imun, Dateng, daftar dan bayar Administrasi 2 rebu rupiah. Iya 2.000,- Abis itu dipanggil, ditimbang dan didata ulang dicek Nama ortu, Nama anak, Tgl Lahir, berat, panjang, kaya isi form gitu.ย Abis itu dipanggil masuk. Sempet bingung sih mo manggil, Ibu, Suster, Mbak, atau dokter? Secara pake seragam kerja kek PNS gitu. Coklat. Dibilang suster kok yah, kurang cocok, Mbak juga, dokter apa lagi. ahahaha. Akhirnya panggil Ibu aja. hehehe..

Proses suntiknya sendiri cepet. Karena gua mamah cemen, jadi bagian megangin clay adalah urusan bapake. Hahaha.. Entah karena faktor uang ato enggak, jadi disini kaga ada yang namanya “bae-baein anak” ahahaha.. kalo di RS kan, anak ditaroh diranjang nangis, dikasih boneka, kaya sengaja dialihin perhatiannya.. kalo disini kaga. kaki Clay langsung di tujes, cus aja gitu. Lemes kaki eke. ahahahahahaha.. Bapake juga kaget, udah kaga ada permisi-permisi lagi ibu yang suntiknya. ahahaha.. Dan setelah disuntik biasanya kan ditutupin kapas trus di plester. Ini kaga donk. Duh. gua entah musti seneng apa kaga yah. Seneng sih karena duit imun bener2 bisa di saving ke yang lain, tapi kalo dari segi pelayanan ke anak kok gini banget. hahahahaha.. Kata Jp.. Mami, dua rebu ini mami,, masa mo dapet pelayanan kek Hermina. lol. *yah boleh donk ngarep*.

Oh iya, Ibu yang nyuntik bilang kalo BB clay diusia 6 bulan ini termasuk kurang. 0..0w.. Hatiku sedih. Di 6 bulan ini Clay ditimbang dengan berat 7.2 kilo. ย Gua pikir masih okelah. karena emang penampakan clay gak gembul banget, tapi badannya termasuk padet, dan gua pikir, anaknya juga fine-fine aja.. jadi yah udahlah.. Gak usah terlalu dipikirin. Yang penting sehat yah nak. ๐Ÿ˜€

Kalau berdasarkan Tabel Milestone clay seharusnya sudah bisa :

  • Duduk tanpa pegangan.. Pada kenyataannya belom sama sekali. Didudukin bisa, tapi kalo tanpa pegangan belum. Sama nyokap udah didudukin di Baby Walker *biarin di Judge* Dan anaknya gape banget simpang siur kesana kemari.. terakhir kali berakhir dengan ngemutin sepatu barunya nathan gara2 jalan menuju rak sepatu. ย ย onion-emoticons-set-2-144

IMG-20160319-WA0003

  • Meraih dan Menggapai.. Pada kenyataannya.. Meraih, Menggapai dan bikin rusuh. Hahahahaha.. kabel ditarik, rambut dijambak, kalung ditarik. ahahaha
  • Menoleh kearah datangnya suara.. Pada Kenyataanya.. Iyah banget diiringi dengan senyum manis kek gini.. *meleleh* *emakbias*

IMG-20160410-WA0012

  • Meraih Mainan dan memasukan biskuit ke Mulut.. Pada Kenyataannya.. Mainan diambil trus dimasukin kemulut, dan biskuit diambil trus dilempar.ย onion-emoticons-set-2-64

IMG-20160319-WA0004

Jadi lah kalo mamam biskuit harus kek gini.. padahalkan yah ini biskut buat kek gigit2an merangsang gigi. ahahaha..

  • Dan diusia 6 bulan ini.. Clay juga udah makan solid food tepung Gasol dan Buah2an. ahahahaha.. Nampaknya aku perlu pecutan emak2 yang rajin bikin Homemade MPASI. aku masih males dan masih kurang waktu untuk buat *ini alesan*, dan berterima kasih kepada bubur tepung gasol dan temen-temennya. hihihihi.. So far gak ada drama yang berarti sih. Tapi tetep di Usia 7 bulan gua akan kasih bubur saring *kecup takahi*.

Semakin berkembangnya usia, Clay termasuk anak yang gak bisa diem. suka uget2, trus geraknya cepet banget.. Jadi udah gak kehitung udah berapa kali jatoh dari ranjang. So far kalo dirumah nyokap, emang ranjangnya pendekย dan gak terlalu kawatir kalo sering jatoh dari sana.. walau tetep yah kalo bisa sih gak jatoh yah. ahahaha.. Dan kalopun jatoh dari ranjang dikamar, bagian bawahnya berlapis. Jadi so far dikamar nyokap udah jatoh 3 kali, ke ranjang juga. Jadi gak pernah nangis. cuma kaya ngedumel. ahahahaha.. ย Pernah juga jatoh disaat jam 3 pagi, pas gua pumping.. Gua udah liat dia uget2 maju. Sedang gua yang lagi pompa, nanggung banget buat matiin mesinnya.sekali bisa kedapetan kakinya gua tarik mendekati gua. eh kedua kali gak keburu dan udah terjun bebas ke bagian sisi ranjang nyokap. Nyokap langsung bangun karena ketimpa clay. ahahahaha.. kocak. Gua yang tadinya ngilu, tapi karena ada ranjang dan anaknya ketawa2 yah udin.. gak jadi takut.

Sampe percisnya minggu pagi tgl 10 April diapartemen, Jam 1 pagi tiba2 jp dan gua terbangun dengan suara tereakan Clay. Pas bangun, yah ampun Tuhan kaget banget nemuin Clay dibawah ranjang dengan keadaan terlentang. Bapake langsung spontan tereak Clay jatoh trus angkat clay dan ikutan nangis. iya nangis. Gua shock gemeter ambil Clay dari Jp. Trus ngeliat bagian mana yang sakit (benjol) dan liat apa ada tangan, kaki yang luka. Sempet gak nemuin, sampe kira2 15 menit kemudian, ada benjol segede telor dikepala belakang kuping. Gua ikutan nangis dan olesin trombop*p. Anaknya nangis sampe jam 5 pagi gak berenti. Digendongpun nangis kesakitan. Yah ampun Tuhan, rasanya jantung gua udah gak tau turun ke level berapa..

IMG-20160410-WA0005

*jatoh dari ketinggian segini*

Sampe sekarang kalo diinget kayanya gua masih ngilu aja. pasalnya kita bertiga emang tidur melintang, dan kayanya bagian tengah (Clay) terlalu lebar jadi pas dia udah dalam keadaan horisontal, pas berguling gak kena badan gua dan badan Jp, tau2 udah gedebuk aja dibawah. Kelar jatoh, langsung siaga 1 ganti posisi, Clay dipinggir deket tembok, Jp disebelahnya, gua dibawah kaki Clay. ahahahahaha.. Posisi L.

Yah gua tau sih, setiap anak mo dijagain kek apa, pasti ada jatohnya.. tapi percayalah hati ibu mana yang gak remuk redam ngeliat anaknya jatoh dari ketinggian kek diatas. huhuhu.. rasanya bener. kalo bisa gua aja deh yang jatoh dari kasur, jangan clay. Malem itu clay cuma bisa tidur diatas badan bapaknya. karena dia gak bisa tidur terlentang, karena mungkin benjolnya keteken jadi sakit. Dan Puji Tuhannya Clay gak ada tanda2 biru, dan muntah. Sampe kebesokan harinya anaknya total jadi manja dan kolokan. Gak mau ditaroh diranjang sendiri.. mungkin dia sendiri juga jadi takut kali yah.

Sekarang udah kembali ceria, kembali lagi ngerusuh. hihihihi..

IMG_20160325_101235

Happy 6 Months Old My Baby.. Soon to be 7 Months. ๐Ÿ™‚ We Love you..

xoxo,

Maminya Clay

Advertisements

39 thoughts on “[Clay] 6 Months..

  1. Wah sama lah kl soal jatoh tp kasur nya yg atas aj. Begitu cathy ud mulai uget2 papan ranjang aku ud ga pake. Jd tidur pake kasurnya aj. Itu pun pas jatoh aku juga lagi ketiduran pules, biasa cathy melintas dibadanku terasa, hari itu saking capenya ga terasa tau2 jedug lalu nangis and sama persis mamanya ikutan nangis juga. Sehat2 ya baby clay. Kl mitos nya kl jatoh tandanya anak nya mau pinter. Tp ya jgn gitu juga kali masa musi jatoh dulu baru bisa pinter. Mamam yg pinter ya baby clay biar bobot menanjak keatas๐Ÿ˜„

    1. Iya nih, kayanya aku juga gak mau pake divannya. hehehe. ๐Ÿ˜€ iya. masa tiap pinter kudu jatoh. hehehe.. aminn.. semoga bisa melesat naik yah BB-nya. thank you.

  2. Posisi tidur L itu sering dilakukan bapak ibu yang punya anak baby ya. Tadinya waktu cici gue bilang dia ama suaminya tidur gitu, gue pikir kok aneh. Eh taunya temen gue ama temen koko juga pada begitu hahaha. Jadi benteng buat anak. Tapi tetep aja abis baca cerita lo, gue langsung bilang ke Taz ranjang ntar ga usah pake divan aja deh, dikemanain gitu kek divannya ๐Ÿ˜ฆ
    Berarti kalo mau bawa anak vaksin ke puskesmas, kita mesti inisiatif sendiri bawa mainan buat ngalihin perhatian anak ya *ngilu ngebayangin ibu PNS yang maen tujes*

    1. iya. tadinya biasanya posisi huruf L. tpi kmrn2 anaknya tidurnya masih anteng. ahahahaha. ๐Ÿ˜€

      iya, kudu bawa maenan sendiri yah. ini kakinya langsung ditarik dan cussss.. *masih ngilu kalo inget*

  3. iya emang liat anak jatuh langsung panik dan mau nangis rasanya.
    Mima juga pernah jatoh dari ranjang poy pas seumuran clay, abis itu laki gw langsung tururunin ranjangnya, abis takut jatoh lagi.
    Pas udah setahun lebih dan ngerti dibilangin, baru ranjangnya dipasang lagi. Itu pun tetep di pepetin tembok dan dipasng penghalang dari berbagai sisi

    1. iya kaya udah harus diturunin ranjangnya. Ranjang di kamar clay sendiri sebenernya udah pendek. cuma aku masih males kalo tidur dikamar clay, karena cuma bisa tidur berdua. hehehe.. ๐Ÿ˜€

  4. Meraih dan Menggapai.. Pada kenyataannya.. Meraih, Menggapai dan bikin rusuh. Hahahahaha.. kabel ditarik, rambut dijambak, kalung ditarik. ahahaha

    itu Jevan banget ci hahaha, toss dede Clay..

    Clay makin gede makin ganteng euy, suka sama matanya Clay ๐Ÿ™‚
    Happy 6 month ya Clay ๐Ÿ™‚

  5. uwaaaa fotonya clay yang terakhir cute bangettt…hehehe menurut g clay ga kurus koq poi malah keliatannya sekell berisi…koq bisa ya itu orang puskesmasnya bilang kurang BB nya klo ga salah ryu pas 6bln juga beratnya segituan…

    aduhhh klo ga dikasih kapas sama di plester trus diapain poi? di diemin aja? laen kali bawa kapas sama plester sendiri aja deh..hahahaa

    huhu kasian banget clay itu kasurnya tinggi banget, untung skrg udah gpp ya…
    dirumah g skrg kasur udah diturunin kebawah jadi gak pake dipannya buat jaga-jaga soalnya anaknya udh gak bisa diem…

    1. Iya yah. gua juga gak bilang kurus sih, karena kalo gendong dia lama2 pegel juga. hehehe.. ๐Ÿ˜€

      iya, lain kali kayanya bawa plester sendiri *makirit*. ahahaha.. ๐Ÿ˜€ iya nih, kedepannya mo turunin ranjangnya. ato gua terpaksa tidur dikamar clay berdua doank.

  6. Clay jadi mirip banget sama elo pi hahaha mata nya itu loh yang ga nahan, bikin onty klepek2 *eh*

    Waktu masih setaonan kalo pas marco bobo bareng di ranjang gede, gue selalu tidur posisi L sama papa nya. Kalo gak mah bisa sukses jadi bola bekel si marco ngegelinding ke lantai mulu hahaha. Uda gedean gini lebih anteng dia tidur nya, jd uda aman posisi Biasa lagi ๐Ÿ˜€

  7. Ya ampun lucu banget baby-nya.. kebayang deh rasanya deg2an stres ngeliat anak jatuh dari kasur. btw, mau tanya, makanan pertamanya pas 6 bulan atau kurang dari 6 bulan? baby aku bentar lagi 6 bulan, tp kok kayaknya dia udah nggak sabar makan (atau emaknya yg nggak sabar ngasih makan ya..hehe).

    1. Hihihi. thank you.. ๐Ÿ™‚

      iya sama sih waktu itu clay juga udah nunjukin kepengen makan, dengan sering narikin piring kalo kita lagi makan, trus kalo makanan dideketin ke dia, reflek mau nguyah, akhirnya waktu itu aku kasih early 5 hari sebelum 6 bulan. hehehe.. *ini beneran emaknya yg gak sabar*. hehehe

  8. 6 bulan berat 7,2 kayaknya ga kurang deh… jayden 6 bulan beratnya 7,1 (abis ngubek2 blog lama hehehehe) dan dokternya ga ada bilang kurang… gua liat di tabel, beratnya dia selalu masih dalam batas normal… jadi berat segitu kayaknya masih aman…

  9. Mantuuuu!!! jangan jatoh lagi ya nak *peluk2 Clay* emank ya poi kalo anak kenapa2 kalo bisa tuker deh sama qta terlebih mrk belum bisa bilang mana yang sakit dll ๐Ÿ˜ฆ

    berat Clay ga kurang kok poi, yang penting Clay sehat terus ๐Ÿ™‚

  10. Vaksin nya sebentaran, ke puskesmas nya yg mesti bolak balik ya.. jd nambah info ttg lokasi puskesmas rw laen. Hehehe.
    clay, sehat2 terus ya.. ๐Ÿ™‚

  11. Sebelomnya udh comment, tp ga tau masuk / ga..
    Emang pasti bikin sedih ya kl liat anak jatuh dr ranjang, apalagi ketinggian nya lumayan.. ๐Ÿ˜ฆ
    sehat2 & ceria terus ya clay.. ๐Ÿ˜€

  12. Foto yg dia senyum, manissss banget..

    Ranjang nya diturunin, jd kasur aja biar aman.. Pinggiran kasur yg nempel tembok dikasih bumper (gue pake evamat yg 90×90 dijejer2).. Ntar kalo Clay udah berdiri2 biar ngga kejeduk2 tembok..

  13. Pi, waktu gue Kursus Pernikahan kmrn kan dibahas juga soap imunisasi anak. Narasumbernya saranin supaya bawa anak imunisasi di Posyandu aja karena katanya kl di Posyandu, penyimpanan obatnya lebih bagus tidak seperti di klinik biasa yang lemari penyimpanannya ditutup-buka sewaktu-waktu katanya bs bikin obatnya rusak. Tapi hal ini hrs dicari tau lbh banyak si poi benar/nggaknya hehe

  14. Aku pun udah anak 2 tapi kalo anak jatuh dari tempat tidur, masih aja shock, padahal tempat tidur kami yg sekarang agak rendah gitu sengaja beli yang rendah waktu hamil anak kedua biar kalo jatuh gak tll bikin shock. Tapi kenyataannya tetep aja, pas anak jatoh tuh panik banget. Moga2 setelah ini Clay gak ada jatoh2 lagi apalagi yang kena kepala yaaa

  15. jadi, poi, ntr bulan depan imun-nya di tempat 2 ribu atau yang ratusan ribu.. haha..

    memang anak jatuh itu rasanya ngilu, serem gk jelas ye.. habis lasak.. haha..

  16. Soal anak jatoh dari tempat tidur mah emang selalu bikin hati deg2an Pi. Ini si Jo udah segede gini juga masih aja suka keguling jatoh dari tempat tidur. Mau tempat tidur dibentengin kayak apa, bisa aja si kunyil lolos dan terjun bebas.. Hiks

    Semoga Clay ga jatuh2 lagi yaaa.. Emang kayaknya harus selalu punya mata 10 deh kalo anak masih seumuran Clay gitu. Biar ga kelewatan kalo udah macem2.. huhuhu

  17. ternyata bener ya vaksin di RS itu lagi susah banget. Gw jg mo mulai cari puskesmas deh. Eh tapi antrinya manusiawi gak sih? katanya kl di puskesmas harus dateng subuh2 ya?

  18. ci epiiii ini siskaaaa. hahaha..

    ya ampun si clay lucu banget ya ciii, dlo kita ktemu pas si clay masi di perut yak. LOL..

    aduh ak dengerna aja berasa miriss ciiii, ngerasain sakitnaa gimana emak bapaknyaaaa..

    btw laen kali langsung siapin hansaplast sendiri ci. LOL.. jadina kalo ad kejadian kaya gitu udah siaga..

    sehat2 terus ya clayyyyyy *ciummmmmm*

  19. wah cepet yaa dah 6 bulan , clay ganteng ih
    eh kalo gw sih biasanya taro kasur lipet tipis gitu di samping2 ranjang, untuk jaga2 kalo anaknya tidurnya usreg. trus masih gw bikin benteng lagi dari guling, gulingnya ditahan bantal kecil jadi gulingnya ga gampang ketendang dan jatoh. hueheuheu dobel2 pengamanannya biar gw malem juga tidur tenang ga deg2an. paling2 jatoh juga ke kasur tipis anaknya gpp biasanya tetep tidurr – trus gw angkat hehehe.

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s