[Clay] 5 Months..

20 Februari 2016

Hihihi.. maapkan ketidak konsistenan gua dalam merekap milestone Clay. Tapi bener. Gua bukan tipikal emak yang tiap bulan nih catetin milestone anak harus sekian-sekian hihihihi.. *emak males sih gua*. maapin aku yaaa. *merasa bersalah*Β onion-emoticons-set-5-13

Berhubung 5 bulan ini Clay gak imun, jadinya gua juga cuma timbang clay sekedarnya. BB Gua sambil gendong Clay dikurang Beban gua tanpa Clay, hasilnya 7 kilo-an, gak tau tepatnya berapa. Dibanding bulan lalu, berat clay sekitar 6.5 Kilo. Udah lumayan banget lah yah nambahnya.. πŸ™‚

Sebenernya emang bulan ini, imun PCV dan Rotavirus (imun yang gak wajib), gua galau maju mundur imun apa kaga. Dokter gua, sama sekali gak masalah kalo gak imun, sedangkan kalo imun, Imun PCV-nya sendiri 1 juta. *megangin dompet*. Nah, denger2 kalo mau ngasih PCV paling enggak gak boleh lewat dari 6 bulan karena akan timbul efek samping. Ini gak ngerti. Cuma sampe sekarang gua belum mutusin. kalo jadi, kayanya sabtu ini deh bakalan imun PCV. mohon bantuan Buibu disini, ada yang udah kasih imun PCV?

Motorik Kasar

Sekarang udah bisa guling2. Hahaha. dan sedikit bisa maju dengan goyangin pantat, trus ngesot. percis banget kaya ulet larva jalan. Tau2 udah diujung aja anaknya. Beruntung dirumah nyokap, kalo siang, clay suka ditaroh dikasur bawah, jadi kalo jatoh gak terlalu gimana. Pernah jatoh poi? pernah. ahahahaha..

IMG-20160212-WA0001

Jatoh dari kasur ini, karena maju2, akhirnya udah diujung. Posisi nyokap gua lagi nyuci piring, gak ada siapa2 dirumah, tau2 nangis kejer. pas diliat udah dilantai. kata nyokap sih gak ada benjol, dan emang anaknya jg gak rewel, jadi gua perkirain emang gak kenapa2. Cuma nangis kaget.

Awal2 angkat kepala Clay termasuk agak telat karena emang jarang gua tengkurepin, akuh gak tega kakak, karena sering anaknya ngamuk. jadinya emang baru 4 bulanan baru bisa bener2 kepala stabil. Dan udah pasti gak mau digendong ala newborn.

Untuk duduk sendiripun juga masih doyong (bertahan sebentar, trus miring kesamping), pernah didudukin di booster seat, terlihat duduknya miring. hihihi

IMG_20160222_174941

Dan pas 5 bulan kemaren, clay pertama kalinya berenang bener2 berenang. Hahaha.. *gua cemplungin bener2 1 badan pake neck ring*.

Ada yang komen gak poi? untung kaga ada. Padahal gua udah siap mo jorokin orang hari itu. ahahaha.. Tapi tetep ada 2 pasang mata ibu2 ngeliatian gua sewaktu pasangin neck ring ke clay.

IMG-20160220-WA0006

Kelar berenang, kayanya lelah banget, padahal cuma 15 menit kurang. hihihi

Motorik Halus

Sekarang suka banget ngisepin jempol. Udah mantep. Angkat tangan, lipet 4 jari selain jempol dan hap, masuk mulut. kunyah sampe jempol keriput. Hais. dikasih teeter model anggur gak suka. cuma dipegang2 doank. tapi gak ke-emut. di kasih softbook di bejek2 doank, gak masuk mulut juga. Pengen beli teether sophie yang katanya terkenal itu, emaknya jiper duluan. takut anaknya gak suka. huhuhuhu.. jadinya sekarang yah suka gua larang2 masukin jempol, yang berakhir anaknya ngamuk garukin muka.

Megang apapun juga udah cepet tangannya. udah gak bisa taroh benda2 yang deket disekitar dia. matanya juga cepet ngikutin gerakan. hihihi

IMG-20160220-WA0003

Baru dipoto, ambil minum sebentar langsung begini..

IMG-20160220-WA0004

ambil tissue diatas kepalanya trus dimakan..Β onion-emoticons-set-2-144

Jadi emak itu emang perlu nyiapin obat jantung lebih banyak yah. ahahahaha..

Social Skill

Karena setiap sabtu minggu gua sering ajak jalan untuk ketemu mertua dan sodara2 mertua, Clay gampang berbaur. gampang dibercandain semua, tapi perlu all out yah. Kadangnya kita kudu hardcore bercandain dia, baru bisa ngakak. kalo cuma yang “Clay.. ciluk baa…” anaknya cuma senyum simpul. irit. gak usah banyak2. ahahahaha.

Clay juga udah mulai ngenalin Mami dan Papinya. Hoye! Seneng banget waktu Clay ngeliat gua pas pulang kerja, langsung senyum sumingrah gitu. hihihi.. Tapi ada tapinya.. sekarang gua udah gak bisa hilang dari pandangan matanya.. langsung mewek. hihihi. Tak apalah nak, mami nunggu saat2 itu. hihihihi. *berasa dibutuhin*.

Tidur

Puji Tuhan gua dikasih anak yang amat sangat gampang tidur kaya gua. Jam 7 teng, masuk kamar, bedong, gendong dan ayun bentar sambil dinyanyiin lagu sekolah minggu, langsung beler.Β Ditaroh diranjang, dan voila. tidur.

Bahkan dari usia 3 bulanan gua selalu bilangin.. nanti clay tidurnya langsung diranjang yah, kalo udah ngantuk tidur, gak usah diayun dan gak usah digendong. dan bener. mulai kebesokan harinya (kalo gak salah) gak mau digendong ato diayun, langsung gua taroh ditempat tidurnya, di mpok2 pahanya, dan tidur.

ah, dunia indah yah. hihihihi. πŸ˜€

Oh iya, clay masih dibedong sampe hari ini. ahahahaha.. alesannya bukan supaya kakinya lurus. kaga, tapi cuma biar dia tidurnya tenang. Percuma kain bedongnya udah gak muat kok dibadannya dia. jadi cuma gua lilit aja, dan ditindihin sama badannya sendiri. seringnya kalo udah jam 12 atau jam 1, pasti udah lepas tangannya. hihihi. πŸ˜€ Dulu clay sering banget garukin muka (sekarang juga sih, walau udah berkurang) sampe berdarah, makanya suka gua bedong. so far anaknya gak pernah ngamuk, semacam pasrah aja gitu.

IMG_20160220_124957

IMG-20151221-WA0009

IMG-20160104-WA0007

IMG-20160208-WA0012

Kumpulan foto Larva.. πŸ˜€

*Semacam pasrah anaknya, apalagi kalo udah ngantuk*

Sekarang masih PR banget untuk ngikutin milestone yang seharusnya mungkin udah harus dilakukan sama Clay. TapiΒ Gua mah ngikutin ajalah. gak maksain harus anaknya gini gitu. asal jangan sampe telat banget *sama aja yah* hehehe..

IMG_20160220_085958

Feeling Loved,

Maminya Clay

Advertisements

32 thoughts on “[Clay] 5 Months..

  1. Asiik banyak foto2 clay ❀

    Paling lucu yg jadi Larva πŸ˜€ hihi. Anteng yaa clay ci klo bobo, kalo ak tangkep kayaknya si anak itu sebenarnya ngerti pas papa mamanya ngomong apa deh, bs di brainwash gitu XD hihi

    1. iya lucu nie. kadangnya gua gak tega, kalo dibedong. tapi yah dia gak merasa sesek, kalem2 aja. hihihi.. iya, anak itu ngerti kalo dibilangin, makanya sebisa mungkin gua selalu bisa ngomong positive. hehehe. πŸ˜€

  2. CLAAYYY lucu anet cihhhhhhhhhhh *kecup kecup kecup secara virtual* Gemes!
    ngakak sendiri di kantor pas ngeliat dia ambil tissue dan dimakan :))))
    Ntah kenapa, dibedong itu keliatan unyu banget hihihi.

  3. Poi, ga tau knp ya gue demen loh liat foto Clay dibedong. Anteng pasrah, hahahahaha :p

    gue lagi peer nii poi tengkurepin B, antara mau en engga nii g abis kasian liatnya (>.<")

    aaaa gue juga menantikan masa2 B ngenalin gue poi, priceless ya poi πŸ˜€

  4. Kalau menurut gw penting yah Poi untuk vaksin, gw dulu ambil semua makanya pas anak udah 2 thn rasanya bahagia banget hahaahah. Jaman kan makin maju skrg, kita nggak tau berapa banyak penyakit, virus, bakteri yg selalu ikutan update. Kalau anak kita bergaul sama org2 yg ambil vaksin komplit maka aman walau gak ambil vaksin, tapi kl lingkungan sekeliling nggak ambil vaksin dan rentan kena penyakit anak kita juga nggak aman kl nggak ambil vaksin istilah lbh gampang ketepa. Tapi yah semua balik lagi ke org tua masing2 kl gw sih yah ambil semua karena menurut gw kesehatan penting.

    Foto Clay yang paling terakhir lucu banget ekspresinya mana pake jumper cute hihihi jd pengen gendong *catet yah gendong, bukan pengen punya lagi*

    1. Iya ci, akan vaksin juga nantinya., lebih baik diawal yah. daripada nanti udah kena *amit2*. hehehehe.. boleh, kapan2 ketemuan bisa gendong. hehehehehe.. πŸ˜€

  5. Mau komenin masalah PVC dulu jaman masi kuliah skitar 2009 PVC itu 1 kali usia diatas 2 thn, lalu pas cathy lahir 2013 ud ada perubahan mengenai pemberian vaksin ada 3 pilihan yg pertama di bwh usia 6 bulan vaksin 4 kali, jd kl sekali vaksin 1 juta ya tinggal di kali 4 jd 4 juta. Yg kedua di atas satu tahun 2 kali vaksin. Yg ketiga diatas 2 thn cuma 1 kali. Jd pilihan ditangan ortu and dokter anak biasa jrg ada yg kasi penjelasan model gini jd kita yg nentuin sendiri mau gimana. Ato cici bisa liat di buku vaksin baby or google aj jadwal vaksin. Nah pvc sendiri ada 2 jenis ada yg rantai 11 and rantai 13 itu yg bedain harganya yg rantai 11 700 ribuan kl yg rantai 13 900 ribuan #kekeplembaranmerahdidompet.
    Komen ke dua mengenai tangan masuk mulut, biarin aja gpp ci krn clay lagi persiapan mau mpasi jd dia kayak mau kunyah2 tangannya. Kl mau komplit cici bisa search youtube dr tiwi mengenai mpasi. πŸ™‚ semoga membantu yah πŸ˜„ ketjup pipigembulnya clay πŸ˜‰

    1. Iya kekep dompet erat2 nih. hahahaha. πŸ˜€ iya, kata dokter yang pcv 13 lebih lengkap yah.

      iya, akuh si gpp mo tangan sama kaki masuk mulut. ahaha. karena setau aku emang masanya. tapi biasanya ortu yang bawelin. hehehe.. thank yah buat masukannya. kecup balik onti imelda.

  6. Gua sama kayak ci felice….ambil semua vaksin, kecuali vaksin flu… emang ada yg optional sih, tapi gua sih cari aman aja hehehehe….

    Jayden juga dulu lebih milih isep jempol ketimbang teether.. bahkan ampe sekarang pun masih suka masukin tangan ke mulut… gua ga pernah kecuali kalo tangannya kotor… soalnya dokternya bilang, isep jempol itu termasuk salah satu eksplorasi bayi dan biar bayinya nyaman… jadi ga usah dilarang2… gitu katanya… gua ga ngerti jadi nurut2 aja hahahaha…

  7. Gue ambil semua vaksin, Poi termasuk PCV, dan ambil yang P-13 (seinget gue harganya 1.3 jt sekali suntik). Memang harganya mahal, tapi sebaiknya memang harus prioritasin yang itu dulu kali ya dibandingkan dengan yang lain. Gue ambil semuanya dari before 6 months, karena kita nggak akan tau jaman skrg banyak penyakit ajaib-ajaib (tau ndiri kan meningitis lagi musim). Gak usah worry soal anak berenang pas baby. Si Abby jg blm 4 bulan gue cemplungin pake neck ring di Puri Bugar hahahaha. Yang penting dijaga aja supaya jangan sampai airnya masuk mulut.

  8. Haii epii..,

    Komen lg nih…hihihi

    Anakku juga uda vaksin pcv lengkap 4x, mulai dr usia 3bln klo ga slh, baca2 di google sih utk pcv bisa pilih ya mau under 6m or diatas 1th tp utk efek sampingnya gmn kurang ngerti juga ya, cm klo kt dokter sih makin kecil kan makin rentan jd lbh cpt lbh baik,

    Rotavirus juga uda itu utk diare kan.. kalo ga slh 2x suntik tuh utk ulangan. Apalg ank kcil suka masukin tangan ke mulut gt kan, jd menurutku imun penting walaupun yg ga wajib krn jaman skg byk bgt virus walaupun sempat galau byk omongan kalo bkn imun wajib ga usa diturutin smua..

    Sampe skg sih ankku 2th lbh, aku ikutin jdwal dokter aja cuma MMR yg msh belum nih, msh worry walaupun dokter n baca2 di google sbnrnya MMR itu aman tp msh takut aja..hehe..

    Smoga bs membantu yaaa..

  9. Gua juga vaksin hampir semua poi.
    Dulu waktu Kenny malah semuanyaaaa.. karena DSAnya ga ada ngomong itu imun wajib apa ga wajib jadi tiap bulllaaaaaaan sampe dia setaon adaaaa aja imunnya. Lalu kemudian gua pindah DSA.

    Nah klo DSA yg sekarang cuma kasih yg penting2 aja. Vaksin influenza ngga disuruh. Jadi si Ian lumayan lah ada beberapa bulan libur vaksin.

    PCV menurut gua pnting sih. Emang mahal (3 kali pula kan) tapi klo bisa prevent penyakit seberbahaya meningitis ama pneumonia dan kita masih mampu ya kasih aja lah. Serem banget poi kalo liat anak napas ngap2an dan dokter bilang kemungkinan pneumonia tuuhhhh aduuuhh.. *pengalaman pribadi*

    Rotavirus juga gua ambil krn…..yaaa.. jakarta gitu ya. Kita mau sebersih apa juga pasti banyak aja debu dan kotoran. Apalagi klo anak udah merangkak sana sini pegang ini itu. Daripada ntar kitanya yg repot klo anak sakit.

  10. Poi, gw ambil pcv. dan yahhhhh sungguh menguras kantong, cm gw pikir ya klo masih cukup vaksin aja bwt pencegahan aja gt.
    ihhhh Clay unyu2 bgt sih dibedong gt, Celine mah boro2 hahahaha.
    perkembangan bayi cepet bgt ya, kayaknya berasa br kmrn gt lahiran skr tau2 ud bs tengkurep sm persiapan mpasi ya Poi.

  11. poi.. untuk PCV, pas anak pertama dsa-nya gk kasi dibawah 6 bulan, jadi PCV dikasi diatas setahun.. dan untuk anak kedua jg gue baru kasi diatas 1 tahun ini.. dsa-nya beda, dsa pertama lebih senior dan rame, kedua lebih junior *bahasa-nya* haha.. so far oke-oke aja..

    pas anak pertama manggut-manggut aja waktu dikasi vaksin sama dokternya, pas anak kedua serasa uda senior *tsah* jadi ya pilih2.. haha..

    di Medan, vaksin lebih terangkau, apalagi kalo vaksinnya di praktek dokternya langsung bukan di RS..

    1. malah tebalik yah. disini katanya kalo bisa dibawah 6 bulan, tabel imunisasinya jg begitu dari 2, 4 dan 6 bulan. iya emang beda2 yah. hehehe, disini rada susah kalo bukan di RS, karena kalo di puskesmas gitu, kadang vaksinnya gak ready

  12. tetep yah si clay, cool abis… foto sebelum doi makan tisu itu cowo abis… jangan cepet gede ya clay… ntar banyak yg naksir lho :p

    1. hihihi.. thank you onti ester. iya, tadinya rencanya mo ambil vaksin yang penting karena dsa juga mengembalikan kegua, terserah gua mo ambil yang mana. hehehe

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s