Stop Judging!

18 Februari 2016

Judulnya keren yah. Berasa gak kalo gua lagi berusaha galak? ahahaha..

Tapi gua emang lagi mo galak ah, dipostingan ini aja kok. hihihi..

Jadi udah ketebak belum kira2 mo ngomongin apa. Iyap. gua mo ngomong keberadaan Bubumud. *ibu-ibu muda*.

Sebagai Ibu2 muda yang baru punya anak baru berusia (hampir) 5 bulan, gua udah gak tau berapa banyak saran komentar2 miring yang sudah mampir buat diri gua. Mulai dari Asi, Pemberian asi, pompa asi, pola asuh, cara menidurkan anak, cara pake baju anak, bahkan sampe cara lahiran. onion-emoticons-set-2-19

Tepat hari sabtu kemaren gua lagi ujicoba berenang kan diapartemen buat si Clay *cuma nyemplungin kakinya aja*, gua langsung dibombardir ibu2 tak dikenal yang ternyata gua interograsi dia bukan tinggal disitu. cih.

Mulanya dia agak shock gua mau cemplungin clay dan sempet ngomong “dingin bu, kasian anaknya..” Gua langsung nengok dan ngomong.. enggak kok cuma mau test kakinya aja. Gak lama dia mulai tanya2 Lahiran dimana.. berat berapa dan Cara lahirannya melalui proses apa.

Pas gua jawab Caesar.. langsung dia jawab, Ibu takut sakit yah? langsung deh tampang gua berubah jadi kecut kaya ketek. Sebenernya bisa aja kalo gua gak mau ladenin langsung bai aja gitu, cuma mulut gua gatel mo ngejawabin. Abis jelasin, gua langsung maen2 lagi sama clay. Eh ternyata dia nanya2 lagi beralih ke topik ASI. Topik paling sensitif semuka bumi khususnya buat Ibu Newborn. ahahaha.

Dia langsung sotoy karena liat clay yang semok, Pake sufor merk apa? gua jawab dengan tampang masih setengah kecut, kaga kok. Asi. sempet muji bentar Hebat bla bla bla. dan nanya nyusuin langsung bu? Gua jelasin, kaga, pumping, bla bla bla. Masih aja dikritik, bilang nanti gak deket sama anak, dkk. Ya owo.. cobaan apa ene! Pagi2 nan cerah gua diusik sama ibu2 yang notabene juga punya anak *usia anaknya 2 taon*. sempet gua nanya balik emang metode dia beda dengan gua. Dia lahiran normal setelah 3 hari berjuang. trus nyusuin langsung sampe sekarang. Lah terus apa urusannya sama gua gitu. ish.

Guapun agak dongkol dan akhirnya ajak clay udahan. Trus duduk dipinggiran kolam berenang menjauh dari dia, eh dideketin lagi.. onion-emoticons-set-2-55 pura2 mati aja kali yah gua.

Dilanjut lagi cuy! ahahahahahaha.. tampang muka gua udah gak kalem lagi. tiap dia ngomong, gua pura2 ngomong sama clay. ahahahahaha.. *serasa clay udah bisa ngomong*. Ini kalo gak ada Nathan, udah cabut gua balik ke unit. Gua sekalian jagain nathan berenang soalnya.

Itu baru sekali loh. hahaha.. dan masih banyak sebenernya omongan2 miring tentang empeng lah, ayunan lah. Yah kalo dari sisi gua, mereka diciptakan pasti ada alasannya. Untuk membantu ibu2 kaya gua. Bener kaya gua. Empeng waktu itu gua pake waktu clay Growth spurt. Mau nyusu terus, padahal udah sampe muntah bukan gumoh lagi loh. Gua takut2 juga kasih empeng, karena takut kebiasaan (ini yang gua tau dari orang banyak), dari yang awalnya idealis, langsung kasih empeng. Demi kewarasan otak gua. 3 jam boo nyusu di PD. ledes. ahahahaha.. Itu anak itu tidur, bangun, tidur, cuma mau nyusu.. Dan ternyata setelah kasih empeng, 15 menit kemudian, empeng dilepehin dan anaknya tidur nyenyaaaaaaakk sampe pagi. *problem solve*. hahahaha.. Gua emang gak tau efeknya apa. gigi majulah. tonggoslah, apalah. Yang penting saat itu, masalah kelar. dan sekarangpun empeng cuma digunain clay buat “penghantar tidur”, 10 menit kemudian langsung dilepeh. Kalo siang sama sekali gak mau. beres.

Ayunanpun juga gitu. Jangan nanti jadi kebiasaan. Buat gua yang penting itu anak bisa tidur, dan gua juga bisa tidur. as simple as that. Dan ternyata.. Clay kalo malem tidur tanpa diayunan. Di ayunan cuma siang doank. entah kenapa. masalah kelar.

Anak jangan digendong, bau tangan. Kalo anak nangis diemin dulu, jangan digendong2, biarin bagus buat paru2. Ini sering banget emak gua ngomong ke gua. eh tapi.. gua bingung. Anak Nangis digendong salah, gua gak gendong, gua dibilang Lu gak denger apa anak lu nangis? onion-emoticons-set-2-80 *pengen jedotin pala ketembok gak sih kalo kaya gini*

Dan Masa-masa inilah kenapa bubumud sering kena Baby Blues, ditambah lagi kalo ternyata lagi berjuang untuk kasih Asi. Gua pernah diposisi itu. Udah lelah melahirkan, Lelah jagain anak yang kita masih gak tau ritmenya kaya apa. Lelah nyusuin terus tapi mungkin asi masih pas-pas-an. Lelah didatengin tamu yang gak berenti2 (trus pastinya ceritain terus proses kelahiran berulang-ulang dan ulang). ahahahaha. Pokoknya lelah semua2nya. Ditambah banyak saran yang kadangnya bikin diri ini tambah sedih. Khususnya asi. Bener deh.

Bayi nangis dikit dibilang asi kurang. Pokoknya bayi mau nyusu terus juga dibilang kurang. Trus tiba2 disuruh pake sufor padahal lagi berusaha nyusuin. Huff. Inget yah para bumil. Nangis itu salah satu bentuk komunikasi anak. Dia merasa lapar. kedinginan, kepanasan, pup, pee, perut sakit , kurang nyaman, mau digendong, semuanya dengan 1 cara yaitu nangis. Jadi belajar tangisan bayi (lama-lama kita tau kok, mana yang cuma nangis manja mau digendong, sama nangis beneran laper). Gua emang gak anggep sufor itu racun. Enggak. Kalo emang diperlukan untuk campur sufor, please do that.

Imunisasi-pun juga diprotes dibilang gak usah banyak-banyak, diboongin dokter lu, jaman dulu juga cuma wajib (macem polio, dpt, hib, campak), elo gak mati kan buktinya. *sadis yah, ngomong gini*. Yah karena menurut gua jaman dulu dan sekarang beda. Sekarang penyakit juga udah macem2, amit2 kalo emang kena, apa gak jadi nyesel?

Bentar lagi gua MPASI, pasti ada juga deh omongan2 yang gak enak karena baru ngasih makan anak diusia 6 bulan. Hahaha.. orang dulu kan kasih makan anak 4 bulan. emak gua aja udah gak sabaran, pernah nakut2in gua, mau kasih pisang diusia 4 bulan dan berakhir gua ngamuk. Hahahahhaa.. *maapkan akuh mama*.

Gua tau, emang kadangnya ada orang ngomong sebenernya bukan maksud kritik ato apa, karena memang mungkin bener2 nanya atau gak sengaja ngebandingin ato berusaha kasih tau kita kalo ada efek2 gak baiknya. Tapiiiiii.. menurut  gua, balik lagi.. biarkan itu menjadi urusan si bayi dengan si mama. Nanya boleh, tapi coba kekang mulut kita supaya jadi gak terlalu menggurui. Guapun tanpa sadar juga suka begitu, tapi seringnya gua teringat, kalo gua gak mau orang ikut campur dalam urusan gua dgn clay.

Postingan ini, murni berdasarkan pengalaman gua. Dan mungkin gua tipikal orang yang gampang netting, dan paling sensitive khususnya kalo lagi bicarain anak tapi bukan berarti gua gak boleh ditanya2in loh. hehehehe.. Apapun itu.. Cuma Gua dan Jp-lah yang tau apa yang terbaik buat Clay. 🙂

IMG-20160120-WA0022

Awas yah kalo berani ganggu mamikuuu..

Advertisements

48 thoughts on “Stop Judging!

  1. Huffhhh ini hal-hal yang bikin aku males juga ci, udah sering denger cerita ibu-ibu lain, udah tau betapa kejamnya dunia persilatan bubumud. Hahahahaha.
    Malah ada temen kantor yang encourage untuk caesar aja karena menurut dia normal itu sakit. Padahal dia belum punya anak sih, dan dia sendiri emang takut sakit jadi dia maunya caesar kalo someday hamidun. Lah tapi napa menyebarkan ‘ketakutan’ itu yak padahal sendirinya belum ngerasain juga. *pusing pala berbi*
    Ah tapi foto terakhir bikin adeemmmmmm hahahahahahah

  2. Nyahh sabar nyahh jangan marah2 dong, santai ajaaa hahahaha.
    Gua dulu malah nyemplungin marco berenang di kolam apartemen pas umur 6 bulan wkwkwkwk pake ban renang ya catet. Untung ga ada yg nyinyirin, kl sampe ada pasti uda gua jorokin tu orang ke kolam renang LOL.

  3. huahahaaa.. aku padamu poi.. gue berasa banget ituuuuu.. tapi yah udahlah, pasang muka lempem n senyum penuh arti (sambil mata mancarin sinar LU DIAM AJA NAPA) aja waktu ditanyain.. haha..

    biarlah komen-komen yang lain, hak kita koq mao gimana lol..

    jiayou!!!

  4. Gila sih tu ibu-ibu. Gw sih kalo jadi lo, ga bakal tuh gw tanya apapun balik *mencegah tambah panjangt*, lalu gw akan mencari spot sejauh mungkin dari dia, lalu gw akan pura-pura budek dikit sambil sok-sok teriak-teriak sama Nathan. Biar dikira sibuk. Kalo masi usaha juga, mungkin gw jorokin ke kolam sekalian *kzl maksimal*

  5. Orang kita itu emang mulutnya suka dol, alias ga pake rem, terus sukanya ngurusin orang lain, ga cuman di bidang ini tapi bidang macem2. Kalau aku pas pulkam dan ketemu orang kaya gini langsung aku sekak mat “Bukan urusan situ kok pake komentar”. Biasanya mukanya langsung asem dan langsung berpikir klo kita kasar, atau sombong atau apalah. Biarin, yang penting hidupku damai ga diurusin lagi.

  6. fotonya clay pas bener…kocakkk…iya poi gw jg pake empeng buat edel banyak yg nyinyir..emang kalo anak gw rewel lu mau bantuin jaga ape? kalo digendong malah bagus katanya kmrn gw baca artikel anak yg banyak digendong lebih pervaya diri..sama MPASI kalo diberi lebih awal bisa memicu alergi itu gw uda crosscheck ke dsa gw…uda guling2 aja poi kalo ada yg nyinyir lg..

  7. Gw dah merasa poi gmn judgmentalnya ibu2 di indo. Inget kan cerita di gading? Baru sampe seharii.. Hahaha.. Gw gapapa org nanya asal ga pake komen menurut dia gmn. Kecuali ditanya. Hahaha. Ga bisa gt ya nanya trs stop abis dijawab. Lol. Pake ngejudge takut sakit lagi *tampol* hahaha.. Halo clayyy!

  8. mukanya Clay ikutan marah gituu..hahaha…

    ishh udah kebal banget gua sama omongan orang, ehh klo menurut gua malah ibu2 tua yang lebih rese dibanding ibu2 muda…soalnya kadang yg muda itu udah mulai ngerti…sama kemajuan zaman..hahahaa

  9. Sabar mak sabar mak.. Tu buibu merasa dia paling expert aja di bidang perbuibu-an *selepet dorongan bayi* haha XD

    Haloo olaaa clay~ yg brani macem2 ama mami jgn di ajak maen yaa clay 😀 emess bgt si kmuuu :*

  10. berasa ga enk ya Pi kalau dikomen macem2…gw juga kmrn pas sincia pulang kampung halaman ketemu banyak kritikan2 dan saran2 ttg cara mengasuh anak, dr cara mandi,cara tidur,cara makan,dll..memank si ada yg masuk akal tp ada yg berasa dibanding2kan juga itu yg bikin ga sreg ya…haish…sabar aja la kita bisanya,masuk telinga kanan keluar telinga kiri kl ktmu yg ga cocok d kita.haha…

  11. Hehehhehhe kocak Poi, perjalananmu masih panjang. Kenapa anak lu makan ini makan itu. Kenapa anak lu les nya ini ono. Kenapa masukin sekolahnya nggak keren, kaya gw dong anak gw umur 5 udah bisa itung sampe gope trus anak gw yg cuma bisa sampe 10 ahahahahaa…gw mah males tanggepin kaya gt biasa belaga budek, menjauh trus gak bakal nanya balik biar gak panjang urusan. Justru dia sengaja mau pamer elu tapi kan nggak mgkn mendadak ngoceh lahiran normal trus asix sampe 3 tahun. Dia harus pancing dgn cara komen elu dan berhasil krn lu nanya dia balik ahahhahaa….kesmpatan poi buat banggain diri depan org lain. Mana tau di lingkungan dia kena diomongin. Hah nggak salah tuh masih asix sampe 3 thn lu gak takut nenen lu tar kendor LOL

  12. ai pil yu ceem, ai pil yu dah. kalo gue malah sama ii gue digituin, hahahaha..

    tentang gendong itu uda sering deh ya mampir di kuping en gue bodo amat. tokh yang gendong juga gue lagian gue mikirnya tar kalo anak uda gede belum tentu mau qta gendong lagi kan. gue pernah baca juga gendong itu buat anak lebih nyaman en bagus buat self confidence-nya 🙂

    yaowo imunisasi aja dirempongin juga, plis deh emank kalo anak qta salit gegara ga divaksin tuh org mau nanggung apa ya, ish bner deh too much kepo-ers ya *ikutan sebel *sesama yang dihakimi, hahahaha

  13. sama pi, dulu juga gua gitu. banyak banget malah yg suka kepo. ampe cape sendiri dan mulai mengerti “budaya endonesa” untuk ikut campur urusan orang lain.

    eh gw pernah loh ketemu ibu2 di pasar malem (iya di kampung gua masih ada pasar malem) terus tuh ibu2 ngobrol2 n nanya2, rumahnya dimana bu, terus pas gw jawab dia nyeletuk, “oh ngontrak ya?”. buset. pulang2 gua langsung ngaca apakah tampang gw acak2an banget wakakkakakka..

  14. Mak, foto clay cucok banget dha sama postingan ini 😄 hihi.. klo ktemu mak2 nyir” suruh clay jutekin + laserin.. erhhh…

    Lain x ga usah di ladenin mak, biar ga kesel jg dirimu nantinya, krna plg bnyk org nyir” dimari 😂
    Gw plg mlez ktemu org tak di kenal, ud tak di kenal sok menggurui lagi.. hadeh..

    Harusnya u jawabin mak, asix smpe 3 tahun? Suami u dpt ap donk? *smbil kibas rambut* ninggalin dia..

    Smoga yg nyir”in u baca post ini.. 😂😂😂

  15. Hai sodara kembar…
    Sabarlah.. badai pasti berlalu.

    Kemudian datang lagi..

    Hahahahahaha

    Ora uwis uwis lah pokoknyaaa

    Kelar masa bayi, masuk toddler laen lagi yg dinyinyirin. Udah bisa ngomong ? Udah bisa ngapain aja? Anak si ini pinter loh bisa bgini bgitu. Anak si ono dimasukkin ke skolah cepet2 loh. Anak lu kok pendek sih? Ga sering bernang ya? Kok ga mau makan sih? Masakan lu ga enak kali. Sakit ini kasih obat cina. Sakit itu kasih obat cina. Sakit apapun kasih obat cina. Sakit ga dibawa ke dokter dibilang ga perhatian,laen waktu sakit lagi dibawa ke dokter dibilang terlalu parno.

    Lom lagi masuk sekolaahh.. setiap emak2 ato bapak2 pasti ngomong pake sudut pandang “anak gua”. Anak gua begini anak gua begitu. Kenny lom lama aja masuk skolah..ntar klo udah SD udah bisa kebayang sih.. siapin mental dr sekarang.

    Tips nya cuma 1… masuk kuping kiri keluar kuping kanan.. wolleesss.. hahahahahahahhaha..

    1. hahaha.. gak bakalan pernah bisa pergi yah na. ahahaha.. *nangis dipojokan*.

      iya nih, kayanya gua musti beli earmuff. ahahaha. soalnya gua paling gak bisa kalo dikasih saran sensitif kalo diomongin soal anak. wwkwkwkkw

    1. awalnya sih gitu, tapi semakin didengerin kok malahan jadi ujung2nya nge-judge dibilangnya kita gak bener dan gak sesuai aturan dalam mengasuh anak.

  16. Buset, comment2 ga ada abisnya yak..
    tp selaen comment dr bubumud, comment dr para tetua jg kadang udh ga pas lg sm jaman sekarang ya..
    tebelin kuping ya pi, kl ada yg kepo kasih comment, masuk kuping kiri keluar kuping kanan aja. 😉

    1. hooh sin. rata2 yang komen emang yang notabene udah makan asem garem dalem ngurusin anak. padahal kan jaman dulu dan sekarang beda banget yah. harus disesuaikan donk. hihihihi

  17. Puk2 Epi… Kalo soal berantem sama ortu soal cara ngurus anak itu bisa relate banget sih. Karena gimana juga mereka udah ngerasa sukses ngurus kita kan, jadi pastinya mikir cara mereka lebih bener daripada cara yang kita pake. Tapi kalo soal diurusin orang lain untungnya belum pernah sama sekali. Waktu pulkam juga jarang ada yang komen soal Jo. Apa muke gue muka ngajak ribut ya? hahaha..

    Cuma yah kayak kata yang lain, masuk kuping kiri keluar kuping kanan aja Pi. Sepertinya emang akan terus ada model2 pertanyaan kayak gitu sampe nanti pun. 😦

    1. berantem sama ortu emang udah paling gak bisa menang deh, soalnya bukti nyatanya yah kita sendiri. tapi kadangnya mreka suka pake cara mreka yang sukanya gak masuk akal. jadi bete. hahahaha

  18. poy yaampun sabar sabar aja yah.. emang deh orang2 mulutnya pada kaga bisa direm ya.. gue sih kalo ketemu ibu2 kaya gitu langsung melipir trus cabut aja daripada emosi jiwa hahahaha..

    btw foto clay pas banget deh hahaha gemesssss clayyy XD

    1. Iya udah disabarin banget sampe2 mo meledak. ahahahaha.. pengen dicabein ajalah orang2 kaya gini. ahhaha

      iya, gemes yah liat foto clay. gua juga. *bias* hahahahaha

  19. Hai epi, salam kenal, selama ini cm silent reader..

    Tp x ini ga tahan ga komen.. hahaha..

    Krn ngalamin juga smua yg ditulis.. klo ketemu org kepo gt rasanya pengen sumpel aja mulutnya. Wkwkwkk..

    Bwt mslh ank ga dkt klo ga nyusuin lgsg ga bgt deh org pny pikiran gt, g jg paling kesel dgrnya, buktinya walaupun ank g gagal full asi n working mom tp sampe skg 2th lbh tetep nempel bnr sm g tuh.. 😆😆😆

    Krn yg tau keadaan qt y cuma qt jd knp qt ambil kputusan itu ya pasti ada alasannya.

    1. hahaha. emang kalo ngerasain ginian bawaannya jadi gatel mo komen yaaa.. makanya aku tuh ngeladenin omongan dia. hahahaa.. 😀

      iya, makanya aku mah kadang sebodo amet, walau hati ini kadang suka jengkel.

  20. lah gua yang nyusuin langsung ampe sekarang aja ada yang nyinyir… katanya koq ga dicampur ato koq ga diajarin pake botol, nanti susah lepasnya loh… sekarang anak gua makan sambil nonton juga banyak yang komen… nanti kebiasaan loh… biarinlah kebiasaan juga… yg penting anak gua sehat dan emaknya waras hahahaha…

    tentang gendong…. seno meyakini ga ada yg namanya bau tangan… waktu gua bisa nanti takut keseringan kalo digendong, dia malah bilang….nanti kalo anaknya ga mau digendong kamu yang sedih… eh bener… sekarang dia uda bisa jalan, ga mau digendong, gua yang sedih hahahaha…

    bener kata yang lain… masuk kuping kiri keluar kuping kanan… kalo ada yang bagus baru diambil… yang penting….kita tetep waras hahahaha…

    1. Sama banget mellll.. malah gua disuruh sufor loh *tepok jidat*.

      iya, emang sebenernya musti masuk kuping kiri dan keluar kuping kanan, tapi seringnya gua suka dibawa masuk ke hati. ahahaha. aku senpitip. hahahaha..

  21. Never ending question ya pi! Kalau lo dari pagi sampe sore di kolam renang entah pertanyaan apa lagi yg ditanyain… Sabar ya bu… Yang tau terbaik soal anak ya pasti mama-papanya ya jd sebaiknya yg lain boleh nyaranin aja jangan sampai maksa ya soal pendapatnya kan.

  22. Duh ibu-ibu rempong macam gitu dimana-mana ada ya. Harus dibasmi kayaknya. Hahaha! Kaleb umur 3 bulan udah berenang di kolam renang umum, air dingin kok. Sampe sekarang baik-baik aja tuh.

    Lagian ibu-ibu itu udah nggak bayarin, ngritik pula. Hahaha. Btw, Clay cakep banget. :))

  23. gw sering denger curhatan kayak elo dimana2 pi.. sabar yahhhhhhh
    untungnyaaaaaaah, selama ini blm ada sih yang kepo maximal kayak gitu ke gw.. (eh, ato gw aja yang terlalu cuek ya).. kalo nasihatnya dari ortu ya anggep aja masukkan, toh kita bisa begini sehat berkat mereka kaaannn.. tapi ya gak 100% dijalanin juga hehehee

  24. buseet dah itu ibu2 usil dan kepo banget yak.
    klo aq jd ci epi udh langsung aq ketusin pasti. bodo amet deh nti dimusuhin, lha wong ga kenal ini.

    pdhl mau kasih ASI dg teknik apapun pemberiannya hrusnya patut diapresiasi dong, jgn seenaknya ngejudge klo ngasih ASI dg botol langsung dikasih statement klo nti anaknya ga deket.
    nyumpahin bgt itu mah.

  25. Aduh Evita…walaupun aku blon kesampean jd emak2 yet…aku isa ngerasain betapa eneg nya kalo ketemu org yg sok tau ky gitu…wes wes…kalo kita org Solo ngomong nya “mbo huat”…wkwkwk…aku sampe ngga tau harus ngomong apa utk buat km feel better…soalnya km ky nya jauh lebih sabar dr aku aja sampe ngerasa kesel gitu…kalo aku mgkn bisa2 lgsg dorong ibu itu nyemplung kolam kali yaaa…hihihi…. Just imagine aku elus2 punggung km ya ‘n *big hug* 😉

    1. Hihihi.. Iya nad. Nyebelin banget. Huhuhu.. Untung aku masih bisa memendam rasa kesel. Kalo kaga mungkin aku jorokin juga kali ya. Hahaha.. Thank you buat elusan punggungnya. *terharu* big hug for you too.

  26. Hugsssss.. i feel you hehe.. ibu2 ky gitu cuekin ajaa apalagi gak kenal.. resepnya cuekkn aja hehehe.. aku pas anakk pertama lahir jg sempet baby blues bgt nangis2 teruss..

  27. Welcome to the emak2 club ci 😄 aku dr mulai hamil sampe skg si cathy ud 3 thn lbh, komentar ya datang terus and kl di masukin ke hati ( liver) ud kena kanker kali 😄. Kalo dikomenin asi yg aku inget paling menusuk kejiwa raga adalah. Ud si cathy ( wkt itu cathy masi sebulan umurnya ) asi sampe 6 bulan aj abis itu sufor jgn asi melulu kayak org ga mampu beli sufor aja😓. Jd image dimasyarakat indonesia skg ini adalah!! Kl anak ASI berarti ekonomi nya ga mampu beli sufor makanya dikasi ASI. Mereka belom tau aj peralatan pompaan asi harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. And menurut aku ASI itu nilai jual nya tinggi sekali makanya kaga ada kan yg jualan ASI. Adanya donor ASI. Sekian komentar yg kepanjangan 😄

  28. sama kek awal g kasih zio empeng, omongan miring sana sini, tapi yah balik keanaknya, zio klo dah pules dilepeh sendiri, trus skarang empeng jd teether wakakakaa…

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s