[E-Ping] Exclusive pumping

Setelah post lalu gua kasih tips abal2 seputar asi ala gua, sekarang gua juga mo ngasih tips abal2 tentang pompa-memompa yang gua singkat e-ping.

Jadi kalo ada yang nanya..

  1. Duh gimana nih anak saya maunya nyusu terus, kayanya asi saya gak banyak
  2. Anak saya gak mau nyusu langsung nih, cuma dimaenin doank.
  3. waktu seminggu setelah lahir, asi saya gak keluar, jadi saya pakai sufor, sampai sekarang saya pakai sufor dan asi. nanti efeknya gimana ya?
  4. saya sedih ni, makin hari sepertinya produksi asi saya menurun. Padahal sudah dirutinin pompa.

dan lain-lain sebagainya.

Jujur, gua baca itu di salah satu group di FB. Banyak yang nanya dengan pertanyaan yang serupa. tapi selalu dijawab admin yang pertama kali adalah.. MEDIA ASINYA PAKAI APA?

Pertama kali gua ikut ini group emang pada saat sedang hamil, dan mencoba menerapkan apa yang mereka bilang bawasannya..

  1. Kalo gak nyusuin langsung akan menyebabkan produksi asi menurun. karena dibilang Mulut anak adalah pompa yang paling terbaik untuk ngosongin PD. Okeh. Noted.
  2. Kalo penggunaan botol atau empeng akan menyebabkan bingung puting, karena nyusu lewat botol lebih gampang (gak usah disedot juga keluar), nah nanti kalo kebiasaan lewat botol, anak gak akan mau nyusu langsung dan balik lagi ujung2nya PD gak bakal bisa kosong maksimal, sehingga nanti produksi asi menurun. okeh. noted.
  3. Penggunaan botol. Dot. Empeng itu haram hukumnya. Harus digunting dan dibuang. *beneran*
  4. Mereka meng-claim kalau gak ada 1 orangpun yang bisa kasih asi esklusif sampai 2 tahun kalau pake dot. Serem banget kan? lebih serem dari annabelle!

Jadilah gua mahluk polos yang berniat asi ini, belajar untuk latch on yah karena takut produksi asi menurun, dan terbukti saking takutnya gw kena baby blues.

Eh tapiiiiiii..di post lalu gua bilang kan yah.. kita harus bertemen sama orang yang kenal dan berhasil dalam menyusui. Kenapa? Karena ada 1 sahabat gua yg berhasil sampe 2 tahun asi dengan pake dot!!! jadi atas dasar itulah gua yakin menyusui bukan lagi hambatan.

Dari temen gua inilah gua tau e-ping. Kebetulan dia emang ngalemin hyper laktasi. jadi kl gak disusuin PD dia bakalan keras kaya batu dan kalo gak dikeluarin bisa bikin demam dan mastitis. Jadi setiap 2 atau 3 jam, PD dia harus di pompa krn belum tentu di jam tersebut dia nyusuin. tiap subuhpun dia bangun untuk pompa. Awalnya bukan karena diniatin, tapi karena harus dikeluarin. dari situ kulkas biasanya dia mulai penuh, dan mulai beli freezer khusus asi. bukan cuma 1, tapi 2. ditambah kulkas biasa ada 3. hahahahaha.. itupun masih gak cukup juga. DOnor iya. dibuang iya, tetep gak muat. lol. sedangkan kondisi dia harus tetep dipompa.

Jadi selain niat latch on. gua juga niat beli breast pump, biarpun itu mahal. guapun udah kebayang harus bangun subuh per 3 jam untuk pompa.

Gua sendiri gak mengalami namanya hyper laktasi. PD gua biasa aja kalo sudah 3 jam. Tapi emang beda. terasa cekit2 di ujung p*ting. Kalo kata temen gua sih lagi “ngisi”. Balik lagi. PD gak keras bukan berarti gak ada asinya. Buktinya sekali pompa dalam keadaan “gak keras” tetep keluar 160 ml. Kalo “Keras” bisa 250-300ml.

Tapi kalo gua skip pompa sampe 5 jam, jangan maen2, p*ting gua bisa berada diluar jalur bra. lol. Bukan cuma sakit dan cekit2, tapi rasanya kaya ditusuk2 paku ujungnya. *beneran*.

 Jadi kalau ada yang punya pertanyaan seperti diatas dan beneran gak bisa latch on dan amat sangat bertekad ASI, silahkan E-ping. itu jawabannya dan gak ada jalan laen. Botol. empeng. dot. itu gak bisa disalahin. mereka ada untuk membantu ibu2 macam gue (yang males). lol. *yang males silahkan angkat tangannya*. hehehehe

Ada yang saranin harus pake cup feeder atau pipet ato apalah supaya gak bingung puting. Emang bener sih. tapi pertanyaannya orang yang ngasihnya sabar gaaa??? pake botol aje, kalo anaknya napsu nyedot trus asinya tumpah2an aja gua udah tereak sayang asinya kebuang, apalagi pake cup feeder *sejujurnya sih gua belum punya*. Belum lagi kita harus nyusahin ortu atau orang yang jagain anak kita (incase kalo lu balik kerja).

Ealah. udah mau dititipin anak kita aja udah bagus, apalagi kalo gua minta emak gua pake cup feeder? bisa2 baju anak gua udah ada didepan rumah. lol.

Jadi drpd kita nyusahin org lain untuk pake cup feeder lebih baik kita berjuang untuk e-ping. Ibaratnya yang susah kan kita sendiri. tapi kan juga buat anak sendiri. bukan anak orang lain. bener ga? Yah kalo emang bener2 gak mau berjuang. beli sufor ajalah. itu udah paling gampang. hehehehe.. 😀

Inti dari postingan ini, gua cuma mau bilang.. kaga bisa menyusui langsung bukan berarti jg gak bisa kasih asi. BISA! kalau mau bayar harga (beli pompaan) dan bayar waktu (pompa per 3 jam kapanpun dimanapun).

Tipsnya :

  1. beli pompanya yang bagus dan cocok buat kita. entah kenapa gua udah sreg dari awal mau Medela (gak dibayar). dan beneran medela jadi sahabat gua.
  2. Usahin per 3 jam sekali untuk pompa. Contoh paling gampang. dari jam 6 pagi, 9, 12, 15, 18, 21, 00, 3, sampe ketemu jam 6 pagi. Kenapa gak per 6 jam? Kan dapetnya bisa lebih banyak. Iya. Keliatannya. Tapi sebenernya itu sudah berkurang. Contohnya gini aja. Gw 3 jam sekali dpt 150ml. Gw anggep 1 jam itu dpt 50ml. Kalo udah 6 jam gak dipompa harusnya dpt 300ml donk ya? Kenyataannya kaga sodara. Lu bisa dpt cuma 280ml. Iya emang lebih banyak dr biasanya. Tapi sebenernya lu lagi defisit 20ml. Lu harus inget. Semakin sering dikeluarin. Akan semakin sering keiisi. Titik. Kalo bisa malah extremenya per 2 jam sekali.
  3. Ciptain suasana yang tenang dan senang. misalkan pompa sambil chatting. Iya. lu kudu belajar multi tasking. ahahaha.. gw bahkan pompa PD kiri pake breast pump, PD kanan gua perah. berbarengan. sesekali sambil chat. hahaha.. kalo kaga baca blog di HP.
  4. Sekali lagi bukan gua gak percaya sama booster asi. Awal2 pompa gua minum suplemen asi dari dokter (lactamom), trus makanin daun katuk, bayem, pare, sayur ijo2, plus minum susu kacang tiap hari. Tapi semuanya itu gak sebanding kalo gua lagi seneng. Jadi gua percaya emang rasa seneng itu memicu banyaknya asi. Inget yah para bapak2 buat istri seneng. HARUS! daripada beli sufor kan yah? hehehe
  5. Khusus untuk ibu yang akan balik lagi kerja, makin awal stock asi, makin baik. Kadang banyak yang terlena saking asik latch on, jadi gak mau pompa, tinggal 2 minggu baru stock asi. Enggak telat sih. cuma kan kejar tayang. Kalo kejar tayang pasti pikiran kita jadi gak positif lagi kan. Ujungnya jadi merasa produksi kita dikit. Gua 9 hari melahirkan langsung stock asi. Lebay? Emang. hahahaha..
  6. Dalam proses menyusui pastinya ada banyak hambatan dari orang2 sekitar. bener deh. Tapi jangan hirauin dan mending curhat sama temen2 yang lagi sama2 berjuang. Niscaya bakalan kembali semangat. Boleh juga kok nanti curhat sama akyuuu.. *kedip manja*.

Awal2 melahirkan ASI emang masih dikit banget. inget. Bayi itu emang minumnya dikit. lebih banyak tidur. Jadi gak usah takut dan kawatir.

Eniwei, Gua nulis post ini bukan buat belagu2an atau sombong. Beneran deh. Gua cuma share apa yang lagi gua alemin. Perjalanan pompa mempompa gua juga masih panjang. Clay aja baru 2.5 bulan. hihihihi.. Tapi semoga gua juga bisa konsisten e-ping. IMG_20151117_130655_1447740509444

IMG_20151123_164140_1448271748083

ketika stock masih pertengahan november. Sekarang gimana? Udah gak muat sodara2, Perhari ini, gua udah donor asi ke temen gua. Puji Tuhan banget yaaa.. awalnya nangis2. sekarang bisa donor. Sekarang kalo liat kulkas bawaannya bingung mo ditaroh kemana botol asip gua. hahaha.. dari yang awalnya beli 125 botol ASIP. Sekarang nambah jadi total 200 botol.

Ayo mana suaranya ibu2 yang mau e-ping??? hihihihihihi Semangatttt!!!

Maminya Clay..

IMG-20151126-WA0005

Si Gembil..

Advertisements
Posted in ASI

37 thoughts on “[E-Ping] Exclusive pumping

  1. Halo Epi,

    Saya juga lagi menyusui kebanyakan direct dan hanya pumping kalau malam. Kalau lg rajin bisa jam 12, 3, 6 tp kebanyakan ga bisa krn saya hbs pump suka langsung tidur krn ngantuk jd pompa nya blm dicuci steril utk pemakaian selanjutnya. Ada saran ga bagaimana km bisa selalu rajin pompa? Makasih..

    1. Sebenernya bagus kalo bisa 22nya. Pagi direct. Malem pumping. Sama sih. Aku jg kadang ngantuk bgt. Kadangnya suka kelewatan jam pompa. Kalau aku pribadi cm berfikir clay butuh makanan. Dan sumber makanannya yah aku. Sama mikirin harga sufor. Takut gak sanggup beli. Ahahaa.. *gak bantu banget ya*

      Eniwei.. Sebenernya jorok sih ya. Aku pompaan malem gak selalu di steril. Cm cuci pake air mengalir aja. Dan di lap pakai tissue kering. Toh aku pikir yg penting itu PD sendiri gak nyampur sama org lain. So far sih sejauh jni gpp. Jadi abis pompa gak terlalu cape untuk cuci2 dan nungguin steril.

      1. ikutan nimrung.. dulu gue kalo pumping malam itu alat pompanya setelah dipompa dimasukin ke kotak, ditutup rapat n masukin ke kulkas, 3jam lage baru keluarin ketika mao pompa..pernah baca2 begitu soal e.. gk sanggup kakak kalo pompa cuci steril berulang trus.. habis waktu..haha..

      2. Boleh juga nih ide dimasukin kulkas. Aku sih kaga. Cuma abis di alirin air. Lap tissue terus dibungkus tissue sampe mau pompa berikutnya.

  2. yang susah itu konsistennya sih emang… waktu awal2 semangat 45, makin kesini gua makin males hahahaha.. apalagi sekarang jayden minum juga ga gitu banyak, plus dia kadang ga mau sama sekali minum asi yang diperah2 gitu, maunya nyusu langsung mulu… gua makin males mompa hahahaha… dan mendingan ga usah pasang target… dulu gua yang penting lewat 6 bulan, trus lewat 1 tahun, dan jayden masih ASI tuh ampe sekarang… kalo ditargetin suka keburu stress duluan hahahaha…

    1. Iya emang musti konsisten mel. Ahaha.. Gw kadang jg suka kelewat kok jamnya. Ahahaha.. Enak ya. Kalo clay emang udah gak mau lagi. Udah beberapa kali di kasih tetep nolak. Dan gwnya jg udah keburu males. Ahahaha.. Iya gw juga udah gak masak target. Jadi dijalanin aja.

  3. beuuuuhhhh ..
    mantep bangetttt ya ciii, yg dulunya susah payah mau kasih asi ke si Baby Clay, ehhhh sekarang malah kebanjiran asi ..jempol bangetttt deh Mommy satu ini ..
    udah dapet banyak pelajaran banget ya ciii ..
    sehat terusss ya Baby Clay, sedot terussss yg banyak ya dek asi nya :p

  4. belle juga kurang suka asip pake botol, untung mertua yang jagain sabar n mao kasi susu pake media sendok.. tapi tetap aja minumnya sikit.. jadi skrg pompanya cuma 2 x sehari.. hihi..

    1. Iya. emang ada anak yg kaya gitu. Gak doyan asip yg udah lama apalagi yg udah pernah dibekuin. Untungnya clay masih mau asip beda 2 bulan. Makanya skrg muterin asi aja. Takut gak doyan.

  5. heloo gw baru merapel baca 3 postingan lu trakhir (iye blakangan sibuk banget sampe ga sempet BW hehehe). Gw komen jadi satu disini aja untuk semua postnya ya

    Intinya emang jangan stres. gw sendiri sukses nyusuin asix yg anak kedua, gagal di anak pertama *dah gw perna crita di blog gw taon 2009 haha*. Anak kedua gw lebih gak ngoyo, dan gw gamau ikut group milis asi juga (emang bener bikin tambah stres ikut group itu wkwkwk). Awal2 gw juga stres karena asi gw super dikit, taunya dari pipis anak gw kurang (sehari cman 3x pipis). Beruntung dapet donor asi dari ipar gw sendiri 😀 Emang bener abis dapet donor itu, jadi lebih tenang. Walo sekantong doank kan bisa dicicil2 ngasi nya, klo berasa babynya ‘minta’ terus2an dan ga kenyang2 baru stok donor itu gw kluarkan. Trus lama2 gw kombinasi nyusu langsung n perah. Supaya pas dia disusui langsung ga kenyang2, gw sambung pake botol asip gw sendiri. Dengan punya stok, gw jadi lebih tenang dan hasil stok gw tamba lama tamba banyak..

    Sebenernya gw bukan ibu dengan asi yang berlimpah. Skali pompa paling banyak yg gw perna dapet ya 120 cc, biasanya 80-100cc. Tapi krn gw nyusuin langsung juga, asip itu cuma kepake kalo pas gw pergi, jadi ya tetep stoknya lumayan banyak (hanya dengan gw pump sehari 2-3x dan sisanya nyusu langsung). Anak gw asix sampe 1 thn, skarang dah campur sufor (26 bulan) dan gw lagi bingung nyapihnyaa wkwkwk

    Soal judgment, emang slalu ada lah. Ibu2 kan punya metode sendiri2 yg dipercayai sendiri2 hehehe. Orang gw aja nyusuin langsung, ada ibu2 yg eping kaya lu mengernyit “ih apa gak bikin payuda*a km kendor sihh?” ato ada yg tau james blom disapih komen “haa? masi nyusu?? jijikkk ik” hauhauhaha. Biarin aja lah, as long as u and baby are happy 😀 wkwkwk

  6. Poi… kalau gue terus terang paling ngga bisa kasih tips ASI di blog dengan cara detail, apalagi kasih foto ASI yang banyak. Ini bukan karena soal ASI gue banyak or sedikit, tapi menurut gue, soal ASI itu sangat-sangat personal. We just can’t generalize kalau dengan metode yang sama, maka hasilnya akan sama.

    Kunci dasar nomor satu memang tidak boleh menyerah dan konsisten, dan menurut gue kunci selanjutnya adalah, jangan kebanyakan dengerin tips dari kebanyakan orang atau kebanyakan baca sana sini, karena bisa membuat gila sendiri. FYI, gue termasuk yang lulus ASIX 6 bulan, 1 tahun, tetapi putus di bulan ke 20 karena anak gue sendiri yang udah ngga mau mnm, bukan karena gue yang putusin, dan buat gue yang ASInya pas-pasan, itu udah sukses luar biasa. Tapi bagi orang lain, bisa kasih 6 bulan aja sudah prestasi, karena banyak juga ibu-ibu yang kegiatannya mungkin tidak sama dengan kita. Despite dia sudah berusaha mati-matian, tetep nggak bisa dapat banyak.

    Buat gue sendiri, kenapa gue gak mau pasang foto ASI berlimpah (walaupun sempet ada banyak di kulkas gue jg), adalah, most of the time saat gue sempat melihat orang lain ASInya bisa berlimpah ruah sementara hasil gue sedikit, gue malah tambah berkecil hati. New moms usually have more sensitive feeling. Ternyata bukan gue doang yang mengalami, banyak banget! Gue malah baca di artikel AIMI, kalau memang org yang memajang foto ASI berlimpah, sering membuat depresi ibu-ibu lain yang berjuang karena makin mempertanyakan dirinya sendiri, merasa dirinya melakukan kesalahan terus menerus.

    Anyway, gue bukan bermaksud kasih rain on your parade ya Poi. Cuma ungkapan jujur dari seorang Ibu yang dulu pernah mengalami gimana rasanya kesusahan ngumpulin ASI, dan mendengarkan secara langsung kesedihan ibu-ibu lain yg sama-sama berjuang. So, you might wanna put it also into consideration. Thanks for sharing your wonderful breastfeeding experience, hopefully it will encourage moms out there, and happy breastfeeding!

  7. Poi, bener bgt yg U bilang soal hati bisa mempengaruhi banyaknya asi. Gw biasanya pumping naek turun, tp pas suasana hati happy n tenang tau2 gw liat hasil pumping ud lumayan meningkat.
    Hahahaha gw sampe tunjukkin postingan U ke laki gw biar dia percaya n bikin gw happy wkwkwkwk biar asi tambah banyak.
    Trus yg supply by demand itu jg bener bgt makin gw sering susuin/pompa kayaknya asi gw bertambah.
    Hahahaha smoga gw bs kaya U nyetok smp banyak. Thanks infonya ya 🙂

  8. Eviiii…
    Untunglah jaman sekarang era sosial media yang mana kita bisa dapet berbagai informasi lengkap buat ngejawab keresahan kita yaaah 😉

    Jaman aku menyusui Kayla dulu, kayaknya aku kurang browsing gitu karena masih belum jaman fesbuk & sosmed dan belum jaman smartphone *omg, aku sudah uzur*

    Makanya Kayla dulu gak full Asi Viii, aku campur sufor dan masih nyesel sampe sekarang hiks….

    Untunglah waktu jaman Fathir aku udah mulai sering browsing dan cari2 info, jadi Fathir bisa full asi 2 tahun 🙂

    Semangat terus yaaah mommy Clay! Fighting 🙂

  9. 😦 😦 gue udah beli soft cup feeder. Karena baca di group fb “NGASIH ASINYA PAKAI MEDIA APA?” Bener gak sih mom kalo pake botol susu nanti jd bla bla bla dan bla bla bla..?
    Sekarang lg stress karna baby cuma mau nyusu di 1 pd. 1 pd gue pump terus sekalian buat stock ditinggal kerja. dan bener banget gue lg mikirin latch on sm nenen yg 1 nya. Sampe jd nggak happy kalo punya baby!! #langsung keluar dr group sebelah
    thanks mom sharingnya, you are the real mpv! 🙂

  10. Hi epi.
    Bener sekali, kunci eping adalah konsisten, dan jangan dengerin kata orang 😁. Saya juga eping mom untuk 10 bulan, krn anak saya bingung puting. Dan dua anak saya asix sampe 18 bulan aja. Yg pertama krn saya hamil lagi, yg kedua karena anaknya udah males minum asip. Jadi ya lama2 males pumping lg :).
    Semangat eping 😄😄

    1. Thank you ci. Iya konsisten emang kuncinya sih yah. 🙂 aku juga kadang kalo lagi ketemu males dan ngantuk, kayanya pengen skip aja. tapi kalo inget asi mungkin bakalan kurang or berenti jadi takut, eh gak males lagi. hehehe.. thank you yah:)

  11. Saya ibu eping dari anak umur 2w dan saya bangga ahhahhah *songgong yakk*
    lahhh habisnya anak ndk mao nyusu dan gw bukan type ibu yang sabar buat telaten nyusui jadi ya wes drpd anak dikasih sufor marilah kita sedikit merepotkan diri dengan pumping asi buat anak kita minum…

    berat? pasti
    capek? pasti banget
    tp klo mao asi ngucur terus ya konsisten dan konsisten
    plus jgn terlalu muluk2 pasang target

    Tos poy sesama eping hahahha

    1. hahaha.. sama sih mir. gua juga eping dari beberapa hari. wkwkwwkkw. 😀 mau gak mau yah mir, daripada sufor, lagian gak ngerepotin orang lain juga. lol. toss dulu lah mir.

  12. g keknya emang ga bakat asi, sama aja kek pas hamdun Z, udah masuk 6bulan pd enggak ada bengkak2nya hahaha.. alamat asinya dikit lagi deh~ wkakakaka… semangat terussss~

  13. Salam kenal ya Pi… Selama ini silent reader nih…
    Kebetulan gue jg baru melahirkan n lagi berjuang ngasih asi…
    Hebring oi bisa nabung begini banyak. Baby ku baru 10 minggu so far sih exclusive pumping jg.. tp blm bisa nabung kaya elo..
    Semangat!! 🙂

  14. Hi mba epi, baca blog ini jd semangat buat eping. Aku udh jalanin eping kurleb 1bulan. Mau nanya, puting gpp kah di pompa berkali2 dlm sehari? Puting aku suka berasa nyeri setelah mompa.

    1. Haii mba fitru.. seharusnya gpp. Aku dulu sehari 8x pompa. Kalau berasa nyeri. Berarti kurangin tarikan pompanya. Mungkin terlalu kuat, jadi nyeri. Sampai batas nyaman saja. Atau bisa jg sehabis pumping, PD di kompres air hangat biar enak. Semoga membantu.

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s