Tips seputar ASI

8 Desember 2015

Judulnya seolah-olah gua udah expert dibidang ini yah. wkwkwkwkw..

Sebenernya gua gak pede banget sih nulis ini, karena awal2 menyusui kan gua sempet baby blues sampe2 gua sendiri nerima Donor ASI. Sebenernya bukan karena gak keluar, tapi gua udah keburu sutris, karena Clay gak bisa latch on karena udah di vonis P*ting rata dan anaknya sendiri maunya mingkem doank *fiuh*. Sedangkan kayanya dia mau minum terus, sedang gua pompa udah gak sebanding dengan yang dia minum.

Belum lagi lingkungan sekitar (which is Nyokap gw sendiri) beberapa kali selalu bilang (mungkin) ASI Gua gak ada kali. Karena dia bilang, gua ini baru lahir udah nyicip sufor karena asi nyokap gak keluar. Eniwei, penting buat diketahui, walau nyokap kita gak kasih kita asi, bukan berarti kita juga gak bisa kasih asi. Beneran! Gua udah buktiin!

Memang di awal menyusui gua menggunakan Nipple Shield (Pelindung P*ting kalo lagi lecet) demi supaya Clay bisa latch on (rekomendasi dari suster). Berhasil gak poi? Iya berhasil, tapi jangan seneng dulu, itu cuma sementara, Kalau gak salah sampe semingguan, abis itu Clay kayanya mulai sadar merasa “dibohongin”, hehehehe..

Beruntung gua ini seorang blogger yang sering curhat. Hahahaha.. jadinya gua sempet posting kalo gua gak bisa latch on, Aina merespon kalau Melissa pernah mengalami hal yang sama, dan guapun contact Melissa. *Maacii blogger senior, sujud sungkem*. Setelah contact guapun nyari2 info tentang nipple sharper (alat untuk “memunculkan” p*ting) dan ketemu Medela Former.

IMG_20151010_180744_HDR

Bentuknya setengah lingkaran seperti PD. Cuma lapisan belakangnya terbuat dari silikon dan bagian depannya dari plastik. Cara penggunaannya gampang. Pasang bagian belakang dan depan jadi 1, lalu taruh didepan p*ting (dibagian tengah yang bolong) di selipkan di dalam br* menyusui (disarankan jangan br* biasa). Sebenernya Former ini lebih baik digunakan sebelum lahiran, jadi sehari pakai 6-8 jam, semacam latihan buat p*ting biar pas lahiran udah “ready”. Berhubung gua udah lahiran, tapi gak ada kata terlambat untuk memulai. *tsah, sambil kibas beha*.

Berhasil gak poi?? Berhasilll! Berhasil!! Berhasill!! Gak sia2 keluarin duit last minute dan gua pake 2 jam sebelum menyusui, dan kelar nyusuin, gua juga pake lagi. Cuma hati2, jangan sampe kita nunduk pas lagi pake medela former ini, karena ketika p*ting kita lagi dilatih untuk keluar, disaat itu, asi juga akan menetes dikit2 dan terkumpul di bagian bawah former, kalo diperhatiin, bagian depan former ada yang bolong, fungsinya sebenernya buat jalur udara, tapi kalo asi kita yg netes itu terkumpul dan kita nunduk, kebanyakan asi itu keluar dan membasahi baju kita. *seringnya gua kelupaan kalo lagi pake, karena emang gak berasa banget*.

Jadi tips gua pertama buat busui yang punya p*ting rata adalah beli Medela Former *ini gak promosi dibayar*. dan bukan Nipple shield (kalo ini jaga2 aja kalo emang p*tingnya lecet).Sekarang gua udah ga pake lagi. kalau ada yang butuh bisa contact ya. 🙂

Terus udah itu aja tipsnya poi? Oh kaga. masih ada. hahaha..

Setelah sukses menyusui langsung, tiba2 gua dikejutkan oleh growth spurt (bisa googling) intinya Clay maunya nyusuuuuuuuuu terus. bahkan tengah malam buta. Duh teler banget gw. Gua yang tidur 1 ruangan sama nyokap, dia jadi terganggu dan nyaranin untuk kasih asi dibotol.

Iyap. gua kasih dibotol. Gua bukan orang yang tipe idealis. bahkan gua udah punya 15 botol susu. Dan gua juga udah harus siap karena nantinya toh juga bakalan balik kerja. Awalnya siang nyusu langsung, malem pake botol. Hidup aman tentram dan terkendali. Cuma gua terlalu asik dengan botol, sehingga gua sendiri agak males untuk kasih nyusu langsung. Hihihihi.. ayo judge me. lol.

Sebabnya kenapa? karena clay kebanyakan tidurnya daripada nyusunya. hahaha.. cuma isep dan 5-6 kali tegukan abis itu tidur, seolah2 PD gua itu ada obat tidurnya. Gua jadi capelah. hahaha (emak males). bahkan pernah waktu itu hampir clay terlepas dari gendongan gua karena gua juga ketiduran pas nyusuin dia. (for info, gua gak bisa nyusuin sambil tiduran, pasti sambil duduk). Dari situ gua udah siap deh kalo si clay gak mau nyusu langsung.

Sedih ga? sedih sih. hahaha.. cuma badai pasti harus berlalu. lol. kalo banyak yang bilang kalo nyusu gak langsung nanti gak tercipta perasaan sayang dengan si anak, kepret ajalah. Walau sedih, gua tetep percaya apapun media untuk kasih asi, tetap akan terjadi perasaan sayang dan bonding dengan si anak. Lah elo pompa asi aja kan sebenernya itu juga hasil perasaan sayang elo ke anak. kalo kaga sayang mah, gak bakalan dikasih minum. hahaha..

Tips gua yang kedua.. Lakukan apa yang menurut elo yang terbaik. gak usah terlalu banyak dengerin orang. Mo nyusu langsung, mo kaga. mo kasih pake botol. mo kasih pake cup feeder, itu urusan masing2 pribadi. gak ada urusan sama orang lain. titik.

Sekarang gua resmi jadi sapi mama perah. setiap 3 jam sekali tanpa absen seharipun untuk pumping bahkan subuh2, nama lainnya e-ping (exclusive pumping). ahahaha.. cape? BUANGET! tapi kalo teringat susu formula.. aku langsung semangat lagi. ahahahaha.. Hmm.. sebenernya keberadaan susu formula juga gak salah2 amet sih. hahuauaha.. cuma gua udah keburu jiper sama harganya aja kalo anaknya nanti kudu minum sufor. hahahaha.. jadi diusahin aja untuk kasih asi. Toh emang asi makanan yang terbaik kan. 🙂

Tips gua yang ketiga.. Penting banget keberadaan Pompa asi walaupun itu manual. Awal2 melahirkan PD itu lagi adjust banget (gampang banget untuk keras kalau kita gak nyusuin). Dan gua ingetin prinsip kerja asi itu adalah Supply by Demand, kasar katanya semakin banyak dikosongin, asi semakin banyak.

Jadi abis lahiran pasti cepet banget kerasnya, karena emang anak kita porsi nyusuin masih sedikit. Nah ketika PD keras dan lagi gak nyusuin, mending dipompa. Biar kuantitas PD tetap banyak. Nah, kalau kita gak pompa, PD nanti akan menemukan keseimbangan, sehingga nanti gak akan cepat kerasnya. Sebenernya gpp juga sih. Karena PD walau gak keras bukan berarti gak ada asinya. Cuma maksud gua, kita jadi bisa punya supply asi yang banyak. jadi contohnya gini.. PD kita kalau cuma disusuin keluar 30 ml, jadi nanti “akan diisi” lagi 30ml. Kalau kita susuin dan pompa keluar 60ml, nanti “akan diisi” lagi 60ml. intinya gitu (gua juga susah jelasinnya).

Tapi jangan batesin asi seolah2 kaya air. abis disusuin trus kita pikir bakalan kosong. enggak. semakin terus di susuin, asi gak akan habis2. karena emang adanya permintaan dari bayi. ingat patokan asi banyak itu bukan terlihat dari besar atau kerasnya PD. Jadi kalo abis pompa anaknya tiba2 laper, yah susuin aja langsung jangan dikasih hasil pompa.

Tips gua yang keempat.. menyusui itu bisa berhasil, bisa kaga. Tergantung kebulatan tekad kita. Cari orang yang elo kenal dan emang yang berhasil dalam proses menyusui, minta kira2 apa yang membuat dia berhasil dan coba kita ikutin. Sebisa mungkin berfikir positif kalo kita bisa kasih asi. dan jangan kasih patokan terlalu jauh harus asi 2 tahun, jalanin dulu 3 sampe 6 bulan pertama, kalo lulus lanjut 1 tahun. Jadinya kita juga gak terlalu beban.

Jangan langsung termakan jualan online di IG untuk beli booster a,b,c, Karena menurut gua.. booster asi itu yah cuma boost aja, bukan semata2 dari situ asi kita jadi banyak. Bukannya gak boleh coba sih, yah silahkan aja.. toh menurut gua sebenernya itu dari mindset aja, “asi gua bakalan banyak nih kalo gua minum ini”, Kalaupun memang banyak, yang bener karena menyusui itu musti seneng, musti pikir positif. Jadi ibaratnya kalo lu naroh pikiran positif di air putih bakalan bisa bikin asi banyak, yah bisa juga.

Mo tau gak booster asi gua itu apa? DIAJAK JALAN KE MALL SAMA SUAMI. hahahahaha.. iyap. kalo gua pompa di nursery room gak sampe 30 menit tau2 udah 200ml aja gitu. hahahahhaa.. fixed lah kita ke mall tiap hari. *ditoyor jp*.

Dan jangan nyari temen yang freak sama asi. Hahahaha.. *lirik group di FB*. Yang ada elo ikutan parno. Gak boleh pake botol, gak boleh pake empeng. dikasih sufor 1 kali kaya dituduh ngeracunin anak sendiri. *lanjut leave group*. kalo ada yang nanya supply asi “kayanya” berkurang langsung si admin nanya KASIH ASINYA PAKE MEDIA APA??? Ih, pengen gua banjur pake asi. *pinjem istilah teh erry*. Seolah2 botol itu nista banget yah. hahahaha..

ih, tau2 curcolan gua udah banyak aja.. segitu dulu tips gua. next post (kalo sempet) bakalan post tentang pompa mempompa.

Buat busui semangatttttt!!! kita pasti bisaaaaaaa!!!! *lirik mira, rere, ping2, dan calon busui yang akan nyusul *lirik manja ke group*.

Advertisements

29 thoughts on “Tips seputar ASI

  1. Makasih tips lengkapnya Suhu PerASI an.. Haha.. Beneran jadi semangat loh mencontoh kasus elo.. Apalagi yang tau dari awalnya elo sempet galau2 putus asa sampe bs nyetok2.. Hehe..

  2. Semangat ya Epi, jauhkan pikiran dari lingkungan yang malah turn down the mood.
    Tapi bener banget kamu soal supply by demand dan positive thinking untuk mau kasih ASI ke baby.

    Temen gw banyakan pakai sufor, karena sudah menyerah duluan dari awal, gitu ga bisa keluar asinya…langsung pasrah, beli susu formula dan keterusan deh….sayang ya. sayang duitnya sih, haha. Bisa buat beli stroller kali, kalau ditabung ^^

    mana wefie sama Clay nya? ^^

  3. yes smangatttt!! kudu mikir positif kalo bisa kasi asi buat B ya poi *poin nykp ga kasi asi en nurun ke gue ga bisa itu suka bgt poi kepikiran 😦

    booster asi yang dijual di OS emank suka buat mupeng poi terlbh kalo baca testi org2 cuma kalo liat harganya gue mundur deh, hahahaha gue pake cara biasa aja nanti kayak bnyk minum air putih en makan yg kuah 😀

    thanks for sharing poi, muahhh!! sharing di postingan tow di grup, bner2 bantu en semangatin gue nii buat bisa ngasi asi 😀

    1. Aminnnn!! Pasti bisa wi. Gak jaminan kok walau nyokap kita gak asiin kita.

      Iya banyakin air putih dan berkuah. Inget asi juga 95% dari air. Hehehe..

  4. senasib nih , yg jelas emang kombinasi baby blues , puting rata ama bingput ini yg bikin gagal ngAsi nya ya hehe . . mungkin jadi pembelajaran buat anak kedua kita lebih merawat puting sejak hamil , biar kenyotable wkwk

    1. Ahahaha.. Kenyotable. Lol. Iya emang kalo kombinasi diatas ditambah gak ada yg support emang bikin gagal asi. Makanya harus nyari temen yg lagi sama2 berjuang. Jadi bisa saling menyemangati

  5. Ahhhh, saya baca ini lebih tenang.
    Jujur aja ada sedikit rasa was-was tentang pemberian ASI sesudah melahirkan nanti, tapi namanya perjuangan ya mba, harusnya jangan dihakimi ya… mudah-mudahan saya juga bisa memberi asi selancar dan se happy mba 🙂 🙂
    Terima kasih untuk sharingnya

  6. Baru tau ada alat untuk membantu biar puting bisa maju, soalnya gue juga puting rata *kayaknya, ga tau deh kalo buat jadi busui cukup memadai apa ngga :P*
    Makasih ya ci postingan ini menambah wawasan banget loh *buat ntar di suatu hari nanti hihihi*
    Buset dah tuh ibu-ibu di grup FB galak amat. Woles ibuk-ibuk, woleeessssss.
    Hahahaha 😛

    1. Harusnya nanti pas udah hamil dibulan berapa bisa konsul laktasi. Disitu bisa diliat putingnya termasuk rata apa enggak. Kalo gw dulu gak sempet konsul laktasi jadi yah agak telat gitu. Hahaa..

      Iya. serem2 ibu2 yg freak asi.

  7. Poi hebat bgt U, sekali pompa bisa sampe 200 gw aja ga sampe segitu wkwkwkwkwkw…
    Gw asi pas2an lah asal cukup udah bahagia gw, mau lebih banyak lagi gw jg bingung makan udah banyak hahahahahahaha.
    Btw mau donk gabung di grup wa, biar bisa sharing2 soal susu menyusui 😉
    gile itu ibu2 di fb, galak2 amat yak. Menurut gw sih mau medianya apa juga yg penting anak sehat n kenyang ya ngga poi wkwkwkwkwk.

  8. gua pernah tuh hampir menjatuhkan jayden gara2 ngantuk berat, apalagi pas masa2 dia growth spurt… akhirnya gua belajar nyusuin sambil tidur, yang berakhir dengan co-sleeping… bye bye crib dah… biarinlah dibilang ibu pemalas juga hahahaha…

  9. curcol lagi nih sis , aq dlu kan gagal ngAsi juga(pumping doang tp jg cmn dikit). dulu krn lairan di mertua , ga kerasan bgt jd sempet ngerasa penyebab utama gagalnya disana.tp ternyata sis lairan di rmh sendiri jg ttp ga berhasil ya. berarti sebenernya ya gara2 si puting rata ini deh , si adek emang lebih sulit ngisepnya walau asi banyak. akhirnya krn pke dot lebih mudah , jadi lah bingput. dulu pas pumping puting emg nonjol , skrg adek dah 2 thn juga balik ndlesep lagi. perjuangan mak dgn puting rata nih, usahanya harus lebih extra nanti , btw medela former berapaan sis ?

    1. Iya bener. Puting rata emang susah yah. Pengaruh anaknya jg rada gak mau ngeyot. Giliran pas udah bisa, eh keenakan pake botol. Hahaha.. Iya nanti kalo hamil lagi pas 8 bulan pake medela former. Seinget saya kayanya 110rb. Coba ada search.

  10. akhirnya punya waktu buat online.. haha.. #salahkankerjaan

    gue anak pertama juga e-ping, jangan ditanya capenya lol.. kemana2 bawa tuh pompa.. haha.. akhirnya stop di bulan ke 19 hihi.. soalnya si anak juga uda bisa minum UHT, kondisi gue yang perlu antibiotik dan plan hamil ke-2 *secara tamu bulanan absen dari hamil sampai menyusui*..

    semangat poi.. uhuii..

    1. Hehee.. Iya. Pompaan its a must yaaa.. Selalu ada didekat PD. Ahahahaha. Iya akh rencana gitu. Kalo udah bisa minum UHT bakalan mau stop. Hehehe.. 😀 semangaaaat!!!

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s