Birth Story :) – Part One

24 September 2015

Heyyyyy kamu yang ada disana.. kangen gak sama akuh? hihihihi.. 😀 Rasanya udah lama banget gua gak ngeblog dan boro2 blogwalking.. megang HP aja susah kakak.. LOL. Trus sekarang lu punya waktu gitu?? Hahaha.. dipunya2in. wkwkwkwkwkw.

Sebelum bener2 lanjut ke Birth Story gua mau inget2 Jadwal Check up ke 38w dan 39w secara singkat. *halah*.

12 September 2015 – 38w 4D

Pagi sebelum Check up, gua ikut kelas Pre-natal di Hermina, intinya kelas ini ngejelasin proses dari terbentuknya janin sampe lahir dan pengetahuan2 umum buat orang yang baru pertama kali melahirkan. Sore harinya gua balik lagi buat check up, Berat badan : 62.9, Hari itu entah kenapa tensi gua tinggi. Ini pertama kalinya di tensi 140/90, Susterpun diem sambil ngecek berulang-ulang. dan suruh gua duduk istirahat dulu. Gak lama gua dipanggil lagi untuk tensi tapi tetep 140/90. Suster minta gua untuk segera ke bagian laboratorium untuk ngecek Urine protein apakah Negatif atau Positif. Abis kelar ambil urine, gua langsung donk yah gua gugel aja.. Yah ampun ternyata kalo positif itu artinya gua kena pre-eklampsia *for info gugel sendiri aja ya*. Duh, ngeri banget. Sembaring nunggu hasil, gua doa semoga gak positive. Dan kalo positivepun setau gua kudu harus dilahirin segera. Puji Tuhan setelah nunggu 15 Menit, hasilnya keluar dan negatif.

Pas giliran gua masuk, gua langsung info dr. Budi tensi gua tinggi dan kaki rada bengkak, tapi di cek urine protein negatif. Lalu dr Budi segera USG gua. Sejauh ini BB Bayi 2854 gram *akhirnya ada kenaikan hampir 250 dari bulan lalu*. Semua detak jantung, Aliran darah ke tali pusat juga lancar, Plasenta juga keadaan bagus, air ketuban juga cukup. Dokter cuma bilang.. mungkin gua terlalu kepikiran jadi membuat tekanan darah gua cukup tinggi. Apalagi ini kan emang udah mau mendekati lahiran ya. Hehehe..

Per hari itu, dokter gak nyaranin untuk induksi, tapi suruh gua untuk nunggu mules sendiri karena HPL gua juga masih 1 minggu lebih 4 hari. Wokehlah gua pulang dengan penuh keresahan. Hehehhe.. Jujur gua emang ngalemin ketakutan sih. Jauh dilubuk hati gua *tsah*, gua pengen banget ketemu Ucil, apalagi kalo udah malem menjelang tidur, rasanya udah gak sanggup juga bawa2 gembolan didepan semakin gede dan semakin enggap. Tapi kalo udah pagi.. gembolan ini lebih bersahabat, dan gua masih merasa belum siap ngadepin persalinan. *emak galau*.

Dan pertanggal 14 Sept gua mulai ambil cuti dan tinggal sementara di rumah nyokap..

19 September 2015 – 39 w 4d

Lagi2 tensi tinggi, malah lebih parah dari minggu lalu.. 140/100. Dokter langsung suruh test urine lagi. *korek2 dompet*. Dan tetep hasilnya negatif. BB gua turun 800 Gram jadi 62.1 tapi untungya Pas usg BB Ucil udah 3034 Gram! Horeeee.. Dokter tetep merasa gua terlalu banyak pikiran. Langsung gua jawab.. iya dok.. saya takut! Iya serius.. gua takut. Harus gua akuin, bahwa dibalik fisik gua yang kaya preman tapi hati gua ciut kaya kerupuk menjelang lahiran. Gua takut diinduksi dengan kadar mules yang mungkin gak bisa gua tahan. Gua takut udah cape2 diinduksi sampe bukaan gede, tau2nya ujungnya caesar *ini sih mikirin biayanya yang double charge*. Gua takut gua gak bisa ngeden, sehingga mungkin palanya ucil stuck sehingga mungkin harus divakum. pokoknya banyak ketakutan yang gua udah pikirin padahal itu belum terjadi. Yah.. thats me.

Dan keselnya hari itu.. sodara2 dari pihak Jp nanyain terus gimana kabar dan kondisi gua.. bisa lahirin apa kaga, dll. banyak pertanyaan2 segudang lewat WA group yang membuat gua sebenernya makin takut. Gua ngerti mereka juga exciting nunggu kabar gembira.. tapi mreka gak tau apa yang gua rasa. Dan sebelnya Jp selalu infoin apapun kabar gua ke keluarganya.

Dan perhari ini, gua diminta CTG untuk mengetahui seberapa sering kontraksi gua, dan dari hasil itulah nanti dokter bakal nentuin apa.

IMG_20150919_173835Pertama kalinya gua di CTG.

Setelah kelar CTG gua balik lagi kontrol ke dr budi.. Rasanya gua tau hari itu bakaln menjadi hari yang panjang buat gua.. karena gua udah yakin.. ini waktunya gua lahiran.. Hasil CTG menunjukan gua cuma sedikit kontraksi, dan semuanya masih batas normal karena dr tetep bilang HPL gua masih ada beberapa hari lagi.. tapi kalo gua udah gak sabar, yah gua bisa diinduksi. Bisa masuk malem ini, atau besok pagi.

Hati kebat-kebit dan mutusin mau masuk malem ini juga, karena mikir diinduksi tetep ada prosesnya, takutnya semakin lama gua masuk rs, semakin lama gua lahiran. *ceritanya sok berani*. Malem itu, gua masih minta Jp pergi ke Gading makan Ippeke. Dan tiba2 galau mau masuk besok pagi aja. hahahahaha.. betapa gundahnya hati gua. Sebenernya gundah karena baru tau, kalo gua masuk sebelum jam 12 malem, gua bakalan kena biaya tambahan kamar setengah hari.. Kan rugi jadinya donk. Enggak.. enggak.. bukan karena harga kamar juga kok. gua bener2 takut. hahahaha.. Jp liat sesekali gua bengong pas makan ippeke. trus dia semangatin gua, gua pasti bisa. ini proses alami wanita dan emang bisa lahirin. Gua gak usah takut. tau-tau aer mata gua ngalir aja gitu. trus gua bilang gua beneran takut. takut sakit, takut gak bisa ngelewatin proses lahiran.

Pagi itu gua beneran dateng kerumah sakit. Iya, Jam 2 pagi. *sekali lagi antara mikir rugi harga kamar, sama gua maju mundur mau masuk rs pagi aja (pagi jam 7)* tapi jp bilang.. “kamu semakin lama nunda.. kamu semakin takut dan kamu makin mikir macem2.. pokoknya kamu aku temenin.. aku ada disamping kamu apapun yang terjadi.. kamu jangan takut”. Yah udah, gua buletin tekad, gua pasti bisa dan langsung berangkat ke Hermina.

Jam 2 pagi gua disambut satpam Hermina yang mana.. biasanya orang lahiran tengah malem kan udah mau brojol sama at least udah ketuban pecah.. tapi gua dateng dengan celana pendek, sendal jepit dan masih bawa backpack kaya mau kemping. 😀 wkwkwkwkw.. Satpam masih nanya.. ibu kuat jalan? perlu diambilin kursi roda? gua bilang “Kaga pak, saya masih sanggup”. lol.

Naik ke lantai 2 ke bagian kamar bersalinpun gua juga diliatin suster. Hahahaha. bingung kali yah ada ibu hamil model preman dan lancai trus kaya nyerahin diri minta diinduksi supaya cepet lahir. lol.

Trus gimana kelanjutannya?? hihihihi.. lanjutin besok lagi yaaa.. *sok misterius*.

Advertisements

19 thoughts on “Birth Story :) – Part One

  1. Yahhhh bikin penasaran aja nih si ci Epoy..
    Ditunggu cerita selajutnya..
    Baca ini pagi2 ngakak sendiri..
    again, congrats ya ci udh jadi ibu..
    Selamat begadang haha

  2. Aku cuma baca doang jadi ikutan resah gelisah dan galau ci hahahaha 😛 Tapi keren euy pas dateng pake backpack LOL. Ngebayangin bumil dengan gembolan gede depan belakang hahahaha

  3. Penasaran bgt sm cerita lanjutan nya pi.. 🙂
    Jadi sesuai firasat u ya pi buat tgl lahiran nya.. hehehe.
    Sehat2 terus ya buat mommy & baby C.
    Speed recovery ya pi.. 😀

  4. kangen!!! 😀
    poi, gue ngacung jari deh, gue ngaku juga kalo mental gue pun kek tempe tahu, hahahahaha.. gue pun takut sama proses lahiran, takut sakit, takut ga kuat, takut takut dah intinya 😦

    noted nii gue kalo masuk seblm jam 12 mlm lwt kena itunga stengah hari ya poi, hahahaha ini perlu diinget *kemudian ditempeleng Jo*

    aaaaaaaaaa, we want more we want more, ayokk dilanjut poi 🙂

  5. Aaaaah tidaaaak epoyy…dipotong disaat yg seruu…kaya sinetron indonesia…wah berarti kalo uda deket2 lahiran gw boleh stress dan banyak2 pikiran ya poyy…duh mesti belajar nih malah gw orgnya panikan lg…

  6. poi, makin dipikirin memang makin buat deg-degan.. bagusnya se ndak usa banyak tau.. haha.. percaya gk percaya, dulu waktu g lahiran pertama, apapun ndak tau dan ndak banyak baca dan cari tahu soal lahiran.. haha..

    ditunggu ceritaya.. hihi.. congratz buat lahiranya .. =D

  7. gw juga jiper denger kata induksi.. katanya sakit banget kan.. Pdahal mah namanya lahiran, mau di induksi atau ngga tetep aja sakit ya haha
    Ayoo lanjutin dong ceritanyaa, aku penasaraaan.

  8. Pi, bikin penasaran ja nihhhhh…
    ayo2 donk update lg wkwkwkwkwk…
    Btw congrats ya, ud bisa timang2 Ucil skr 😀
    Baca blog U gw jadi kepikiran, gw gmn nih nanti…
    Berani apa ngga harus diberani2in ya…
    Jadi dag-dig-dug makan nasi uduk hahahahaha…

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s