[Resep] Nasi Uduk dalam Rice Cooker..

yang hampir gagal..

hihihiihi.. berani2nya gua kasih resep nasi uduk (Nasduk) yang gagal. hihihihi.. 😀 Sebenernya bukan gagal gimana.. Nasduknya sih tetep jadi dan enak, tapi endingnya tuh nasduk di kukus bukan didalem Rice cooker (RC). onion-emoticons-set-3-80 *masak itu perih jendral!*

Gua selalu masak, kalo ada seseorang yang menginspirasi gua. Bikin nasi uduk RC ini gara-gara bokap masak waktu menjelang tahun baru. Pas ditanya ke bokap, bahan2nya gampil, caranya juga sama kaya masak nasi biasa (putih), tinggal cemplang cemplung salam sama sereh.

Jadi kemaren jam 21.30, gua resmi eksekusi bahan2 nasduk.IMG_3323Bahan-Bahan :

1. 3 Cangkir Beras, Cuci bersih.

2. Santan Kara 200 ml, diencerkan terlebih dahulu dengan air *kira2 saja jangan sampe masih kental atau terlalu encer*.

3. Daun Salam 5 lembar

4. Sereh 2 Batang *Geprek dan diikat simpul biar gampang dibuang waktu nasinya udah jadi*.

5. *tertinggal* Garam, kurleb 1 sendok teh.

Cara Membuat :

1. Cuci bersih beras, Masukan Santan yang sudah dicampur air, batas air harus lebih banyak dari masak beras biasa *tapi dikira2 aja, jangan terlalu banyak juga, nanti lembek*.

2. Masukan Daun Salam dan Batang sereh kedalam beras, beri garam, dan aduk rata.

3. Masukan ke dalam RC

4. Tunggu kira-kira 15-20 menit, aduk sebentar “nasi yang hampir matang” lalu tutup kembali sampai benar2 matang.

Gampil banget kaaaaaannnnn??? Iya, gua pikir juga segampang itu! Gua pikir setelah gua masukin ke dalem RC semua perkerjaan gua jadi ringan, hidup gua indah, suami mau disuruh cuci piring dan gua makan nasi uduk pake telor iris dan taburan bawang goreng yang endes banget, pokoknya mantap banget deh bayangan gua. tapii… onion-emoticons-set-3-58  ITU CUMA MIMPIIIII!!

Gua menemukan fakta dalam waktu kurang dari 5 menit rice cooker gua langsung ke posisi “matang”.onion-emoticons-set-2-144 APAAN ENE!  Ya oloh, apa yang terjadi??? Gua nangkep kalo gua masaknya kebanyakan, soalnya ukuran RC kecil. *namanya juga tinggal berdua yaa* ditambah gua masak 3 cangkir belom lagi ditambah santen dan air. hahaha.. sukur2 gak jebol tuh RC. hehehe.. 😀 *eh, bisa minta suami beliin yang gedean kan yaa? *kedip manja*. 

Dengan cekatan gua langsung mikir apa gua bagi 2 aja kali yah masaknya.. yah secara ga muat gini. Pas liat jam udah jam 10 malem aja. ckckckckc.. Gua ambil tuh berasnya kurang lebih setengah ditaroh dimangkok, setengah lagi di masukin ke RC. Tapiiii.. lagi2 15 menit kemudian nasduk di RC kembali ke tombol mateng. Pas gua buka. posisi nasi hampir mateng (kaya abis di aron gitu). alhasil, gua keluarin kukusan tupperware, Jadi gua kembali mengkukus  nasduk selama 15 menit lagi.. hahahahaha.. Kenapa jadi panjang beginiiiii cara masaknya cobaaa.. onion-emoticons-set-3-28

IMG_3319*belum kering bener, masih gumpel kaya diaron*

Jadi pas kloter 1 gua kukus, kloter 2 gua tambahin sedikit air dan gua masukin ke RC dan pas setengah mateng gua kukus lagi kaya kloter 1. hihihihi..

IMG_3320TADAAAA!!!!

*Nasi uduk kloter 1 jadi*

Akhirnya kemaren masak dari jam 21.30 sampe jam 00.00 aja. hahahaha.. Sebenernya udah dari jam 23.30 eh tapi si Jp yang lagi nonton the lord of the ring langsung laper pas cium harum wangi Nasduk. Langsung aja deh gua buatin telor iris dan kasih bawang goreng yang udah gua masak sehari sebelumnya.

IMG_3324

Pokoknya kemaren ribet banget dah. hahahahaha.. Tapi at least semua nasduknya baik kloter 1 dan kloter 2 terselamatkan berkat RENIE! Hehehe.. untung aja disela2 buat nasduk, sempet ngobrol di group untuk dikukus aja biar lebih mantep, kalo kaga beneran deh tuh, bakalan teronggok gitu aja di tong sampah, karena gua gak kepikiran untuk dikukus. You save my nasduk ren! hihihihi.. *kirim nasduk ke renie*.

Akhir kata.. Hargain tukang Nasi uduk. LOL.  Karena buat nasi uduk ternyata butuh waktu dan pengorbanan *ato gua aja kale yang kurang expert*.

Dan ini menu untuk kebesokan paginya untuk dibawa ke kantor :D.. Nasi uduk pake telor (lagi), Tempe orek, Tahu goreng, sambal terasi yang bukan buatan gua dan tak lupa Bawang Goreng.

IMG_3325PS. Nasduk gua buat pas tgl 8 Jan 😀 *late post*

Advertisements

35 thoughts on “[Resep] Nasi Uduk dalam Rice Cooker..

  1. Hahhaa.. epii.. Gw mau buat nihh.. Tapi ga tau sereh sama salam nyari di mana.. Harusnya mah ada ya.. Terus pi, biar ga gagal kayak 5 menit mateng itu gimana yah harusnya? *jadi serem* ga punya kukusan gw soalnya hahaa..

    1. harusnya di supermarket juga ada fan. coba cari aja. kayanya sih jangan sampe kebanyakan. *sebanding dengan rice cookernya lah. harusnya kalo 3 cangkir udah harus pake rice cooker yang gede (biasa). 😀

  2. tengs poiii buat resep nasduknya 😀 gue mau coba juga akhh*entah kapan, hahaha* tapi rice cooker gue jg kecil alias mini, berasnya dikit aja ya poi? terus dikukus juga abis dr rice cooker?

    1. kalo kecil, dikurangi aja wi porsi berasnya. jadi 2 cangkir aja gpp. Menurut gua di kukus abis rice cooker emang udah paling pas. kalo dari rice cooker doank masih agak basah. 🙂

      1. wokaiii poii!! btw poi itu kukusan tupperware khusus buat ngukus ya? gue punya tapi modelnya kayak wajan penggorengan nasi goreng gitu poi, kira2 bisa dipake ngukus juga ga ya? kalo ga iso, kudu pinjem kukusan sama nykp ikii..

  3. wahh.. kliatannya enakk..! hehe.. jadi gimana pi? emang harus step.nya gt yah? dari RC trus di kukus ? jd pengen cobain bikin. hehe.. btw nanya dongg. kukusan itu di steam bukan sih? kalo steam harus ada tutup.nya kan? apa ga usah di tutup? haha.. maap jd bnyk nanya. hehe

    1. Iya, stepnya udah bener kaya gitu. 🙂

      Kalo lebih mantep emang pas abis keluar dari rice cooker di kukus lagi. tapi sebentar aja. Harus ditutup jen. itu gambarnya dibuka karena udah mateng. hehehe.. gpp kok. harus tanya.. biar ada bayangan dan gambaran. hehehe.. 😀

  4. nasi uduk penuh dengan perjuangan yah wakakakaka… tenang kedepannya udah tau celahnya pasti jadinya lebih cakep.. trus bisa jualan uduk deh!

      1. soalnya bisnis buat ngasih makan anak kantor itu bagus lho! klo emang lo berhasil mayan duit tambahan 🙂 pagi2 jualan uduk buat anak opis, buat sarapan atau makan siang ~ di opis g ada tuh pagi2 jualan tahu isi, piscok, ludes sampe rebutan kadang 😀

  5. Tinggal loe tambahi bihun goreng poy trus bungkus n dijual 5rb sebungkus…..laku keras pasti hahhahah, pengen aah coba tp pake santan hmmm

  6. Yeaaaaaah akhirnya berhasil poy
    Itu masalah gw waktu 1 x bikin di rice cooker hahaha..
    Yummy banget tuh poy nasi uduknya biki lappeeeeerrr…
    Ayo semangat poy lain kali bisa buat jualan kali dibisnisin lumayan tuh

  7. Itu artinya lu kudu beli rice cooker yg gedean Piii hahaha *panas2in*. Kl gue bikin biasa msh tambah lengkoas dan daun pandan plus dash of salt and pepper. Rice cooker gue di rumah jg cuma 3 cup max alias mini. Merek toshiba sih yg pot baja. Biasa ga pernah fail n ga usah diaron lagi.

  8. Haiii cii Epii.. salam kenall ^^, sering mampir kesini tapi baru x ini comment..hehehe..
    aku juga pernah buat nasi uduk pake RC hasil nya samaa ciii…gk mateng…hahaa, akhirya berakhir dengan kukusan…tapi sampe sekarang masih belom tau gmn caranya bikin nasi uduk bener2 mateng di RC…ckckck…Liat Nasi uduk cc pake telor n bawang goreng aja udah maknyoss kynyaa…hahhaa…

    1. Haiii natalia.. salam kenal juga yaaa.. 😀

      hihihi.. aku belum coba buat lagi, tapi boleh nih kapan2 buat lagi. hihihi, biar sekalian bisa analisa kesalahan *tsah*. wkwkw.. iya, lumayan sih rasanya walau cuma telor dan bawang goreng. hahaha.. thank you yaaaa

  9. Jadi laper ngeliat nasi uduk ci epoy, looks yummy ci..hehe.. aku dulu pernah bikin juga ci pake rice cooker ukuran standart, jadi ci.. dulu papaku pernah kejadian kayak cici juga, katanya sih gara2 nasinya kebanyakan..

    1. Haii sher.. 😀

      Iya, enak kok. 😀 berarti kapan2 aku coba ukuran standart. waktu bikin emang aku kelebihan banget berasnya karena mikir bikin banyakan. hihihihihi..

  10. Eyampun, ini semacam bikin stres gini sih bacanyaaaa…
    *padahal mah emang udah pada dasarnya aja malesan dan gak niat bhuahaha…*

    Okeh fix!
    aku beli nasi uduknya di warung mama Ajeng aja dapet bonus kerupuk dan gehu..hihihi..

  11. Kmrn aku sempet coba, tp sama kejadian nya ama km Pi…15 mnt rice cooker ku udah bilang matang, pdhal coconut milk nya masih gumpal2…pdhal rice cooker ku gedhe…but then aku masak lg pake wajan, jd agak mending…tp jd pegel di tangan gara2 ngaduk2 terus…hehe

  12. Pii.. Gw baru tau loh bikin nasi uduk itu ternyata gampang dan enaaak ya rasanya. Gara2 liat fotomu kmrn di IG 😀 Hauahaha mantep bgt tuh pi apalagi kl makannya tengah malem kyk si JP 😀

    1. Gua juga baru tau mar, dari bokap gua.. gua pikir mah ribet yah.. boleh lah bikin lagi next time. hihihi..
      punyamu juga enak ada ayamnya. hahahaha..

  13. Mak, Jadii klo pake rice cooker yg gede ga ad masalahh kyk yg u gt kan? hehe.. serem jugaa.. >,<
    Gw pengen cb juga nih jd nya, abis beli nasi uduk kebon kacang dikittt bgitss hwhwhw

    1. harusnya sih gitu jur.. kalo pake yang gede lebih berhasil. wkwkwkw.. 😀

      ember. udah dikit. mahal pula. cuma wangi banget sih yaaa nasduk kebon kacang.

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s