[Resep] Siomay Babi

07 Desember 2014

Beberapa bulan yang lalu, gua kan seneng banget nebar #Kode butuh blender supaya skill masak gua meningkat, karena banyak makanan yang gua suka itu butuh blender buat ngolah *alesan doank*. Gayungpun bersambut, akhirnya sekarang tuh blender sering mlototin gua nagih janji buat bikin siomay. 

Jujur aja yah, gua sebenernya maju mundur mau buat siomay, bukan karena buatnya susah. Tapi gara2 ada campuran udang didalemnya. T_T. Udah tanya kiri kanan, kalo siomay emang lebih enak ada udangnya. Gua bukan gak suka sama udang. Lebih tepatnya gua geli. Beli Udang yang belum dikupas, gua geli sama kumisnya, beli udang yang udah dikupas, harus cepet2 dimasak karena takut rusak. dan yang pasti.. BAUNYA AMIS!!!

Tapiiiii.. demi blender, demi menghargai pemberian Mira *makaciiii yaa*, demi melatih skill masak, demi perut gua dan Jp, demi.. kian.. Akhirnya gw beli udang kupas yang kecil2. Kata mas-nya namanya udang si api-api. Sampe rumah, pas gua pindahin ini udang ke dalem tupperware, ya owo, baunya langsung semerbak dan sumpah ilfil *saking ilfilnya gua pas pindahin udang, gua pake masker buat nutupin idung dan tangan gua pake plastik loh* hahahhaa.. Cuma lagi-lagi demi serangkaian demi-demi diatas akhirnya membulatkan tekad lagi buat bikin siomay. Hihihihi..

Bahan-bahan :
* 250 gr Daging babi giling (bisa diganti dengan Daging Ayam).
* 100 gr Daging udang (Blender)
* 2 Batang Daun bawang, Iris
* 2 Buah Wortel, Sisakan sedikit parutan untuk bagian atas siomay
* 100 Gr Tepung Sagu (Tapioka)
* 1 Sdm Tepung Terigu
* 1 Sdt Minyak Wijen
* 1 Sdt Garam
* 1/2 Sdt Lada
* 1 Buah Telor, Kocok Lepas
* Kulit Pangsit/Kulit Siomay


Cara Membuat :
1. Gua Blender Daging Babi giling dan Daging Udang.
2. Campurkan Semua bahan dengan Daging yang sudah diblender, aduk rata.

*abaikan bentuknya kurang rapi*

3. Ambil Adonan (Kira2 1,5 Sdm) lalu taroh diatas kulit pangsit lalu lipat seluruh sisinya (seperti dicubit dengan tangan)
4. Tabur wortel parut dibagian atas
5. Susun rapi wadah dalam kukusan (Bagian bawah kukusan diberi sedikit minyak agar kulit siomay tidak menempel)
6. Kukus kurang lebih selama 30 Menit/Sampai siomay matang.
7. Sajikan hangat dengan sambal. 🙂 

TARAAAAA!!!!!


Untuk rasanya sebenernya Pas, dan daging siomaynya juga dalam tingkat kematangan yang sempurna *tsah*, Wanginya jelas banget deh yah. Hahahaha..

Tapi sebagaimana uji coba pertama, pastinya gua mengalami kegagalan. Hahaha.. Berikut kegagalan yang gua hadapi.

Walau overall cantik dan wangi serta rasanya oke, tapi menurut Jp adonannya kaya ada yang kurang. *sebenernya gua juga ngerasain hal itu, beda sih sama siomay yg dijual diluaran*

Setelah gua kasih cicip temen gua dikantor yang lidahnya peka banget sama makanan.. dia bilang daging gua terlalu halus. Jadinya gak berasa daging. Trus gua inget.. daging babi-nya kan udah digiling (yg seharusnya udah halus) eh malah ketambahan gua blender. 😀 hehehe.. 😀

Dan belum lagi resep yang diatas itu gua modip. Hahahaha.. tepung terigu gak gua pakein, tepung sagu juga cuma dikit. jadi pas digigit dagingnya tuh agak buyar *ditoyor jp*. Makinlah siomay ini jauh dari kata sempurna. hhahaha.. cuma teteplah gua gak menyerah. Menjelang natal buat lagi akhhh.. \(^^)/
Advertisements

37 thoughts on “[Resep] Siomay Babi

  1. piii sukses ya bikin siomaynya.. gue dari kapan hari udah beli kulit pangsit niatnya mau bikin siomay sama pangsit rebus tp maju mundur mulu susah ngelipet dan bentuk2nya gitu kalo bikin siomay hahaha.. yang penting udah berhasil pi, kalo soal rasa nanti bisa dicoba2 bikin lagi 😀

  2. Next time tambahin bengkoang deh pi di adonan nya, jd gurih manis2 😀 udang kl geli kumis beli yg uda bugil aja udang nya pi hahaha. Dulu gua jg geli tp lama2 kebal. Biasa kl ngolah udang/ikan gue kucurin peresan air lemon supaya ilang amis nya 😀

  3. Kenny suka siomay nijhhh… gue mentargetkan diri harus bisa bikin siomay enak buat dia.. plus suami yg jg doyan siomay.

    Nih bapak anak seleranya bisa sama gini deh ah..

    G contek2 resep lu ah buat coba cobi.

  4. gw wkt itu bikin jadinya kok penyok2 ya? terus gw bilang sih enakan kulit pangsit sisa yg diatasnya itu di gunting deh, kalo kepanjangan suka keras soalnya

  5. Wkwkwkwk ngaka baca komennya ci epi (mama Marco) UDANG BUGIL
    wuihh makin canggih aja tangan lu ci, hebatttt euy.
    gw pengen pinter masak tapi waktunya gak sempet-sempet, tunggu anak gedean dulu.

  6. Contek ahhh resepnya buat laen kaliii.. hihi.. semangat pi! tapi lo nya sndiri doyan udang ga pi kalo dah mateng? gw doyan bgt huahuaha.. Janu yg ga doyan sama skalii..

  7. pake parutan labu siam ci..jadi skalipun dikasih tepung tapioka agak banyakan, siomaynya akan ttp lembut dan ga akan keras/alot 🙂 klo udh pake parutan labu siam, ga usah pake air lagi ya.
    selamat mencoba kembali yaa

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s