Short Gateway to Yogyakarta – Itinerary

23 April 2014

Hola-hola *dadah-dadah sama temen blogger* akhirnya setelah liburan berlalu.. daku bisa nulis blog lage.. hehehe.. 😀 Sebenernya bukan karena males, tapi lagi-lagi gara-gara kerjaannnn T_T. Untungnya kemarenan sempet short gateway ke Jogja *hiphiphoray*.

Berbekal pengalaman 6 tahun yang lalu dan ditambah sok-sok jadi tour guide buat temen2 gua yang beberapa belum pernah ke Jogja jadilah gua iseng buat itinerary untuk 3 Hari 2 malem. 😀 So, buat yang pengen mau ke Jogja, tapi bingung mau kemana, dan mau ngapain bisa dicontek nih.. Siapa tau kan berguna?

Yang pasti harus disiapin pertama kali sebelum buat itinerary itu adalah AKOMODASINYA. Which is bagaimana PP-nya dan nginep dimana.. Kemarenan sempet kelimpungan gegara cuma ada tiket kereta untuk ke jogja, tiket pulangnya sold out sodara-sodara. trus gimana poi? tetep di beli juga. Hahaha.. niat hati pengen liburan emang gak bisa dicegah. Gua sampe rela search google untuk nyari bus pulang. Yah secara naik pesawat lebih mahal. 😀 Tapi akhirnya gua juga dapet tiket pulang naik bus Kramat Djati.

Dan dengan kesotoyan gua juga, gua gak langsung booking Hotel/Hostel/Losmen disana. Gua nunggu sampe 1 bulan mendekati hari H. Ternyata yah boooo… hampir 12 hotel dan losmen yang gua telepon bilang semua full. mampus. keringet dingin gua. Karena tanggal 18-20 april itu memang hari besar, jadinya full. banyak rombongan yang dateng. huhuhuhuhuhu.. Disela-sela ketakutan gua dan temen-temen, akhirnya kita dapet Booking di Hotel Mataram 2 pas banget tinggal 1 kamar ukuran BIG FAMILY. Gak pake babibu langsung booking.

So, ketika udah dapet tiket pergi-pulang serta jelas nginep dimana.. ini saatnya buat itinerary.. 😀

Untuk harga Akomodasi :
Tiket kereta Gajah Wong seharga Rp. 200.000 bisa booking di http://www.keretaapi.co.id dan ditukarkan dengan tiket aslinya distasiun yang dibeli.
* Biaya Hotel Mataram2 (BIG FAMILY untuk 4 Orang) Semalam 750.000, Extra bed 100.000 (termasuk Breakfast)
Jl. Kementiran Lor No. 13 Jogjakarta 55272 (dekat stasiun tugu dan pasar kembang)
Phone : 0274-552964
SMS Reservation :  0813-27727027
* Tiket Bus Kramat Djati seharga Rp. 140.000,- tiket diambil di Stasiun Giwangan Lantai 2, blok E2.

Day 1
06.10 – 14.30 : Berangkat menuju Jogja dari Stasiun Senen
14.30 – 17.00 : Menuju Hotel Mataram 2 – Istirahat
17.00 – 18.00 : Makan Malam, Nasi Angkringan, Jalan Dagen
18.00 – 22.00 : Belanja di Malioboro
22.00 – 23.00 : Monumen Tugu
23.00 – Pagi   : Istirahat

Day 2
06.00 – 07.00 : Bangun, Mandi, Siap-siap
07.00 – 08.00 : Sarapan
08.00 – 09.00 : Pasar Beringharjo
09.00 – 10.00 : Jalan-jalan ke Benteng Vredeburg
10.00 – 12.00 : Alun2 dan Keraton Jogja, Musium Kereta
12.00 – 13.00 : Makan siang, Gudeg Jl Wijilan
13.00 – 14.00 : Taman Sari (Water Castle)
14.00 – 17.00 : Candi Prambanan
17.00 – 18.00 : Balik Ke Malioboro, Makan Sore
18.00 – 19.00 : Balik Ke Hotel dan Mandi
19.00 – 21.00 : Belanja di Malioboro (jika ada yang kurang), Belanja Makanan Bakpia
21.00 – 22.00 : Makan Oseng-oseng mercon di Jl. KH Dahlan
22.00 – 23.00 : Beres-beres baju untuk besok pulang

Day 3
07.00 – 08.00 :  Bangun, Mandi, Siap-siap
08.00 – 09.00 : Sarapan
09.00 – 11.00 : Jalan-jalan di Malioboro untuk terakhir kalinya sebelum pulang *again* :p
11.00 – 12.00 : Balik ke Hotel, beberes dan check out
12.00 – 13.00 : Makan Siang
13.00 – 14.30 : Menuju Terminal Giwangan untuk pulang..

Gua saranin kalau ke Jogja untuk waktu yang singkat seperti gua *hanya 3 hari 2 malam* mendingan di fokusin untuk yang dekat-dekat saja. Contohnya, karena gua di daerah Malioboro jadi fokusnya ketempat wisata yang gampang dituju dengan berjalan kaki, jadi gak banyak waktu terbuang untuk naik bus. Walau sebenernya masih banyak tempat wisata lain seperti Kebun Binatang Gembira Loka, Taman Pintar, Kaliurang, Candi Borobudur bahkan Pantai Parangtritis..

Untuk Realisasinya.. lanjut part berikutnya yakk.. 😀

Ada yang pernah ke Jogja juga share yukkk tempat wisata apa yang paling kamu suka? 😀
Advertisements

6 thoughts on “Short Gateway to Yogyakarta – Itinerary

1. Aaaaah serunya getaway ke Jogja, udah lama gak ke jogja nih, kangen juga ya. soalnya dulu aku setiap ke jogja bisa berminggu2 pi hahahah sampe udah hafal jalanan :p
    Ditunggu ya cerita jogjanya! 😀

2. Tahun ini belum ada plan ke jogja nih.. Padahal 2010-2013 tiap tahun sekali kesana.. haha.. Kan pengenn lagi.. :p Tapi bsok Mey gw semarang.

3. Benteng Vredeburg sama Malioboro emang kudu wajib dikunjungi tuh pi klo ke Jogja.. Gw terakhir 2013 kmrn ke sana, dan sama ky lo pi, naik kereta api dr st. senen, tapi malem hari, jadi nyampenya subuh..dan langsung ke parangtritis..hahahaha.. Ampe driver yg kita sewa buat jalan2 disana geleng2 kepala.. Tamunya edan, subuh2 ke pantai.. Trus dr situ ke pasar Bringharjo..baru deh check in ke Hotel.. jd pas chek-in ud bawa belanjaan..hahahaha.. Rempong banget dehh.. Jd pengen ke sana lagiiii..

4. eh.. tapi bener juga sih ide elo.. hahaha.. sebenernya gua pengen banget ke parangtritis.. tapi karena jadwal kereta dan semuanya bentrok, jadinya cuma bisa yang deket2 aja.. hahaha..

Thank you for your comments :)