Nujuh Bulanan :)

17 Agustus 2013

Weits! Jangan salah nebak dulu yeeyyy.. Ini bukan Nujuh bulanan eke.. :p Tapi Adik ipar ogut yang bakalan lahirin keponakan gua tercinta.. Hehehe.. ๐Ÿ˜€ย 

Asal muasalnya gua juga bingung, kenapa harus adanya tradisi “nujuh bulanan” ini, karena disatu sisi kita juga bukan keluarga muslim dan bukan berasal dari adat jawa ๐Ÿ˜€ Tapi karena permintaan dari calon mertua adek dan makna yang terkandung supaya anak pertama lahir selamat, sehat dan lancar-lancar akhirnya ya wis,, dilaksanakan nujuh bulanan..ย 

Acaranya terbilang unik karena simbol-simbol yang digunakan harus berjumlah 7. Dari kue yang jumlahnya 7, Buah-buahan 7 macam, Sarung/kain 7 macam sampai tanggal perayaannya harus ada angka 7-nya.. ๐Ÿ˜€

Acara pertama adalah calon ibu membuat rujak buah.. ๐Ÿ˜€ Tentunya segala bumbu dan segala macamnya tidak diberitahu oleh orang lain, Nantinya jika rasanya “kurang enak” katanya anaknya laki-laki, dan jika rasanya “enak” anaknya perempuan.. ๐Ÿ˜€ *percaya gak percaya*

Meracik Bumbu

Mulai mengulek

Setelah membuat rujak, Kali ini Calon ibu diurut oleh tukang urut yang sudah mengerti bagaimana pijat untuk hamil.. Katanya supaya persalinan lancar dan posisi anak ketika 9 bulan bisa berada dibawah dengan baik.ย 

Sehabis diurut, saatnya mandiiii.. ^^ *kok kayanya gua yang seneng yah?* Soalnya gua agak amazed aja ngeliatnya.. Hehehe..

Proses dimandikan dan menangkap kelapa, Dengan makna supaya nanti lahirnya lancar tanpa hambatan

2 Buah Kelapa yang ditangkap, di belah dengan golok (dengan 1 kali “bacokan”) Maknanya jika air yang keluar dari kelapa muncrat berarti anaknya Cowok, dan sebaliknya tidak muncrat berarti anaknya Cewek. Menurut Hasil Video yang gak gua upload (hehehe.. ) Hasil belahan kelapanya rata dan airnya tidak muncrat means Cewek, Tapi entahlah apa benar cewe atau cowo kita lihat nanti kalau sudah lahir.. ๐Ÿ˜€ -Sejauh ini setelah di cek USG keponakan gua belum ngasih signal dia cewe apa cowo-

Proses di-mandi kembang oleh 9 orang.. ๐Ÿ™‚

Setelahnya disawer dengan isian permen dan duit Maknanya supaya Hidup lebih manis dan tidak berkekurangan apa-apa

Jual Rujak.. ๐Ÿ˜€ Rujak yang tadi dibuat dijual kepada anggota keluarganya Maknanya calon bayi mempunyai banyak rejeki.. ๐Ÿ™‚

Hihihi.. Kesemuanya dilaksanakan sebagai bentuk ucapan syukur agar calon baby lahir dengan selamat sampai ke dunia *cielah*

Can’t wait to see you my Niece or Nephew.. \(^.^)/

Update : Ternyata adek ipar gua lahiran anak cowok! Pesan gua.. jangan terlalu percaya yang agak berbau-bau tahayul.. *halah*
Advertisements

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s