BNI Simponi

Ihiyyyyy!! Finally akhirnya ikutan gabung dengan BNI Simponi.. 😀

Apaan tuh poi? Tunggu, nih gua jelasin sekilas yahhh.. 

“BNI Simponi adalah layanan program pensiun yang diselenggarakan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (DPLK BNI) sejak tahun 1994 berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun.

Siapa pun Anda, bisa menjadi peserta BNI Simponi

BNI Simponi bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat apapun profesinya, baik itu pegawai negeri, pegawai swasta, pegawai BUMN/BUMD, dokter, notaris, konsultan, akuntan, pengacara, arsitek, pedagang, petani, buruh, mahasiswa dan lain sebagainya yang menginginkan kesejahteraan di masa purna tugas”

Cara dan Persyaratannya mudah :
1. Berusia Minimal 18 Tahun
2. Menyerahkan Fotokopi KTP
3. Menyerahkan Fotokopi Kartu Keluarga 
4. Mengisi Form Aplikasi Pengajuan ikut BNI Simponi
5. Dan melakukan Setoran Awal sebesar Rp. 250.000

Dana setoran setelah melakukan setoran awal (dibulan berikutnya) adalah Rp. 50.000 (minimal). Tidak memberatkan bukan? 🙂 


Pengembangan yang diberikan kepada peserta BNI Simponi
Besarnya hasil pengembangan yang diberikan tergantung pada bunga yang berlaku di pasar pada saat itu dan tergantung paket investasi yang dipilih peserta yang terdiri atas
75% (Deposito & Pasar Uang) dan 25% Obligasi
65% (Deposito & Pasar Uang) dan 35% Obligasi
50% (Deposito & Pasar Uang) dan 50% Obligasi
100% Deposito dan Pasar Uang
70% (Deposito & Pasar Uang) dan 30% (Obligasi da/atau Saham)
100% Deposito Syariah, Pasar Uang Syariah dan/atau Obligasi Syariah

    BNI Simponi –> Ini Link-nya 🙂
    Gua sendiri memilih Pengembangan dana yang 50%-50%. Sebenernya kalau mau aman berada di level 100% Deposito dan pasar uang, karena pastinya lebih stabil. Namun bunga yang dihasilkan lebih sedikit. :D. Setiap pengembangan dana memiliki risk yang berbeda-beda. 🙂


    Eniwei, kenapa lu ikutan beginian? Entah kenapa, setelah gua beranjak dewasa (Boong) gua semakin peduli untuk investasi (bukan yang beli saham PT A atau PT B yah, Duitnya kaga ada booo). Investasi yang gua maksudkan adalah gua mau kedepannya (masa tua) gua punya kondisi keuangan yang OK. That its. Karena awal pemikiran itulah gua sekarang rajin nabung. Sebenernya kalo dipikir2 lagi sih agak telat yah. Cukup nyesel juga kenapa dari dulu gua gak nabung. 😀 Tapi lebih baik start daripada gak sama sekali. 


    Pada dasarnya keluarga gua bukanlah keluarga yang termasuk golongan “atas”, gua terlahir dari keluarga yang biasa-biasa aja. Bahkan Nyokap Bokap gua sama sekali gak punya Tabungan, Jaman dulu mereka nyimpen duit di celengan ayam. Hahahaha.. Karena berangkat dari kebiasaan inilah, gua gak punya tabungan. Semenjak kerja baru buka tabungan, itu aja karena “dipaksa” kantor karena Gaji harus ditransfer ke bank. 


    Kesadaranpun mulai, saat diperkenalkan pada asuransi, Pada dasarnya gua tetap gak mengerti apa manfaat “uang-nya” untuk investasi. Gua masuk asuransi cuma karena untuk berjaga-jaga jika suatu saat gua sakit dan butuh biaya mahal, kesehatan gua bisa di cover. Dan masuk dana pensiun, karena gua mau masa depan gua paling tidak, gua ada dana cadangan untuk keluarga dan diri gua sendiri. 


    So, gua mengajak untuk mulai start merencanakan masa depan khususnya bidang keuangan karena kita gak pernah tau nanti kedepannya seperti apa.. Even ortu selalu berpesan.. Cari tuh cowo yang kaya, biar hidup senang dan bahagia.. Hahahaha.. *orang jaman dulu banget yah*


    Lets Saving for better future.. *Ciehhhh*

    Advertisements

    2 thoughts on “BNI Simponi

    1. saya masih belum paham yang ini mbak :
      75% (Deposito & Pasar Uang) dan 25% Obligasi
      65% (Deposito & Pasar Uang) dan 35% Obligasi
      50% (Deposito & Pasar Uang) dan 50% Obligasi
      100% Deposito dan Pasar Uang
      70% (Deposito & Pasar Uang) dan 30% (Obligasi da/atau Saham)
      100% Deposito Syariah, Pasar Uang Syariah dan/atau Obligasi Syariah

      di webnya kok ga ada keterangannya ya? jadi bingung mau pilih yang mana hehe

    2. Hehehe.. sebenernya saya juga kurang paham dan kurang bisa menjelaskan.. cuma kurang lebih seperti ini.. dana yang mbak dina taruh di BNI Simponi ini ditaruh sebagai investasi.. pembagian investasinya seperti diatas. Kalau pilih pasar uang (Saham), bearti keuntungan dana kita seperti saham. bisa naik bisa turun, kalau lagi bagus.. pastinya bunganya jadi besar.. tapi resiko jika saham lagi turun drastis.. yang bunga kita juga mengecil. Kalau deposito.. suku bunga tetap.. tapi flat dan kecil. makanya saya memilih 50-50, lebih stabil dan aman. 😀

    Thank you for your comments :)

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s