Petualangan antara Jakarta-Anyer

22 Agustus 2009 lalu adalah pengalaman gila pertama gua.. Naik Angkot ke Anyer seorang diri!
Dalam keadaan sadar, tanpa paksaan, (Ngapain coba) gua memutuskan untuk pergi ke anyer, Marbella. Dengan alasan menyusul keluarga gua yang sudah dari pagi disana. Sabtu itu, gua kerja. Setelah ditinjau, ditimbang, dan di telaah gua putusin untuk pergi pas pulang kerja. Berbekal pengetahuan dari ade gua mengenai daerah anyer dan sekitarnya, dari Internet, tanya orang sono-sini, ternyata kudu naik bus 4 kali. Kelapa gading – pulo gadung, Pulo gadung – serang, serang – pertigaan (krakatau steel), krakatau steel – marbella.
Sip. setelah meyakinkan diri berkali-kali “epi.. kamu pasti bisa, ayo ke anyer! -sotoy-” Sip. perjalanan dimulai dari jam 2. saat itu gua udah berada di pulo gadung. Dag-dig-der! ehm.. memberanikan diri menanyakan supir bis arimbi apakah benar ini bus jurusan jakarta – serang, supirnya bilang IYA!. tapiii ga sampe disitu doang.. pas duduk2 dengan santai dan (amat sangat) yakin gua di bus yang benar, gua melihat tulisan Jakarta – SOLO! GUBRAK! Tangan dingin, wajah pucet. gua tanya lagi ke pak supirnya (kebeneran gua duduk percis dibelakang pak supir).

Epi : “Pak, ini bener jurusan jakarta – serang?
Supir : “Iya Bener”.
Masih ga percaya. Gua tanya kenek-nya pas bayar uang transportnya.
Epi : “Pak, ini jurusan jakarta – serang kan?
Kenek : “Iya bener. turun dimana de?”
Epi : “di serang barat pak”.
Kenek : iya, nanti di kasih tau.
Hmmm.. pusink, kepala masih bekecamuk. tapi kenapa di bus itu tulisannya jakarta – Solo yah? (dalem ati). lah, daripada gua ke bawa sampe kesolo kan ga lucu. akhirnya dengan tegang, gua ga berani tidur. padahal pulogadung serang kan jauh, bisa bobo dulu. tapi karena takut, gua membuka mata gua lebar2.
Bus mulai memasuki tol kebon jeruk. bus mulai dipadati orang yang mau ke arah tangerang. jam sudah menunjukkan jam 3.00, disaat yang sama gua baru sadar, ternyata tulisan SOLO itu adalah hasil refleksi-an kantong plastik belanja. karena kena matahari dan tulisan-nya warna silver jadinya kebaca jelas SOLO. GUBRAK deh.. 😀 gak lama kemudian orang yang punya kantong plastik tersebut turun. Dan baru ke baca jelas Jakarta – Merak via serang. Huaaaaa.. perasaan legaaa (kaya abis pipis :D) akhirnya tidur dengan damai.. bangun2 di Cikupa.

Singkat cerita – jam 5 – gua sudah berada di Krakatau steel. wew.. gua udah tau nih daerah ini. Diangkot gua duduk disamping pak supir (bukan pak kusir loh!) intinya sih kalo rame, gua ga ribet turunnya. ternyata yang naik hanya gua dan 1 cewe, lagi2 dia yang membantu gua kasih tau ini angkot yang lewat persis didepan marbella. Tapi ga sampe 1 km, dia turun. so gua tinggal berdua sama abangnya. gua berfikir 1 jam nyampe lah ke marbella. sambil berdoa “Tuhan, mudah2an sampe di marbella sebelum matahari terbenam”.

Sepanjang perjalanan abangnya cerita. sebenernya dia udah ga mau narik lagi. karena dia pikir cewe yang naik td itu temen gua, akhirnya dia mau narik. asli perasaan dag-dig-dug banget. coz sepanjang perjalanan, jalanan sepi banget. Angin aja ga ada yang lewat. 😀 Lebay! tapi beneran. motor ato mobil pribadi sama sekali kaga ada yang lewat. gua berdoa moga2 ada penumpang lain yang naik, karena gua takut banget diturunin ditengah jalan (Dijakarta mah masih rame dan bisa dioper ke mobil lain), lah ini.. wong sepanjang jalan aja kaga ada nyamuk. SEPI, Sunyi. Lampu aja nyala2 enggak2. hehehe.. rumah boro2, kiri kanan pabrik, ilalang, GELAP! T.T
Jam 18.15 supir angkot mau beli minuman -ternyata doski puasa- gua sampe bilang “udah pak, kalo mau makan, makan dulu aja, saya temenin (maksud gua sih biar dia tetep anterin gua sampe tempat dengan selamat dan sentosa)” Tapi ternyata jawaban dia luar biasa loh.. dia bilang “gpp, saya masih bisa tahan, yang penting minum aja. lagian udah malem, takut ade nyampenya kemaleman”. Dan dia juga bilang, “biarpun cuma 1 orang yang naik angkot saya, harus tetep saya anterin sampe tujuan. karena itu kerjaan saya jadi supir. nganterin penumpang sampe tempatnya.” WOW! pemandangan yang GAK PERNAH gua alami sebelumnya.. Mana ada, hari gini orang kaya gitu.. tapi it’s real. ada! disamping gua.

Perasaan takut diturunin udah kaga ada lagi. yang ada, seneng dan kagum sama orang yang bener2 mau nganterin gua. bener2 kaya supir pribadi aja.. 😀 Dia sempet bilang “saya kaya nganterin istri aja nih”. Gubrak.. jangan2 gua mau dibawa kabur.. dalem hati bilang.. Rugi loe nyulik gua.. gua makannya banyak tauu.. hehehehe.. 😀
Ngobrol2.. ngobrol.. akhirnya udah deket.. ditengah2 jalan gua sempet bingung.. nih orang mau gua bayar berapa yah? -Ade gua kasih info dari krakatau ke anyer itu bayarnya cuma 7.000- tapi perjalanan ditempuh 2 jam, dia ga makan, cuma beli minum, bahkan dia beliin gua minuman lage walau cuma aqua gelas, nganterin gua dgn selamat walau gua adalah satu2nya yg jadi penumpang dia, trus udah bagus dia ga turunin gua ditengah jalan. Lah, kalo gua bayar dia 7.000 apa gua ga ditendang keluar sama tuh supir? trus gua dimutilasi, rambut gua dijual ke salon (barangkali ada orang yang mau hair extension), dan besok paginya gua masuk berita terpopuler di koran lampu merah.. anak cantik dimutilasi oleh abang mikrolet. 😀

Akhirnya gua memutuskan untuk memberikan 50.000 – sekilas besar banget yah gua kasih nih supir – tapi gua ingat2 lagi.. banyak hal yang lebih berharga sepanjang perjalanan, gua bener2 bisa menginjakkan kaki di anyer, gak kurang apapun (dan masih ga percaya, gua bener2 nyampe). Dia ngajakin ngobrol ngarol-ngidul. Uang didompet 100.000. gua mampir ke alfaMart seberang marbella persis untuk tukerin uang 50.000-an. Ga lupa gua beliin dia air minum yang 1.5 liter dan biskuit trenz (mengingat dia belum buka puasa) Supir tersebut memutarkan balik mobilnya ke arah dia pertama kali datang. Tapi sungguh sukacita. walau menempuh 5 jam perjalanan, gua percaya Tuhan yang menuntun dan melindungi gua.

La.. la.. la.. la.. riang gembira.. sampe di lobby hotel langsung melesat ke kolam berenang, karena sodara2 gua masih berenang disana.. Nyebur dengan semangat dan berenang sampe jam 11 malem. 😀

Pesen gua : Jangan pernah pergi ke Anyer naik angkot! 😀

Advertisements

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s