Kudapan (Cah elah.. Kudapan boo) Sehat ala Suka-Suka

Selamat datang di Dapur Suka-suka..
Ini adalah kehadiran dapur suka2 yang pertama.. mau membagikan sedikit resep ala suka-suka.. (apa sih?) Berhubung kemarenan sedang hot-hotnya Valentine, maka dapur suka2 ga mau ketinggalan untuk membuat coklat buat sanak-family dan pacar. 😀
Ada pun Judul resep yang dibuat yaitu Kudapan sehat. Jiah.. kalo bahasa jawanya mah cemilan. kalo bahasa papua “Penganan”. yah.. suka2 loe aja.. mau disebut apa.. 😀

lets start cooking…

Sebelum kita masuk lebih jauh ke resep.. ada beberapa peralatan yang digunakan.. Jangan sampe salah..
1. Talenan, fungsi untuk memotong coklat sebelum dilelehkan. kalo ga ada talenan, lantai bisa jadi tempat (iuh.. jorok amet) yang penting permukaan rata dan datar.
2. Pisau.
3. Panci tahan panas, fungsi naroh coklat yang sudah dipotong2 sama nomor 2.
4. Wajan yang sudah diisi aer putih/aer mentah. kalo sirop kemahalan. mendingan bikinin daku saja. 😀 fungsi, untuk lelehin coklat.
5. Sendok makan untuk ngaduk coklat.
6. Lain2nya :
* Topo/kain lap untuk melindungi tangan kita ketika kita angkat panci dari wajan. ingat.. berbahaya mengangkat panci tanpa menggunakan topo. kalo masih berani, siap2 beli trombopop!
Nah, udah dicatat? ini bahan2nya.. untuk membuat kudapan sehat..
1 buah coklat balok rasa bervariasi.. coklat, vanila, dark coklat, mint. Disarankan merek colatta. tapi kalo mau pakai merek lain boleh2 aja. 😀

1 buah corn flakes merek keloggs ukuran 275 g.. lagi2 terserah kalo mau pake merek lain.
Pemanis coklat (bentuknya macem2 ada hati, ada dinosaurus *beneran, cuma bentuknya kecil* ada butir2 doang tapi warna-warni.

Tempat kecil dari kertas kue untuk taroh coklat. 😀 (warna biru) Ukuran bervariasi

SIP.. peralatan udah siap.. bahan2 udah ready.. sekarang caranya nih..
1. Potong coklat balok dan masukan ke dalam panci tahan panas.
2. Panaskan wajan yang sudah berisi air, jika sudah mendidih.. masukan panci tahan panas yang sudah ada coklatnya. ingat!!! harus mengunakan wajan tambahan untuk melelehkan coklat. karena pengalaman, langsung memanaskan coklat tanpa air.. membuat coklat gosong.
3. Jika sudah lumer, masukan semua corn flakes. dan aduk rata..
4. Jika sudah tercampur rata, ambil sendok masukan coklat kedalam kertas kue. dan diberi taburan pemanis coklat.
5. masukan kedalam lemari es. tunggu beberapa saat.. jangan beberapa tahun yah..
6. siap untuk dimakan.. dan dibagikan kepada sanak2 saudara.

Nah.. gimana? sudah ngerti belum? silahkan dicoba, rasa tidak enak, ditanggung sendiri yah! ingat.. Practice makes perfect.. kalo gagal2 diawal.. jangan kawatir. dicoba lagi.. kalo sudah mantep.. dibagikan ke saya yah!

OKe? see you di resep dapur suka-suka selanjutnya.. 😀

Hasil jadi..

Advertisements

Thank you for your comments :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s