Merantau ke Tanah Melayu, Malaysia.. :) – Day 1

Hollaaa.. Welcome.. Welcome.. 😀

Im Back, Dipagi hari yang cerah seperti hari ini, balik lagi dengan segudang cerita dari Malaysia.. Buakaka.. Lebay banget 😀 Mari kita flash back perjalanan daku ke KL, Malaysia. Eniwei kenapa judulnya merantau? Iye, karena kali ini pergi seorang diri kesana.. Hohohoho.. *made in nekad* Eniwei Eke enjoy-enjoy aja sih. :p

Berbekal segudang informasi dari Internet, dari Blog-blog orang, dari semua-muanya tentang wisata di KL dan percaya diri atas kecanggihan internet di dalam HP, Berangkatlah anak manis ini ke KL. *hueks*

Day 1,

Tepat jam 21.00 Pesawat take off meninggalkan tanah air tercinta Indonesia. Deg-deg-an dan tentunya Excited ke negara orang lain selain Singapore dan Hainan, China tentunya. 🙂
1 Jam 45 menit, mendaratlah Lion Air ke KLIA (Kuala Lumpur International Airport). I’m so surprised. KLIA jauh lebih bagus dari pada Bandara Soeta *peace* dan ternyata saudara-saudara..  dengan perbekalan bahwa semua bandara sama prosedurnya, gua hampir nyasar. 😀 Ternyata Bandara kedatangan di KLIA ini ke tempat imigrasi menggunakan Aerotrain yang terconnect dengan gedung lain.  Cukup WOW juga dengan Malaysia yang selalu dikaitkan bersaing dengan Indonesia. Namun nampaknya Saya sebagai orang Indonesia, mengakui Malaysia jauh lebih baik than Indo dalam hal transportasinya. 😀

Kudu Naek ini menuju tempat Imigrasi

Eniwei, sampai Malay tepat pukul 00.31 pagi. Apalah daya, gua naik taksi, langsung order taxi dari Bandara membeli tiket taxi, Krn banyak info kalo gak order taxi, harganya bakalan melambung lebih tinggi dari yang seharusnya. Great. Harganya RM 109.60 (Harga aslinya sekitar 75-80 RM tanpa midnight surcharge) Huhuhuhuu. Naik taksi sekitar 350.000. *Shock ketika di-kurskan* Taxi di Malay sama kaya taxi di Sg, kena double charge kalau malam hari. Perjalanan memakan waktu 45 menit. Sebenernya dari KLIA ke daerah KL Mid Valley seperti Jkt-Depok. Jauhh boo.. 45 menit aja, itu udah kecepatan diatas 80 kayanya trus tanpa traffic jam. Sesampai di hotel langsung ganti baju dan tidurrrr…

Tiket Fantastis

Bangun pagi hari dengan semangat. 😀 Jam 7 pagi waktu Malay, Means jam 6 pagi waktu Indo (gak pernah bangun sepagi ini kalo liburan). Tujuan pertama hari ini adalah Batu Caves. Ternyata menuju ke Batu Caves dari Mid Valley sangat mudah sekali. Tinggal Naik KTM (Keretapi Tanah Melayu) dari Mid Valley ke KL Sentral dengan RM 1 dan pindah 1 kali KTM ke arah Batu Caves, Taraaaa.. 20 menit kemudian sampai lah di Batu Caves. 😀
Berikut Petanya.. 😀

Sekali lagi, gua amazed dengan Malay, sistem transportasinya sangat-sangat-sangat rapi. 🙂 1 hal yang gua kawatirkan untuk berpergian di Malay adalah gua gak ngerti harus naik kendaraan apa. Tapi setelah mempelajari peta diatas dan bener-bener “terjun langsung” baru menyadari betapa mudahnya transportasi di Malay. Untungnya juga Hotel yang gua tempati terconnect langsung dengan KTM Komuter-nya. So, tinggal langsung beli tiket. Awalnya gua tanya dengan “Mbak-nya” : How to Batu Caves?” mungkin setelah tau logat English gua kaya IndoLish (kalo singapore kan SingLish), dia langsung jawab pake bahasa Melayu.. LOL : “sila naik tren ke KL sentral”. Hohohoho.. Gampang kan??

Satu lagi kenapa gua juga amazed dengan Malay, karena gua berasa tetep tinggal di Indo. They can Understand what Im saying.. Hohoho.. Tapi sebelnya jadi gak bisa ngatain mereka kalo gua lagi kesel. Hahahhaa.. *karena gua kejadian kena tipu hampir salah nunggu jalur komuter*

Awalnya gua di “kerjain” suruh nunggu jalur yang seberang, Tapi entah kenapa, Kok perasaan gua gak enak, akhirnya gua nunggu di jalur ini, dan Ketika gua nanya org Malaysia asli, dia bilang : benar, Ini ke stesen KL Sentral.

Komuter Stesen Mid Valley

Skali lagi, ini yang namanya perkeretapian di Negara Malay, Bersih, bebas rokok (walau di tempat terbuka), dan gak ada tuh yang namanya buang sampah sembarangan. Dan mereka menyediakan BENAR-BENAR gerbong untuk WANITA, dan gak ada 1 pun lelaki bahkan anak kecil laki-laki masuk ke dalam gerbong ini. Semua Laki-laki langsung pada minggir ketika kereta yang gerbong wanita ada di jalur mereka menunggu. Yeay!

Cowo-cowo gak ada yang pernah berdiri di area ini.. Hehehe

Gerbong Khusus Wanita

Tiket Komuter

Komuter ke arah Batu Caves
Eniwei, 25 menit sudah berlalu dari stesen KL Sentral, ternyata benar-benar mudah ke Batu Caves. Keluar dari stesen ini, sudah terpampang pemandangan batu caves.

Patung Hanoman terpampang di depan pintu masuk Batu Caves
Tempat Ibadah 1, Harus melepaskan alas kaki jika ingin naik ke atas

Wisata Batu Caves ini salah satu wisata yang “wajib” dateng oleh Turis ke Malay. Hehehe.. Lagi2 berbekal pengetahuan dari Internet (really thankful dengan kemajuan informasi ini) gua kemari. Tempatnya bagus.. 🙂 Batu Caves ini sebenernya terdapat beberapa Kuil Hindu. Gak heran tempat ini dijadikan tujuan wisata, tempat ibadah suci orang Hindu dan banyak orang india -yg hampir semuanya beragama Hindu. Memasuki Batu Caves ini, kita harus menyiapkan kaki extra kuat. Hehehe.. Karena untuk mencapai atas, kita harus menaiki tangga yang kurang lebih ada sekitar 272 anak tangga. 😀 *Gempor-gempor deh* Gua sendiripun yang awalnya semangat,, mulai capek juga. Sesekali berhenti untuk mengatur nafas dan foto-foto pemandangan disekitarnya.. Hehehe..

Berasa di Eropa.. 😀
Gate sebelum siap-siap untuk Gempor
Eniwei sampai juga keatas. Sebenernya agak kecewa juga sih, ternyata isi atasnya ada 2 buah kuil yang agak besar dan kita bisa ikutan “sembayang” disana. Para Turis yang ikutan “sembayang” akan ditempeli abu atau tanda di dahi seperti pelem2 india. hehehe.. Tapi karena udara gua yang agak pengap dan “aroma” kental Hindu agak-agak puyeng lama-lama berada didalam goa. Sekali lagi, penampilan stalaktit yang keren dan banyak monyet-monyet berkeliaran secara bebas membuat gua lumayan terhibur. hehehe..

Yeay! Hampir Sampaiiii..
Finally, Nyampe.. Langsung beli minum seharga 2 RM

Stalaktit

Free Monkey

Tempat Ibadah 2

Anak Tangga Againnn!

Tempat Ibadah 3 (Last Chapel)

Dark Cave, too Bad I can’t enter
Setelah puas berjalan ria, guapun memutuskan untuk balik lagi ke Mid Valley untuk balik makan siang dan mencoba mempelajari mall ini. Hehehe.. *maklum namanya baru hari pertama di KL. Agak aneh juga yah, berkelana dinegara lain seorang diri. Hehehe..

Sesampai di Mid Valley, langsung melesat nyari makanan, karena baru pertama kali ke mid valley dan gak sempet tau food courtnya dimana, langsung aja nyamber ke kedai makanan melayu, Pesen Nasi Lemak Ayam Goreng. Hehehe.. *pengen bener-bener tau rasa nasi lemak yang asli”

Ternyata Nasi lemak disini lebih kental santannya. Mirip-mirip kaya nasi uduk, tapi lebih wangi dan berasa. (Mungkin karena di Indo, santan/kelapa mahal kali yeh, jadi kaga nasi uduk, kaga ada rasanya) Hehehe..

Mumpung kesini, jangan lupa mampir ke toko eke yahh.. *ngarep*

Numpang Eksis didepan Bioskop Mid Valley, Sayang gak sempet nonton >.<
Hari ini di tutup dengan snack Toppoki, di salah satu food court di Mid Valley. Beda banget kaya di Jakarta yah, Mencari makanan korea tuh susah banget. Sedangkan di Malay, Food courtpun ada. Toppoki ini gua beli seharga 12.50 RM. Dan rasanya SUPER ENAK! *mungkin karena gua membandingkan dengan Toppoki yang di lotte mart, kelapa gading dengan rasa yang amuradul. Asli. Ini enak bangettttt!.

Oh iya, Review Cost dulu 😀
* KTM Mid Valley – KL Sentral  : 1 RM
* KTM KL Sentral – Batu Caves : 1 RM
* Air Mineral                                  : 2 RM
* KTM Komuter Batu Caves – KL Sentral : 1.30 RM (aneh, harusnya bolak balik harganya sama yah :D)
* KTM KL Sentral – Mid Valley : 1 RM
* Nasi Lemak Ayam Goreng      : 8.90 RM
* Toppoki                                      : 12.50 RM

Total : 27.70 RM

Yeah.. saatnya tidur.. dan menyiapkan kaki untuk esok hariii.. 🙂
Advertisements

Thank you for your comments :)