Nenek moyangku..

31 juli 2016

Lagi asik santai bertigaan sama clay dan suamih,, tiba2 gua nyanyi..

Nenek moyangku.. seorang pelaut…

Mendaki Gunung, lewati lembah..

Menerjang ombak, tiada takut..

Menembus badai.. sudah biasa..

Tiba-tiba Jp ngakak gak berenti-berenti.. Gua nanya.. kenapa pi?? trus dia bilang.. Coba kamu nyanyi lagii..

*gua ulangin lagi*

Nenek moyangku.. seorang pelaut…

Mendaki Gunung, lewati lembah..

Baru setengah lirik dia bilang STOPPPP! apa-apaan.. itu pelaut kok mendaki gunung sama lewati lembah.. lu kira dia ninja Hatori??? Trus dia ketawa lagi,, ngakak. gak berenti2. Lah emang lagunya kaya gimana? bukannya kaya gitu? dia bilang.. gugel sono.. gugel..

*dan setelah gua gugel, lagunya ngaco banget onion-emoticons-set-6-115*

Maapkan mami, clay. Selama ini mami salah nyanyiin liriknya.. lol. *trus kembali nyanyiin lirik lagu yang salah*.

Liburan yang sudah berakhirrrr..

12 Juli 2016

Ya olo.. ya olo.. ya olo.. Perasaan tanggal 1 juli kemaren gua masih nyanyi di kantor “Libur tlah tiba.. libur tlah tiba.. hatiku gembiraaaaaaa~~~~” tapi sekarang nyatanya udah balik lagi ke dunia nyata. ampun deh. waktu muternya kek apaan tau cepetnya.. Huhuhuhuhu.. Padahal gua sama sekali belum berasa liburan. *ato gua yang kelelahan jaga anak*. wwkwkkwkwkwkw.

Liburan kali ini, gua mutusin untuk pergi ke Puncak. Berbekal pengalaman Ke bandung tahun lalu.. jadinya kali ini gua nyiapin yang bener. ahahahaha.. pokoknya pergi setelah yang lain pada pulang kampung, dan balik sebelum arus mudik balik. Jadi tgl 5 subuh sampe 7 malem.

Kali ini gua mutusin untuk pergi bareng mertua aja.. supaya irit. onion-emoticons-set-6-99 tapi kenyataannya kaga. hahahahaha.. Iya sih irit penginapannya aja.. sama makan dimasakin. hahahaha.. tapi tetep, sampe sono tetibaan gua punya ide cemerlang untuk ke Taman safari. hohohoho..

Jujur.. liburan kali ini sedikit susye dan tambah ribet bebewaannya.. karena apa.. gua kudu bawa slow cooker, blender kecil, talenan, piso, bahkan sampe bahan2 makanan clay (kaya beras dan sayuran). onion-emoticons-set-6-118 duh rasanya kalo mikirin terus, kepengen gak pergi, tapi butuh liburan. Total tas buat clay tetep 3 biji. itu udah dikurang2in tetep aja segitu. gua sama jp, cuma 1 tas, gak full malah. Kata nyokap,, bawa aja.. toh elo naik mobil kalo naik pesawat deh baru susah. *nah itu dia.. apa kabar nanti gua pergi ke luar negri yaaa kalo dalem negri aja bejibun gene*. Cuma tetep lah,, kalo gak dijalanin kita gak bakalan tau kek apa.. Jadi mending di enjoy aja liburannyaa…

Proses perjalanannya sendiri lancar.. berangkat jam 4.30 pagi, sampe puncak jam 6 kurang. tanpa macet, dan beneran lancar. sebenernya gua kasian juga sama Clay, karena harus kebangun sekitar 30 menit, pas gua gotong ke mobil. Malah anaknya lemes gitu, nyender. Bingung kan.. karena biasanya kalo kebangun tengah malem gini.. Pasti gua suruh tidur lagi karena belum terang. Sengaja liburan kali ini gua gak sounding2 ke dia, karena yah itu.. gua takut dia jam 3 pagi udah ON kek liburan ke bandung.

IMG_20160705_151953

*Puncak resort*

Hari pertama pas sampe villa gua cuma makan. tidur. makan. tidur. hibernasi mumpung clay dipegang mertua. Gua cuma kebagian suapin makan, mandiin sama tidur siang. Trus malem udah langsung ngeluh bosen sama suami. ahahaha.. ya kan kaki ini, walau liburan entah kenapa gua pengennya jalan. Karena kamus liburan buat gua adalah.. tetep jalan2 sampe cape. Sedang kamus liburan buat JP adalah.. hibernasi selama 3 hari. hahahaha.. Ih. malesin. liburan macem apa kalo kek gini. Langsunglah otak loading.. mikirin mo kemana.

karena letak villanya cuma bersebrangan dengan kota bunga, jadinya gua mutusin untuk kesono besokannya kita bertigaan aja.. karena mo maen ke Arena Fantasi yg ada didalem kota bunga.

Sebenernya kita udah pergi jam 11 siang kemari. eh, ditengah jalan anaknya sukses molor, akhirnya balik lagi. Hahaha.. nasib kalo liburan sama anak emang, semua jadwal ngikutin anak yah, anak tidur yah wis.. kita pulang dulu, sore baru balik lagi. *untung deket*.

Balik lagi kemari jam 16.30 yg mana anaknya udah makan dan udah mandi *emak lebih tenang*. Tiket masuknya harga 25.000 (belum tiket terusan), jadi kalau mau main, yah harus bayar lagi. Sedang untuk tiket terusannya 70.000/2 orang. Jadi 1 orangnya cuma 35.000, dibawah 2 tahun free. Tapi emang berhubung buat anak, yah kita masuk. *padahal sih emak bapaknya yang seneng*.

Untungnya didalem, ada beberapa permainan yang bisa dimaenin clay. Tentu gua sama jp ikutan masuk. Carusel, dan kereta2an aja. Hahahaha.. tempatnya gak terlalu besar, cuma kalo buat anak-anak yah udah okeh banget. Yang pasti gak stroller friendly. Huff. banyak anak tangga. Pegel eke gendong clay. Dan salahnya lagi.. liburan gini gua gak bawa ergo! ih. kesel. onion-emoticons-set-6-150 nyari mati sendiri.

Keretanya mini. semini tempat duduknya. ahahaha.. kata jp, ini cuma nempel pantat aja. *liat deh yang lebih lebar senyumannya siapa.. anaknya tetep muka default*. Yah namapun juga buat anak2 yaa.. sukur2 kita berdua boleh ikut maen. lol.

*mau kemana bu.. sini aku anterin*

Satu lagi permainan yang kita maenin adalah bom-bom car. ahahaha. Sebenernya Jp yang mau. Tapi kan si clay mana bisa maen dan emang seharusnya belum boleh. Tapi berhubung kita bertigaan dan gak ada orang lain yang naik. jadinya kita boleh naik bertiga. Kalau ada orang lain gak boleh. Karena bom-bom car ini kan asli maennya kan emang maen tabrak-tabrakan.

Disini kita emang gak lama.. karena emang gak maen semua permainan. Dan gua liat si clay mulai ngantuk lagi. ahahahahaha.. Gua bener2 belajar kalo pergi sama anak, emang beda banget. semuanya ngikut jam anak. Dan untungnya entah kenapa.. gua juga bisa adjust kebiasaan gua yang perfeksionis jadi lebih “ngikut” kalo harus berubah gak sesuai rencana.😀

Sebenernya waktu di Instagram, gua tergoda untuk pergi ke Taman safari indonesia (TSI) gara2 aina. Hehehe.. cuma berhubung tempat gua jauh dari TSI, jadinya Jp bilang mendingan besok aja. sekalian pulang. Ibaratnya TSI itu udah setengah perjalanan kalo gua pulang ke JKT. Aslinya gua rencana mau pulang subuh lagi di tanggal 8, tapi karena udah sekalian pergi ke TSI yah udin, mending pulang aja ke Jakarta.

Mutusin buat ke TSI sebenernya maju mundur juga. Bukan karena harganya. tapi takut macet. takut anaknya tidur. takut anaknya belum ngerti banget. takut gak bawa ergo karena pengalaman di kota bunga. Cuma tetep.. daripada gua cuma di villa doank.. akhirnya ya udin, tancap bang ke TSI.

Cerita TSI lanjut lagi yeee. ahahaha.. *takut kepanjangan*.

Maminya Clay😀

[Review] Takahi Slow Cooker

18 Juni 2016

Berhubung ada yang minta Review dari beberapa orang mengenai Takahi untuk bikin MPASI, jadinya sekalian deh nulis di post.😀

Sama seperti Ergo, Takahi ini buat gua sesuatu barang yang perlu dibeli untuk keperluan MPASI. Karena apa?? Karena gua males masak. Hahahahahaa. Dari awal lahiran, masih belom terlalu mikirin karena nanti aja pas bulan ke 5 baru belinya. Trus sekalian baca-baca dulu review dan kegunaan jangka panjangnya nih Slow cooker (SC). Karena sayang juga kan yah kalo dibeli cuma buat MPASI aja. berarti cuma bisa bertahan 6 bulan aja donk.

Pada akhirnya gua beli SC ini pas clay usia jalan 7 bulan, karena sama nyokap selama 6 dikasih bubur tepung yang beredar seluruh penjuru supermarket, kadang pake Gasol juga. Kalo sabtu minggu agak mewah dikit. makan yang Heinz punya.😀 wkwkwkwkw. Tapi berhubung anaknya makin lama makin gede, tetep harus dikenalin makan loh yah. Jangan bergantung sama bubur tepung dan Makanan siap saji kek Heinz. biar gimanapun pasti ada pengawetnya kan.😀 Dan gua takut banget kalo nanti clay jadi pemilih kalo gak segera gua kasih makan bubur nasi.

Seperti yang gua bilang diatas, kalo gua ini adalah mamak males. Jadi Takahi ini amat sangat membantu karena cara masaknya cuma cemplungin semua bahan, tambahkan air, trus nyalain ke listrik. Ditinggal sekitar 4-5 Jam tanpa perlu diapa2in.😀 *Menjanjikan banget kan yah buat buibu macam gue ini*.

Kalo mau versi ribet bisa aja. yang sayur2 ijo,, direbus dulu, nanti tinggal cemplungin di 30 menit terakhir. Cuma ah, bener deh ribet. hahahaha.. Takahi ini sistem masaknya pake watt rendah trus bahannya tembikar (tanah liat), Jadi panasnya merata dan nyebar. karena wattnya cukup rendah, gak bakalan ilang seluruh nutrisinya. Dijamin! Jadi tunggu apa lagi.. yuk dibeli Takahinya. (ini kok jadi jualan gene). wkwkwkwkwk.

Takahi yang gua beli ukuran 0.7 Liter, Dan ini udah cukup banget untuk 2-3 kali makan dalam sehari. Karena sebisa mungkin gua mau tiap hari kasih menu yg agak beda biar gak bosen jg.😀 *walaupun pas gua liat yah itu2 aja sayurnya* ahahahhahaa.. *ditoyor buibu*.

Karena gua kerja kan yah. biasanya gua masak malem. Sekitar jam 10-an. trus gua timer sekitar 4 jam kemudian untuk gua cabut listriknya. Kadang 5 jam paling lama. Gosong gak poi? Kaga. malah gua pernah ketiduran sampe 7 jam baru gw matiin. Cuma bagian bawahnya agak berkerak. Dan makanannya jadi aluuuuuusssssss banget. Keenceran bahasanya (over cooked). Jadi uda gak perlu blender ato saring lagi. *Yang pasti sih jangan kek gini, kasian nanti anaknya gak kenyang*. 4-5 Jam kayanya cukup, karena udah cukup teksturnya. Agak kasar, tapi semua bahan makanan udah matang. Biasanya pas gua cabut, paginya masih agak hangat dikit, karena emang tembikarnya bikin panas lebih lama. Dan uda pas banget sama Jadwal makan Clay (sekitar jam 8/9 pagi).

Yang pasti jangan isi airnya kebanyakan, nanti jadi luber dan tutup Takahi jadi susah dibuka. Kalau air cukup, dan masak sekitar 4-5 jam, dijamin gak ada kerak nempel dibawah tembikarnya. Nyucinya jadi lebih gampang.🙂

Takahi yang 0.7 liter gak ada pengaturan suhunya ataupun tombol on-off. Jadi otomatis dicolokin langsung nyala, dan dicabut langsung mati. Jadi harus diinget juga masak jam brapa, dan harus matiin jam brapa.

Satu lagi, hati2 dalam penggunaan Takahi, karena kalo salah satu spare partnya ada yang pecah, harus beli 1 set biar murah. pernah kejadian nyokap gua pecahin Tembikarnya gara2 kesenggol. huhuhuhu. Mau beli tembikar doank 250 rebu donk. pas gua liat tutupnya jual 200-an, dan body mesinnya 200rban juga. ckckckkckcck.. mending gua beli utuh. 600rebu nambah dikit bisa dapet 2 bijik. ahahahaha.. Makanya hati2 yah. Usahain habis masak dan pindahin makanannya jangan langsung direndem air, bisa pecah jg. Karena perbedaan suhu jg kan. Handle with care yah. jadi gua punya 2 takahi dengan 1 tembikar aja. wkwkwkwkkww..

IMG_20160616_112159

Menu clay setiap harinya.. ada 6 Macem.😀

*Beras putih, Wortel, Buncis, Tahu putih, Kentang, Daging Sapi, Keju*

dipotong kecil2 biar agar mateng sempurna

IMG_20160611_212705

*Dimasukin Jadi satu, ditambahin air, terus ditutup*

ini menu Beras Putih, Wortel, Daging Ayam, Brokoli, Tempe, Jagung Manis, Keju

IMG_20160617_154611

*setelah 4 jam dimatiin, diaduk dan ditaroh unsalted butter, wanginya udah kek popcorn*

Tinggal pilihannya mau disaring ato diblender, kalo anak yang udah punya gigi bisa langsung dimakan.😀 *berhubung clay baru nongol 2 giginya.. jadinya masih gua blender*.

Hasilnya gimana? uiiihh. Clay lahap banget. Keknya wangi keju dan unsalted butternya mempengaruhi deh. Soalnya si Jp aja kalo pas udah mateng dan gua lagi ngaduk bubur clay, dia pasti bilang.. wangi banget, jadi laper. wkwkwkwkw. Trus menu wajib yg musti ada adalah wortel, Daging (campur2 kadang ayam, sapi, babi dan ikan), sama keju. Sisanya bisanya gua bebas. Kalo proteinnya gua pake Tahu atau tempe aja yang gampang didapet. hehehe..

Gimana.. gimana.. gampang bukan? suer.. buat gua ini gampang banget. gak ada lagi kata males karena ini udah yang paling simpel. ahahhha.. Kini kasih makan clay gak ada drama mingkem lagi.😀 Dideketin sendok langsung celangap. kek celengan. ahahhahahaa..

Buat yang mo beli slow cooker bisa ceki2 di IG mobabyfactory. *Rekomen olshop krn temen sendiri*

Mami Clay..

2 Tahun..

14 Juni 2016

Kita udah nikahhhhhh.. OH YEAHHHH!!! cepet banget aselik gak kerasa. Hahahaha.. Gimana mau kerasa juga, tiap hari kerja, abis pulang kerja ngangon anak, anak tidur, pumping, dah gitu bangun, kerja lagi. hahahaha.. gitu aja terus selama kurleb 9 bulan ini. Jadi 9 bulan ini gua berasa super cepet. lol.

Trus di 2 tahun ini kita tambah mesra ga? Tentu aja KAGA. hahahahhaha.. Apalagi semenjak ada anak, semua mata dan hati gua kita tertuju pada anak. Bapake gimana? yah sesekali lah masih diurus. Hahaha.. *trus gak dikasih duit bulanan lagi*.

Semenjak lahiran pula, gua juga uda gak pernah masak buat JP. hihihihi.. Goodbye Dapur epoy. Sekarang sih buat makanan tapi cuma buat clay aja. :p

Perjalanan 2 tahun ini, dibilang gampang sih enggak juga, dibilang susah bgt jg enggak. Gua cuma belajar untuk gak gampang buat masalah kecil jadi gede, masalah gede diselesaikan dengan kepala dingin. So far dengan kehadiran Clay kita emang jarang berantem masalah personal. Paling cm dalam pola asuh Clay aja.

Semoga ditahun-tahun berikutnya kita juga bisa lebih baik lagi yah Je.😀 I Love You..🙂

World Toughest Job

.

.

.

.

Being a MOM.

 

Tadi pagi, tepatnya beberapa menit yang lalu, gua ngeliat video muncul di timeline. Jadi mereka membuka lowongan kerja palsu, dan nyebarin via online dan dimasukan ke koran, dan mereka akan diinterview melalui webcam.

Awalnya si pemberi pekerjaan.. menceritakan lowongan yang dibutuhkan yaitu sebagai Direktur Operasional.

Diceritakan bahwa pekerjaan ini bukan pekerjaan biasa tapi pekerjaan yang sangat penting, Diperlukan banyak sekali tanggung jawab. Dan harus mobilitas. Harus melakukan perkerjaan ini sambil berdiri terus menerus sampe kita merasa lelah, perlu banyak stamina.

Salah satu orang yang diinterview nanya.. sampe berapa lama.. dan dijawab 365 hari, 24 jam sehari, dan 7 hari dalam seminggu, dan ditanya lagi.. kita bisa beristirahat kan? dan dijawab.. tidak, tidak ada waktu istirahat.Bahkan ada yang bertanya.. ini legal? Hahaha.. dan dijawab.. iya legal. Bisa makan siang? Iya, bisa, tapi dengan catatan orang yang kita layani itu mau makan siang juga.

Ditekankan juga bahwa posisi ini memerlukan orang yang bisa bernegosiasi dengan baik dan mempunyai kemampuan interpersonal yang baik juga. Dan butuh lulusan dokter dan keuangan. Jam kerja juga bisa sampe tengah malam, tergantung dengan orang yang kita layani. Harus mampu bekerja disaat sibuk dan padat. Apabila kita punya kehidupan, diminta kita harus bisa mengorbankan kehidupan kita. Gak ada hari libur. Pada waktu Natal, Tahun baru atau liburan, pekerjaan ini semakin menyita waktu kita. *trus gua mulai ketawa dan mengiyakan*.

Beberapa ada yang komplain, bilang ini perkerjaan yang gila. Gak masuk akal. tidak manusiawi. Tapi dijelaskan bahwa hubungan ini sangat bermakna dan dapat menolong rekan asosiasi kita tak terkira.

Puncaknya adalah saat membahas masalah gaji.. dan disebutkan bahwa perkerjaan ini tidak digaji. Lol. *trus copet gaji  jp*. ahahahahahaha.. semua orang bengong dengan reaksi WAAAATTTTT. ahahahahah.

Sampe pada akhirnya ketika ada yang bertanya siapa yang mau kek gini.. dan dijawab oleh si pemberi kerja…

IBU

aka. : Direktur Operasional

Waktu pada sampe disebutkan Ibu, tanpa terasa air mata gua gemeng pada antri dipelupuk mata. ahahahaha..

Apa yang disebutkan diatas benar banget adanya, sebagai seorang ibu.. gua ngerasain banget masa-masa berat tersebut. kenapa gua bisa bilang berat.. karena emang iya. ahahahaha.. *ditoyor massa*. Kehidupan bener2 berubah. Gak ada lagi yang namanya kehidupan gua. Yang ada kehidupan Clay. ahahahaha.. Semuanya buat dia. Tapi seiring dengan waktu, dengan kebiasaan yang ada, lama-lama terasa “agak” ringan. Baru agak loh. Jangan seneng dulu pada. ahahahahaha..

Karena buat gua, menjadi Ibu adalah proses terus, terus dan terus belajar. Setiap masa, ada kesulitan dan proses pembelajaran. Ada hal2 yang harus di adjust mengikuti pola hidupnya anak. Ya namanya masih bayik. Gak mungkin tiba2 anak lu harus ikut begadang ngikutin jadwal kita.

Yang paling berasa ketika udah janji mau ketemu temen di mal dan udah mau pergi jalan, tapi anaknya tidur.. bubar deh jam janjian. Nunggu anaknya bangun sendiri. Kalo orang pada bilang.. udah angkat aja anaknya.. masih kecil ini. tinggal gendong. dibawa. Silahkan gendong anak kucing sana. ahahahaha. *belum ketemu anak cranky dia*. ahahahaha..

Yang paling buat ketawa memang saat liburan tiba.. buat gua, itu bukan liburan. ahahahaha.. karena itu saat2nya stamina gua digempur abis2an buat ladenin anak ucil. wkwkwkw. Kalo boleh jujur.. masih lebih enak kerja. bener. *trus salut sama buibu rumah tangga, aku acungin 4 jempol buat kalian*. Bisa me time. bisa megang Hp tanpa diinterupsi, bisa ngeblog, bisa bales komen, dan bisa gossip. ahahaha..

Eh biarin lah yah di judge. ahahahaha.. Bukan berarti gua gak sayang anak. Sayang banget lah gua.. kadangnya kalo lagi keluar makan siang dan liat anak bayik seumuran clay, rasanya emang pengen cepet pulang.. pengen maen lagi. hihihi.. pokoknya gitulah. Jadi saat ini yang terbaik buat gua emang sambil kerja. Biar otak sedikit waras. hihihihihi..

Terlepas dari semuanya itu.. gua juga yakin, nyokap gua melakukan hal yang sama ke gua seperti yang gua lakukan untuk Clay.🙂, Nyokap dulu juga pernah cerita ngadepin gua yang diapa2in nangis, sampe gak tau harus berbuat apa, dan nyokap cuma nangis dan bawa kerumah emaknya. ahahaha.. ah, emang keberadaan emak itu emang luar biasa yaa.🙂

Ayo jangan remehkan Pekerjaan ini. The World Toughest Job!

Happy Mothers Day

Mami Clay.

[Clay] 6 Months..

20 Maret 2016

Maap kalo late post. Yang penting ada updatenya kan yah. hehehehe.😀

Dibulan ini, Clay imun Polio, HIB, DPT, Hepatitis B, PCV dan Rotavirus. Untuk PCV dan Rotavirus (Vaksin tambahan) akan diberikan di umur 7 bulan karena gak berbarengan dengan Vaksin utama. Kalau untuk Polio sendiri, Clay ikut PIN (Pekan Imunisasi Nasional) yang waktu itu lagi digembar gemborin melalui iklan layanan masyarakat *halah* -bener gak sih ini- hehehe. Emang sih Gratis. Cuma kok yah agak susah buat Polio ini. ahahaha.. gua sampe pergi ke 3 puskemas yang berbeda.

Tgl 9 Maret, pas lagi libur, gua rencananya mau imun Polio, dan PIN itu diadakan serentak tgl 8-15 Maret 2016, gua pergi kebetulan di hari libur, tapi gak ada tanda2 atau keterangan hari libur itu tutup. *sigh*. Jadilah gua pulang dengan hati agak dongkol. Salah sendiri juga sih. hahaha.. abisan kata bapak gua seharusnya hari libur buka. Clay sendiri udah didaftarin bokap di Posko PIN di Pos RW Sunter. Eh tapi masa buka cuma sehari (ditanggal 8-nya doank).. abis itu kaga ada lagi. ahahahaha.. Pergi lagi ditanggal 10 Maret. Pergi ke Puskemas yang pertama kali dibilang tutup, Eh katanya gua gak termasuk warga sana. Gua harus pergi ke Puskemas RW gua. Maklum lah yah, baru kali ini gua nyentuh Puskemas, selama ini yah gua mikirnya puskesmas dimana aja sama. Apalagi ini kasusnya PIN. Okelah kakak, mari kita pergi ke Puskesmas yang sesuai RW gua. Eh ternyata ada 2. Gubrak. Jadi Puskesmas A khusus RW 1-12, Puskesmas B khusus RW 12 – berapa gitu (lupa)

Ternyata Puskesmas yang kita datengin kedua adalah Puskesmas B, yang mana gua gak termasuk warga sana juga. onion-emoticons-set-2-20 Duh. udah panas, terik, bebawaan si clay ikut keringetan juga. Rasanya pengen muaraaaahhh.. hahahahaha..

Ya wis lah. akhirnya kita pergi ke Puskemas A. Fiuh, akhirnya bener! ahahahahaha.. Gak usah pake daftar2 segala. langsung masuk antri keruangan dan ditanyain dari RW mana, didata nama anak, nama bapak. Trus ditetes Vaksin Polio, trus pulang.

Aish. gitu doank. gak sampe 5 menit. lol. Yah ternyata, walau gratis, tetep aja musti ada data, siapa2 aja anak yang menerima Vaksin Polio di Puskesmas tersebut. Okelah.

Nah, karena kita udah ketemu puskemas yang tepat deket rumah nyokap, jadi gua pikir apa imun DPT, HIB dan HEP B disini aja. Setelah gua tanya, semua vaksinnya emang tersedia. Yah okelah mari nanti kita balik pas Clay lewat 6 bulan. Nah ditanggal 22 gua beneran balik lagi buat Imun, Dateng, daftar dan bayar Administrasi 2 rebu rupiah. Iya 2.000,- Abis itu dipanggil, ditimbang dan didata ulang dicek Nama ortu, Nama anak, Tgl Lahir, berat, panjang, kaya isi form gitu. Abis itu dipanggil masuk. Sempet bingung sih mo manggil, Ibu, Suster, Mbak, atau dokter? Secara pake seragam kerja kek PNS gitu. Coklat. Dibilang suster kok yah, kurang cocok, Mbak juga, dokter apa lagi. ahahaha. Akhirnya panggil Ibu aja. hehehe..

Proses suntiknya sendiri cepet. Karena gua mamah cemen, jadi bagian megangin clay adalah urusan bapake. Hahaha.. Entah karena faktor uang ato enggak, jadi disini kaga ada yang namanya “bae-baein anak” ahahaha.. kalo di RS kan, anak ditaroh diranjang nangis, dikasih boneka, kaya sengaja dialihin perhatiannya.. kalo disini kaga. kaki Clay langsung di tujes, cus aja gitu. Lemes kaki eke. ahahahahahaha.. Bapake juga kaget, udah kaga ada permisi-permisi lagi ibu yang suntiknya. ahahaha.. Dan setelah disuntik biasanya kan ditutupin kapas trus di plester. Ini kaga donk. Duh. gua entah musti seneng apa kaga yah. Seneng sih karena duit imun bener2 bisa di saving ke yang lain, tapi kalo dari segi pelayanan ke anak kok gini banget. hahahahaha.. Kata Jp.. Mami, dua rebu ini mami,, masa mo dapet pelayanan kek Hermina. lol. *yah boleh donk ngarep*.

Oh iya, Ibu yang nyuntik bilang kalo BB clay diusia 6 bulan ini termasuk kurang. 0..0w.. Hatiku sedih. Di 6 bulan ini Clay ditimbang dengan berat 7.2 kilo.  Gua pikir masih okelah. karena emang penampakan clay gak gembul banget, tapi badannya termasuk padet, dan gua pikir, anaknya juga fine-fine aja.. jadi yah udahlah.. Gak usah terlalu dipikirin. Yang penting sehat yah nak.😀

Kalau berdasarkan Tabel Milestone clay seharusnya sudah bisa :

  • Duduk tanpa pegangan.. Pada kenyataannya belom sama sekali. Didudukin bisa, tapi kalo tanpa pegangan belum. Sama nyokap udah didudukin di Baby Walker *biarin di Judge* Dan anaknya gape banget simpang siur kesana kemari.. terakhir kali berakhir dengan ngemutin sepatu barunya nathan gara2 jalan menuju rak sepatu.   onion-emoticons-set-2-144

IMG-20160319-WA0003

  • Meraih dan Menggapai.. Pada kenyataannya.. Meraih, Menggapai dan bikin rusuh. Hahahahaha.. kabel ditarik, rambut dijambak, kalung ditarik. ahahaha
  • Menoleh kearah datangnya suara.. Pada Kenyataanya.. Iyah banget diiringi dengan senyum manis kek gini.. *meleleh* *emakbias*

IMG-20160410-WA0012

  • Meraih Mainan dan memasukan biskuit ke Mulut.. Pada Kenyataannya.. Mainan diambil trus dimasukin kemulut, dan biskuit diambil trus dilempar. onion-emoticons-set-2-64

IMG-20160319-WA0004

Jadi lah kalo mamam biskuit harus kek gini.. padahalkan yah ini biskut buat kek gigit2an merangsang gigi. ahahaha..

  • Dan diusia 6 bulan ini.. Clay juga udah makan solid food tepung Gasol dan Buah2an. ahahahaha.. Nampaknya aku perlu pecutan emak2 yang rajin bikin Homemade MPASI. aku masih males dan masih kurang waktu untuk buat *ini alesan*, dan berterima kasih kepada bubur tepung gasol dan temen-temennya. hihihihi.. So far gak ada drama yang berarti sih. Tapi tetep di Usia 7 bulan gua akan kasih bubur saring *kecup takahi*.

Semakin berkembangnya usia, Clay termasuk anak yang gak bisa diem. suka uget2, trus geraknya cepet banget.. Jadi udah gak kehitung udah berapa kali jatoh dari ranjang. So far kalo dirumah nyokap, emang ranjangnya pendek dan gak terlalu kawatir kalo sering jatoh dari sana.. walau tetep yah kalo bisa sih gak jatoh yah. ahahaha.. Dan kalopun jatoh dari ranjang dikamar, bagian bawahnya berlapis. Jadi so far dikamar nyokap udah jatoh 3 kali, ke ranjang juga. Jadi gak pernah nangis. cuma kaya ngedumel. ahahahaha..  Pernah juga jatoh disaat jam 3 pagi, pas gua pumping.. Gua udah liat dia uget2 maju. Sedang gua yang lagi pompa, nanggung banget buat matiin mesinnya.sekali bisa kedapetan kakinya gua tarik mendekati gua. eh kedua kali gak keburu dan udah terjun bebas ke bagian sisi ranjang nyokap. Nyokap langsung bangun karena ketimpa clay. ahahahaha.. kocak. Gua yang tadinya ngilu, tapi karena ada ranjang dan anaknya ketawa2 yah udin.. gak jadi takut.

Sampe percisnya minggu pagi tgl 10 April diapartemen, Jam 1 pagi tiba2 jp dan gua terbangun dengan suara tereakan Clay. Pas bangun, yah ampun Tuhan kaget banget nemuin Clay dibawah ranjang dengan keadaan terlentang. Bapake langsung spontan tereak Clay jatoh trus angkat clay dan ikutan nangis. iya nangis. Gua shock gemeter ambil Clay dari Jp. Trus ngeliat bagian mana yang sakit (benjol) dan liat apa ada tangan, kaki yang luka. Sempet gak nemuin, sampe kira2 15 menit kemudian, ada benjol segede telor dikepala belakang kuping. Gua ikutan nangis dan olesin trombop*p. Anaknya nangis sampe jam 5 pagi gak berenti. Digendongpun nangis kesakitan. Yah ampun Tuhan, rasanya jantung gua udah gak tau turun ke level berapa..

IMG-20160410-WA0005

*jatoh dari ketinggian segini*

Sampe sekarang kalo diinget kayanya gua masih ngilu aja. pasalnya kita bertiga emang tidur melintang, dan kayanya bagian tengah (Clay) terlalu lebar jadi pas dia udah dalam keadaan horisontal, pas berguling gak kena badan gua dan badan Jp, tau2 udah gedebuk aja dibawah. Kelar jatoh, langsung siaga 1 ganti posisi, Clay dipinggir deket tembok, Jp disebelahnya, gua dibawah kaki Clay. ahahahahaha.. Posisi L.

Yah gua tau sih, setiap anak mo dijagain kek apa, pasti ada jatohnya.. tapi percayalah hati ibu mana yang gak remuk redam ngeliat anaknya jatoh dari ketinggian kek diatas. huhuhu.. rasanya bener. kalo bisa gua aja deh yang jatoh dari kasur, jangan clay. Malem itu clay cuma bisa tidur diatas badan bapaknya. karena dia gak bisa tidur terlentang, karena mungkin benjolnya keteken jadi sakit. Dan Puji Tuhannya Clay gak ada tanda2 biru, dan muntah. Sampe kebesokan harinya anaknya total jadi manja dan kolokan. Gak mau ditaroh diranjang sendiri.. mungkin dia sendiri juga jadi takut kali yah.

Sekarang udah kembali ceria, kembali lagi ngerusuh. hihihihi..

IMG_20160325_101235

Happy 6 Months Old My Baby.. Soon to be 7 Months.🙂 We Love you..

xoxo,

Maminya Clay

[Review] Breast pump : Medela Freestyle & Medela Swing

18 Maret 2016

Dari sebelum melahirkan, gua udah bertekad banget untuk beli Medela swing (yang akan disingkat MS) sebagai pompa asi. Bahkan di Wish list gua sekalipun gua udah kepengen MS. hehehe.

Kenapa poi MS?, murni sih karena gua suka warnanya. Hahahahaha.. Dan gua cuma taunya Pompa asi yang itu Medela. hehehe.. Berhubung udah tauk kalo harganya mahal, yah emang diniatin untuk saving lebih banyak buat MS. Banyak sih yang nanya.. Nanti kalo asi lu gak keluar sayang donk pompaanya? Yah kalo gua sih tinggal bilang.. tinggal dijual lagi. Beres. Banyak loh Pompa asi yang dijual second or disewain. Jadi kayanya gak bakalan rugi2 banget deh kalo beli. Dan gua mikirnya. Ini salah satu investasi gua di ASI *ayo hitung kalo beli sufor* -tetep yah bukan anti sufor-. Dan yang terpenting.. gua sama sekali gak pesimis soal asi, jalanin aja. ii (tante) gua pernah ngomong.. ah lu mah gak bakalan bisa asi deh, dulu elo aja minum susu kaleng. Sempet surut semangat gua, tapi sekalian buktiin kalo gua pasti bisa. hehehe.. *semacam nyemangatin diri sendiri*.

Dan sekali lagi pucuk dicinta ulam tiba.. Koko gua di SG nanyain mo hadiahin apa? Gua sounding2 mau Medela. Gua gak muluk2 minta seri yang lebih mahal, cuma mau MS. Syukur2 dikasih udah bersyukur banget lah. Eh beneran aja dibeliin Medela Freestyle! yah ampun seneng banget gak sihhhh.. hahahaa.. Rasanya beneran gak sabar buat masuk ke dunia pompaan. hahahahaha..

-Duh intronya panjang banget-. hahahaha..

So here.. Medela Freestyle

medela-freestyle-2012

Waktu dibuka kardusnya.. gua bener2 semuanya diatas ditambah dengan tali tambahan buat di Adjust di Bra.

medela-handsfree

Sesuai namanya “Freestyle” artinya.. Lu bisa pompa dimana aja dengan gaya apa aja, Mo sambil duduk, sambil makan, bahkan sambil sirem taneman *ini kalo taneman elo didalem rumah ya*. ahahahahaha..

369251531_o

Yak kira2 kaya gini lah..

Kelebihan yang lain dari freestyle sendiri yaitu :

  • Baterainya Rechargeable. Gak usah kawatir kalo pompa ditempat umum, gak perlu nyari2 colokan. hehehe..
  • Double Pump, Hemat waktu.
  • Teknologi Dual Phase, Tarikannya lebih enak, Smooth.
  • Closed system, jadi gak bakalan ada cerita asi masuk kemesin.
  • Suaranya nyaris sunyi.😀
  • Ada Layar LCD, bisa liat udah berapa lama waktu pompa, Trus seberapa kekuatan pompa.
  • Kecil, Ringan
  • Ada Memory Button, Jadi kita bisa simpan pola pompaan kita mau seperti apa, jadi kedepannya tinggal tekan tombol tersebut biar mengikuti pola yang sudah disimpan.🙂
  • Tas penyimpanan asip dan Ice pack muat 4 botol.
  • Tas Bahu yang Oke.
  • Dapet Medela Calma

Kekurangannya menurut gua.. Gak ada. hehehe.. Kalo orang bilang mahal, Iyah. Tapi berhubung gak beli.. jadi gak berani ngomong kekurangan. lol.

So far setelah 2/3 bulan pake emang UENAKKK banget. Gak pernah ngeluh puting lecet *kecuali kalo lagi nyusu langsung*. Dan entah karena emang asinya banyak, or karena dibantu pompaan Medela freestyle emang sedikit demi sedikit di hari ke 9 gua bisa stock asi.

Kalo untuk nyobain dual pump-nya jujur aja belum pernah. wkwkwkwkwkw.. Karena apa.. Karena menurut gua kurang efektif. ahahaha.. Gimana yah.. PD gua kan bukan tipe PD bule yang sekel merengkel pas di Corongnya medela. Hahaha.. Jadi kadangnya gua kudu megangin pake tangan supaya gak ada udara yang masuk, biar tarikannya gak berkurang. Jadinya tetep gak berguna buat gw pake tali strap itu, krn ujung2nya must gw pegangin jg. nah, biasanya kalo sebelah kiri dipompa, asi kanan pasti netes2, biasanya cm gw tadangin supaya gak terbuang, tp kok yah gw mikir tangan kanan gua diem aja.. mulailah gua belajar merah, eh lama2 jadi keterusan.. Hihihi.. *lama-lama bisa karena biasa*.

Maaf kalo review-an gua kurang optimal karena gua langsung pake pompa yang “terbilang” canggih. Hahaha.. Biarin yah. hehehehe..

Kesimpulan gua buat orang yang mo beli MF. Beli kalo emang ada dana. Kalo gak ada, tapi mau kekeh nabung, mendingan Jangan juga. hahahahaha..

Lah kenapa poi? Kalo menurut gua karena gak efektif untuk pemakaian Dual pump-nya. Beli Freestyle karena mau 2 corong untuk hemat waktu kan? mau bebas kan tangannya? tapi kalo kurang efektif sayang udah keluarin duit segini mahal. Mending beli Swing Maxi, juga Dual pump juga. Cuma gak ada LCD-nya dan Batrenya masih pake AAA. *percis sama kaya Medela Swing, cuma beda Double Pump*.

Gua pikir hidup gua bakalan indah, dan asi lancar Jaya. ternyata kaga.. apalagi setelah Medela Freestyle gua kebanting beberapa kali sama keponakan gw. onion-emoticons-set-2-31 dan belum lagi.. kadangnya MF gua dibuat maen, dipencet tombol tengahnya tau2 udah berjalan 56 menit. zzzzz. Padahal gua udah taroh diatas, tapi dapet aja tuh anak. ckckckkc..

Dan.. MF gua rusak. onion-emoticons-set-2-140 suatu ketika gua berasa kok tarikan MF gua berkurang.. Tetep bisa keluar asi sih. cuma yang tadinya butuh 20 menit.. eh 1 jam boo baru kelar. -___-“. Gak bisa nih kaya gini.. Trus ngubek2 Kantor Medela yang berada di Kelapa Gading. Dateng kesana dicek, dan emang tarikannya  kurang. Dag-Dig-Dug kan yah bakalan kena berapa duit, secara yah harganya mahal, udah yakin jg sih bakalan mahal juga servicenya. gua pikir mentok2 500rebu kan ternyata 2.1 juta mamen. onion-emoticons-set-2-80 Ish. mending gua ketauan beli Medela Swing lah harga segitu masih kembalian. wkwkwkwkw..

Setelah dicek, emang katanya membran block didalem Freestyle ada yang robek.. Yah entah bener apa kaga.. yang pasti emang harganya mahal. *gak mampu service*. Hahaha.. gua tanya.. kalo diganti udah pasti bener kan yah? dia bilang pasti. Yah udahlah kalo gitu, nanti aja deh. kalo ada anak ke 2 baru diganti. #eh. kalo ada dananya aja *nungguin bonus*.

Akhirnya dengan segera gua ubek IG dan nyari2 toko online buat nyari MS. ahahahaha.. Lagi2 rejeki anak soleha.. Dapet MS harga 1.4 Masih baru mulus. Dia juga gak pake karena emang asinya gak keluar. Gak pake lama, langsung deal. Yah abis gimana.. nih asi kan kudu dikeluarin. hehehehe..

So here.. Medela Swing

medela swing

Kelebihan sekaligus kekurangan dari Medela Swing sendiri yaitu :

  • Menggunakan 4 Baterai AAA (Bukan rechargeable), tapi bisa juga pake listrik. Gak boleh lupa bawa Baterai. Soalnya kebanyakan Nursing room, jarang ada colokan.
  • Teknologi Dual Phase *11-12 kaya freestyle*.
  • Open system, jadi Harus sering liat botol gak boleh sampe menyentuh Valve, kalo kaga, Asi bakalan ketarik dan masuk kedalem Mesin.
  • Suaranya gak berisik
  • Relatif ringan, apalagi kalo gak pake Baterai.
  • Dapet Medela Calma.

So far buat gua pribadi.. gua gak nyesel emang beli MS, emang karena dari awal udah ngincer ini juga kan yah. hehehehe.. Beberapa kali emang gua kesel banget, kalo gua pompa udah lewat waktu, its means, asi gua bakalan banyak. Dan kalo lagi beler, gua gak sadar kalo ASI gua udah deket valve. Dan taunya grok.. grok.. *bunyi asi masuk selang*. kalo uda kaya gini. gua langsung melek dah. ahahaha.. trus buru2 matiin mesin. *kembaliiin Medela freestyle guaaaa*.

Cuma itu aja sih yang “kurang” menurut gua dari MS, tapi its not a big deal. Hehehe..

Jadiii.. kalo mo beli Medela.. beli yang mana poi? hehehehe.. Kalo gua saranin.. beli yang sesuai kebutuhan *trus ditoyor pompaan*. Kalo mau dual pump harga terjangkau beli Medela Swing Maxi. kalo mau beli yang single pump, Swing udah oke. Gak usah beli yang sampe freestyle. *sekali lagi,, ini balik lagi kekebutuhan*.

Note : Review ini murni dari pemakaian pribadi, tidak dibayar sama pihak medela. Tapi boleh juga kalo ada yang mau betulin freestyle gua. hihihihi..

Note lagi.. buat dewi dan fanny.. gua gak bisa nyaranin pompaan merk lain. ahahahahaha.. gak boleh. hatiku di Medela soalnya. lol. *kedip manja ke mira*.

Maminya Clay.